Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Hikmah

Nidzam Al Mulk dan Pejabat Rumah Tangganya

Bagikan:

WAZIR NIDZAM AL MULK adalah menteri Dinasti Bani Saljuk yang amat disegani. Di masa beliau sebagian penguasa Romawi pun membayar jizyah. Namun, menteri yang mendirikan madrasah An Nidzamiyah ini dikenal sebagai pejabat yang lemah lembut terhadap rakyat dan bawahannya.

Ibnu Makula mengisahkan bahwa suatu saat pejabat kepala rumah tangga yang bertanggung jawab akan keadaan istana Nidzam Al Mulk bercerita. Kala itu, angin bertiup amat kencang hingga debu-debu menempel di permadani Nidzam Al Mulk. Si pejabat pun mencari pembantu untuk membersihkannya, namun ia tidak menemukan seorang pun dari mereka, padahal jumlah mereka mencapai 40 orang. Keadaan itu membuat dunia menjadi “gelap” di hadapannya. Pejabat kepala rumah tangga itu pun marah besar dan mengancam akan menghukum para pembantunya.

Melihat hal itu, Nidzam Al Mulk menyampaikan,”Mungkin mereka berhalangan hingga tidak bisa hadir bersama kita. Mereka adalah manusia seperti kita juga yang merasakan sakit seperti kita merasakannya dan membutuhkan apa yang kita butuhkan. Kita telah diberi kelebihan atas mereka, maka janganlah kita mensyukurinya dengan cara menghukum mereka hanya karena kesalahan kecil”. (Thabaqat As Syafi’iyah Al Kubra, 4/315)

Rep: Thoriq
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Menguak Sejarah Ilmu Kentut, Flatologi  [Bagian 4 – Tamat]

Menguak Sejarah Ilmu Kentut, Flatologi [Bagian 4 – Tamat]

Sibuk Cari Ilmu Sampai Tak Sempat Makan

Sibuk Cari Ilmu Sampai Tak Sempat Makan

Wafat dengan Senyuman

Wafat dengan Senyuman

12 Tahun di Majelis Imam Ahmad Tapi Tak Pernah Tulis Hadits

12 Tahun di Majelis Imam Ahmad Tapi Tak Pernah Tulis Hadits

Harga Tawanan Muslim

Harga Tawanan Muslim

Baca Juga

Berita Lainnya