Mengunjungi Taman Surga

Berkumpul menyatukan barisan, menyambungkan hati, mentadabburi ayat Allah, mereguk manisnya ilmu, membuat kita semua diampuni Allah, dan Allah ridho terhadap kita

Mengunjungi Taman Surga
Butchart Gardens

Terkait

DI TENGGAH kesibukan kita, aktivitas yang begitu padat, terkadang membuat penat, jenuh, dan tentu saja melelahkan. Izinkan saya menyampaikan undangan untuk siapa saja. Namun, saya sangat berharap yang memenuhi undangan ini kebanyakannya adalah para pemuda.

Inilah isi undangan itu;

Kepada seluruh kaum muslimin, pria atau wanita, tua maupun muda (kepada yang muda sangat ditekankan) hadirilah undangan spesial dari Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَuntuk mengunjungi taman-taman surga yang ada di muka bumi. Nabi bersabda,

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ

“Jika kalian melewati taman syurga maka berhentilah. Mereka bertanya,”Apakah taman syurga itu?” Beliau menjawab,”Halaqoh dzikir (majelis Ilmu). (Riwayat At-Tirmidzi)

Ternyata undangan spesial dari nabi kita adalah menghadiri majelis ilmu. Inilah undangan spesial dari nabi kita. Siapa saja yang memenuhi undangan ini juga akan mendapatkan hadiah istimewa langsung dari Allah, apa saja? Ini dia

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada didekatnya. Barangsiapa yang kurang amalannya, maka nasabnya tidak mengangkatnya. (Riwayat Muslim)

Tidak tanggung-tanggung, Allah Subhanahu Wata’ala berikan langsung empat hal bagi tamu taman-taman surga ini yaitu Allah turunkan ketenangan dalam hati, Allah berikan rahmat bagi mereka, para malaikat Allah kumpulkan ditengah majelis itu, Allah sebutkan orang yang menjadi tamu taman surga itu dihadapan para malaikat-Nya.

Mencari Pemuda Berani Sumpah

Ternyata kabar gembira untuk tamu taman-taman surga ini belum selesai. Masih banyak kejutan bagi mereka. Inilah kabar gembira bagi mereka:

Mereka mendapatkan warisan para nabi

Karena para nabi tidak mewariskan harta dinar maupun dirham, tetapi yang diwarikan mereka adalah ilmu (HR. Ahmad)

Mereka dido’akan oleh seluruh makhluk

Tamu-tamu taman surga ini akan dido’akan oleh seluruh makhluk yang ada di langit maupun di bumi sampai ikan yang ada di dalam lautan mendo’akannya (HR. At-Tirmidzi dan Jami’us Shaghir)

Malaikat akan menbentangkan sayapnya bagi tamu di taman surga, atas  keridhoan Allah Subhanahu Wata’ala pada mereka (HR. Ibnu Majah)

Mereka dihitung sebagai orang Fi Sabilillah (HR. At-Tirmidzi)

Tamu-tamu ini mendapatkan pahaji haji yang sempurna

Nabiصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda:

“Barangsiapa yang keluar menuju masjid dan tidak ada yang diinginkannya, kecuali belajar atau mengajarkan ilmu, baginya pahala sama dengan pahala haji yang sempurna.” (HR. Ath-Thabrani)

Nabi perintahkan untuk menyambut mereka, karena tamu taman surga ini adalah pengemban wasiat Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( Shahih Al-Jami’)

Allah mudahkan jalan mereka menuju Surga  

Dan ketika kunjungan dari tamu taman-taman Surga ini selesai. Mereka mendapatkan hadiah yang paling dinanti oleh insan manusia, diampuni dosanya oleh Allah.

Rasuulullaah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda:

مَا جَلَسَ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ تَعَالىَ فَيَقُوْمُوْنَ حَتَّى يُقَالُ لَهُمْ: قُوْمُوْا قَدْ غَفَرَ اللهُ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَبُـدِّلَتْ سَيِّئَاتُكُمْ حَسَنَاتٍ

“Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berzikir kepada Allah تَعَالىَ dalam duduknya hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan (oleh malaikat) kepada mereka: Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa kalian dan keburukan-keburukan kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan.” (HR.Ath-Thabrani)

Epilog

Tujuan saya menulis risalah ini untuk mengajak kaum muslimin –terkhusus para pemuda– untuk kembali ke masjid. Jawablah seruan itu, hadirilah taman-taman Surga yang terhampar di bumi ini. Apa yang lebih kita cari daripada ridho dan ampunan Allah? Bukankah ini undangan yang sangat spesial langsung dari nabi? Kita penuhi dan makmurkan masjid yang ada di bumi ini. Tidakkah kita ingin menjadi penerus risalah Rasulullah? Sebagai pewaris para nabi?

Siapa saja yang menjawab seruan nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَmaka ia adalah pengemban wasiat nabi.

Berkumpul menyatukan barisan, menyambungkan hati, mentadabburi ayat Allah, mereguk manisnya ilmu, menghilangkan kegundahan dan kedengkian dihati, bertobat kembali pada Allah, dan ketika keluar dari majelis itu, kita semua sudah Allah ampuni dan Allah ridho terhadap kita.

Bersegeralah menghadiri undangan taman Surga ini, selagi masih muda.*/Sastrawan Tarigan

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !