“Pengadilan Langit Lebih dekat Daripada Hakim di Bumi”

“Pengadilan Langit Lebih dekat Daripada Hakim di Bumi”

Terkait

AL QAFASHI adalah laki-laki ahli ibadah yang menetap di masjid Az Zubair di Mesir selama dua puluh tahun. Ia berasal dari Maghrib dan melakukan perjalanan haji, setelah itu memilih tinggal di Mesir. Katika ditanya kenapa ia tidak kembali ke Maghrib, ia berkata,”ayahku adalah seorang qadhi (hakim), aku takut jika kelak ada yang berkata kepadaku,’gantikan posisi ayahmu!'”

Ibnu Muyassar pernah mengirim untuknya uang sebanyak lima puluh dinar, namun Al Qafashi menolaknya dengan berkata,”sedikit sudah cukup bagiku, aku tidak membutuhkan lebih dari itu.” Dan pakaian-pakaian yang dimilikinya nilainya tidak lebih dari 19 dirham.

Suatu saat, ada seorang lelaki mendatangi Al Qafashi di masjid lalu ia mencium lutut Al Qafashi seraya berkata,”saudaraku dipenjara karena harga kapas yang tidak mampu ia lunasi, sedangkan aku tidak memiliki uang yang mencukupi. Orang-orang pun menyarankan aku untuk mendatangi tuan. Aku ingin tuan menulis pesan untuk Qadhi Al Muwaffaq.”

Al Qafashi pun menjawab,”pengadilan langit lebih dekat kepada kami daripada qadhi bumi. Semoga Allah menjadikan setiap kesusahan dan kesulitan saudaramu jalan keluar.”

Laki-laki itu pun puas dengan apa yang disampaikan Al Qafashi lalu ia pun pergi.

Pada waktu maghrib lelaki itu datang kembali ke masjid sambil tertawa. “Kenapa dengan dirimu?” Tanya Al Qafashi. Lelaki itu pun menjelaskan bahwa saudaranya telah bebas dan ia sudah berada di rumah.

Lelaki itu menceritakan, bahwa setelah kepulangannya dari Al Qafashi, Qadhi Al Muwaffaq berjalan di belakangnya dan memanggilnya, lalu memintanya agar pergi ke penjara bersama seorang utusan untuk membebaskan saudaranya, setelah sang qadhi tahu bahwa saudaranya itu tidak memiliki uang. Laki-laki itu pun lantas berkata kepada Qadhi Al Muwaffaq,”dengan doa faqih, Allah telah menjadikan bagi saudaraku jalan keluar atas kesulitan.” (Mursyid Az Zuwar, 1/288,289)

 

 

 

Rep: Thoriq

Editor: Thoriq

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !