Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Hikmah

Menyapu Lantai pun, Ulama Ini Baca Al Qur`an

Bagikan:

IMAM SYAMSUDDIN AL HANAFI adalah ulama shalih dari Mesir yang wafat tahun 874 H. Sejak masa kecilnya ulama ini amat mencintai Al Qur`an.

Syamsuddin Al Hanafi waktu kecil adalah seorang yatim piatu dan ia dididik oleh bibinya. Suatu saat suami sang bibi menginginkan agar Syamsuddin belajar membuat kendang hingga ia derahkan kepada para pembuatnya, namun ia memilih kabur menuju kuttab yakni tempat belajar Al Qur`an dan ilmu agama bagi anak-anak di masa klasik. Kemudian Syamsuddin diarahkan untuk bekerja di tempat penyaringan tepung, namun ia kembali kabur ke kuttab. Waktu itu, Ibnu Hajar Al Asqalani termasuk teman Syamsuddin Al Hanafi di kuttab tersebut.

Setelah menjadi ulama besar, kecintaan Syamsuddin terhadap Al Qur`an semakin besar. Ia tidak menyia-nyiakan waktunya terbuang begitu saja tanpa membaca Al Qur`an, bahkan di saat melakukan pekerjaan lainnya, Syamsuddin melakukannya sambil membaca Al Qur`an.

Pada suatu saat, Imam Syamsuddin Al Hanafi menyaksikan salah satu muridnya menyuruh murid lainnya untuk menyapu lantai zawiyah, namun murid yang lain pun enggan dan ia malah menyuruh murid yang telah menyuruhnya. Akhirnya keduanya saling lempar tanggung jawab, sampai akhirnya Imam Syamsuddin menemui keduanya dan mengatakan,”Kalian berdua keluar dan cegah orang untuk masuk ruangan. Aku yang menyapu lantai”.

Akhirnya Ulama besar ini pun yang menyapu lantai sambil membuka mushaf Al Qur`an lalu membaca surat Al Fatihah sampai akhir surat Al An’am hingga selesai menyapu. (Thabaqat Al Kubra li As Sya’rani 2/175 dan 186)

 

 

Rep: Sholah Salim
Editor: Thoriq

Bagikan:

Berita Terkait

Rasa Takut Imam Hasan Bashri

Rasa Takut Imam Hasan Bashri

Imam As Syafi’i Membagi Malam Jadi 3

Imam As Syafi’i Membagi Malam Jadi 3

Saat Dua Orang Shalih dari Kufah Berselisih

Saat Dua Orang Shalih dari Kufah Berselisih

Wara’ Tanpa Mengecewakan Suami

Wara’ Tanpa Mengecewakan Suami

Majelis Shahih Al Bukhari Ulama Al Azhar Saat Perang Dunia ke Dua

Majelis Shahih Al Bukhari Ulama Al Azhar Saat Perang Dunia ke Dua

Baca Juga

Berita Lainnya