Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Hikmah

Imam Abu Ishaq dengan Kaum Awam

Bagikan:

IMAM ABU ISHAQ AS SYIRAZI suatu saat ragu saat membasuh wajah ketika berwudhu, hingga beliau menghabiskan beberapa gayung untuk berwudhu. Seorang lelaki awam yang melihat beliau pun menegurnya,”Wahai Syeikh tidak malukah Anda, berwudhu dengan cara demikian padahal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda,’Barang siapa melebihi 3, maka ia telah berlebihan.’”

Maka Imam Abu Ishaq pun menjawab,”Kalau 3 basuhanku sah menurutku, maka aku tidak akan menambahnya”.

Lelaki awam itu pun berlalu, hingga ada seorang yang menegurnya,”Apa yang engkau katakan kepada seorang syeikh yang berwudhu itu?” Maka ia pun menjawab,”Orang tua itu terjangkit waswas, maka aku katakan demikian, demikian…”

Si penegur pun bertanya,”Tidak tahukah engkau siapa orang itu?” Laki-laki itupun menjawab,”Tidak.” Si penegur pun menjawab,”Dia itu adalah imam dunia, syeikh umat Islam, mufti ulama Syafi’iyah!”

Maka, lelaki awam itu pun kembali dengan perasaan malu kepada Imam Abu Ishaq,”Wahai tuanku, maafkan saya. Saya telah salah, saya tidak mengetahui siapa Anda.”

Imam Abu Ishaq pun menjawab,”Yang engkau katakan benar, tidak boleh lebih dari tiga kali basuhan. Dan yang aku katakana juga benar, kalau sekiranya sah 3 basuhanku menurutku, maka aku tidak akan menambahnya”. (Thabaqat As Sayfi’iyah Al Kubra, 4/ 228)

Demikianlah ketawadhu’an Imam Abu Ishaq, tetap berlaku meski berhadapan dengan kaum awam. 

Rep: Thoriq
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Taubat Nashuhah Setelah Taubat 70 Kali

Taubat Nashuhah Setelah Taubat 70 Kali

Tips Deteksi Kesombongan

Tips Deteksi Kesombongan

Tatkala Abu Yazid Malah Ingin Melalui Hisab

Tatkala Abu Yazid Malah Ingin Melalui Hisab

Ulama yang Enggan Memakan Nasi

Ulama yang Enggan Memakan Nasi

Ulama yang Tinggal di Atap Masjid-masjid Kairo

Ulama yang Tinggal di Atap Masjid-masjid Kairo

Baca Juga

Berita Lainnya