Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Hikmah

Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat

Bagikan:

IMAM ABU YUSUF yang merupakan murid Imam Abu Hanifah merupakan hakim di masa kekuasaan Harun Ar Rasyid. Satu saat beliau pernah mengadili kasus perselisihan antara Harun Ar Rasyid dengan seorang nasrani dan beliau memenangkan si nasrani.

Dan menjelang wafat, Imam Abu Yusuf menyampaikan,”Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa aku menjabat urusan ini aku tidak condong kepada salah satu dari dua pihak yang berselisih meskipun di dalam hati, kecuali dalam kasus perselisihan antara nasrani dan Ar Rasyid, kecenderungan dalam hatiku tidak sama. Yakni hatiku mengharap agar kebenaran berpihak kepada Ar Rasyid, sedangkan aku telah memenangkan nasrani atas Ar Rasyid.” Kemudian beliau menangis. (Ad Dur Al Mukhar, 4/313)

Kecenderungan hati seorang hakim terhadap salah satu dari dua pihak yang berselisih sudah dianggap oleh Imam Abu Yusuf sebagai kecacatan, meskipun dalam praktiknya kecenderungan itu tidak mempengaruhi hasil pengadilan. Dan dalam hal ini, Imam Abu Yusuf hanya mengalami sekali saja dalam kasus-kasus yang pernah beliau tangani. Semoga hakim-hakim saat ini bisa mengambil tauladan dari Imam Abu Yusuf.

Rep: Thoriq
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

40 Tahun Mulai Belajar

40 Tahun Mulai Belajar

Karya yang Ikhlas yang Akan Abadi

Karya yang Ikhlas yang Akan Abadi

Imam Abu Ishaq dengan Kaum Awam

Imam Abu Ishaq dengan Kaum Awam

Menghitung Nikmat Rambut

Menghitung Nikmat Rambut

Ulama yang Hafal Kitab Fiqih 8 Jilid

Ulama yang Hafal Kitab Fiqih 8 Jilid

Baca Juga

Berita Lainnya