Senin, 6 Desember 2021 / 30 Rabiul Akhir 1443 H

Oase Iman

Memaafkan dan Bersabar

Bagikan:

Hidayatullah.com | APABILA seseorang melemparkan perkataan buruk kepadamu atau mencelamu, maka maafkanlah dan sabarlah. Balaslah dengan diam dan sabar. Janganlah membalasnya dengan perkataan yang sama mencelanya. Sesungguhnya celaan itu akan kembali ke diri kita sendiri. Allah berfirman dalam Al-Quran:

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ  وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (QS: Fushilat: 34-35)

Sahabat Nabi yang mulia, Ibnu ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma– mengatakan, “Allah memerintahkan pada orang beriman untuk bersabar ketika ada yang membuat marah, membalas dengan kebaikan jika ada yang buat jahil, dan memaafkan ketika ada yang buat jelek. Jika setiap hamba melakukan semacam ini, Allah akan melindunginya dari gangguan setan dan akan menundukkan musuh-musuhnya. Malah yang semula bermusuhan bisa menjadi teman dekatnya karena tingkah laku baik semacam ini.”

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Namun yang mampu melakukan seperti ini adalah orang yang memiliki kesabaran. Karena membalas orang yang menyakiti kita dengan kebaikan adalah suatu yang berat bagi setiap jiwa.”

وَإِن تَعْفُوا۟ وَتَصْفَحُوا۟ وَتَغْفِرُوا۟ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS:. At-Taghabun: 14).* Akbar Muzakki

Rep: ~
Editor: Rofi' Munawwar

Bagikan:

Berita Terkait

Santun (1)

Santun (1)

5 Amalan Raih Keberuntungan [1]

5 Amalan Raih Keberuntungan [1]

Lima Kunci Bangkit di Tengah Penindasan

Lima Kunci Bangkit di Tengah Penindasan

Hiduplah untuk Menebar Sejuta Manfaat

Hiduplah untuk Menebar Sejuta Manfaat

Sungguh! Masa Tidur Telah Habis

Sungguh! Masa Tidur Telah Habis

Baca Juga

Berita Lainnya