Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Oase Iman

Pemimpin Penipu, Pemimpin Penganiaya (2)

Ilustrasi
Bagikan:

RASULULLAH SAW juga bersabda:

“Tidak ada seorang hakim pun yang memutuskan perkara di antara manusia kecuali pada hari kiamat kelak ia akan ditahan, sedangkan satu malaikat memegang tengkuknya. Jika dikatakan, ‘lemparkan ia!” maka malaikat itu melemparkannya ke dalam neraka Jahannam sejauh empat puluh tahun (perjalanan). ” (Diriwayatkan Ahmad dan Al-Baihaqi dari Ibnu Mas’ud)

Sabda beliau SAW, “Celakalah para pemimpin! Celakalah para pegawai! Celakalah para penjaga! Sungguh, pada hari kiamat nanti ada kaum yang berangan-angan lebih baik rambut pada ubun-ubun mereka digantungkan pada bintang timur lalu disiksa meski tanpa suatu dosa.” (Diriwayatkan Ahmad, Ath-Thayalisi, Ath-Thabrani, dan Abu Ya’la, Al-Baghawi, dan Al-Hakim, dari Abu Hurairah)

Sabda Nabi SAW, “Pada hari kiamat kelak akan datang suatu saat di mana seorang hakim yang adil (karena beratnya hisab yang diterimanya) ia berangan andai ia tidak memutuskan perkara antara dua orang walau dalam kasus sebiji kurma sekalipun.” (Al-Baihaqi, Ahmad, Ath-Thabrani, dari Abu Hurairah)

Sabda Nabi SAW, “Tidak ada seorang pun yang memimpin sepuluh orang kecuali ia akan didatangkan pada hari kiamat kelak dalam keadaan tangan terbelenggu; entah keadilannya yang akan membebaskannya ataukah kezalimannya yang akan mencampakkannya (ke neraka).” (Diriwayatkan Ath-Thayalisi, Ahmad, Ibnu Abi Dunya, Al-Baihaqi, Ibnu Hibban, Abu Ya’la, Ath-Thabrani, dari Aisyah ra)

Di antara doa-doa Rasulullah SAW:

‘Ya Allah, barangsiapa yang mengurus urusan umatku ini lalu ia mengasihi mereka, maka kasihilah ia, dan siapa yang menyusahkan mereka maka susahkanlah mereka.” (Diriwayatkan Ahmad, Muslim, Ibnu Hibban, dan Al-Baghawi dari Aisyah)

Rasulullah SAW bersabda:

‘Barangsiapa dikuasakan oleh Allah SWT untuk mengurus sesuatu dari urusan kaum muslimin, lalu dia tidak mau tahu tentang kebutuhan, kemiskinan dan kefakiran mereka, maka Allah pun tidak akan mau tahu tentang kebutuhan, kemiskinan dan kefakirannya.” (Diriwayatkan Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, Al-Hakim, Al-Baihaqi, dari Amr bin Murrah)

Rasulullah SAW bersabda, “Akan datang suatu masa di mana para pemimpin pada saat itu fasik dan sewenang-wenang. Barangsiapa membenarkan kedustaan mereka dan membantu mereka dalam berbuat zalim maka ia tidak termasuk golonganku, dan aku bukan golongannya. Ia juga tidak akan sampai ke telagaku.” (Diriwayatkan Ahmad, Al-Bazzar, dan Ath-Thabrani)

Beliau SAW juga bersabda, “Dua golongan dari ummatku tidak akan memperoleh syafaatku; pemimpin yang zalim lagi penipu dan orang yang berlebih-lebihan (ghuluw) dalam urusan dien, sedangkan dien menjadi saksi atas mereka serta berlepas diri dari mereka.” (Diriwayatkan Ath-Thabrani dari Abu Umamah)

Sabda beliau SAW ,”Manusia yang paling berat siksanya pada hari kiamat adalah penguasa yang sewenang-wenang.” (Diriwayatkan Abu Ya’la, Ath-Thabrani, Abu Nu’aim, dari Abu Sa’id)* [Tulisan selanjutnya]

Dipetik dari tulisan Imam Adz-Dzahabi dari buku Dosa-dosa Besar.

Rep: Admin Hidcom
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Tutupnya Masjid Kami

Tutupnya Masjid Kami

Kisah Hoax di Zaman Rasulullah [2]

Kisah Hoax di Zaman Rasulullah [2]

Ja’far At-Thayyar, Terbang Sesuka Hati

Ja’far At-Thayyar, Terbang Sesuka Hati

Sabar (2)

Sabar (2)

Saat Menghadapi Mizan (1)

Saat Menghadapi Mizan (1)

Baca Juga

Berita Lainnya