Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Hadits Harian

Enggan Mengeluarkan Zakat akan Diazab

Bagikan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَلَمْ يُؤَدِّ زَكَاتَهُ مُثِّلَ لَهُ مَالُهُ شُجَاعًا أَقْرَعَ لَهُ زَبِيبَتَانِ يُطَوَّقُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَأْخُذُ بِلِهْزِمَتَيْهِ يَعْنِي بِشِدْقَيْهِ يَقُولُ أَنَا مَالُكَ أَنَا كَنْزُكَ ثُمَّ تَلَا هَذِهِ الْآيَة

َ(وَلَا يَحۡسَبَنَّ ٱلَّذِينَ يَبۡخَلُونَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦ هُوَ خَيۡرٗا لَّهُمۖ بَلۡ هُوَ شَرّٞ لَّهُمۡۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُواْ بِهِۦ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِۗ)

Dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda: “Barangsiapa yang diberi harta oleh Allah -Azza wa Jalla-, lalu ia tidak menunaikan zakatnya, maka hartanya akan berubah pada hari Kiamat menjadi seekor ular berkepala putih (kerana banyak racunnya) serta memiliki dua titik hitam di atas matanya atau dua taring, lalu memakan dengan kedua tulang rahangnya (taringnya) pada hari Kiamat, lalu menyatakan, ‘Akulah harta simpananmu, akulah harta simpananmu’.” Kemudian baginda membaca ayat ini:

Dan jangan sekali-kali orang-orang yang bakhil dengan harta benda yang telah dikurniakan Allah kepada mereka dari kemurahanNya, menyangka bahawa keadaan bakhilnya itu baik bagi mereka. Bahkan dia adalah buruk bagi mereka. Mereka akan dikalungkan (disiksa) dileher mereka  apa yang mereka bakhilkan itu pada hari kiamat kelak.”  (QS: Ali Imran: 180). (HR Bukhari No: 4199)

Kandungan hadits

Setiap Muslim wajib mengeluarkan zakat dari hartanya yang telah mencukupi nisab dan haul.

Orang yang enggan mengeluarkan zakat, di hari kiamat nanti hartanya akan berubah menjadi seekor ular yang akan membelit dan menjadi fitnah untuk nya.

Orang yang tidak mengeluarkan zakat, akan dikalungkan dileher mereka  apa yang mereka bakhilkan pada hari kiamat kelak.

Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat 180 Surah Ali Imran: “Janganlah sekali-kali orang yang bakhil menyangka”, bahwa harta yang dikumpulkan itu akan bermanfaat baginya. Bahkan ia akan membahayakannya dalam urusan agamanya, dan juga dalam (urusan) dunianya. Pada hari kiamat, harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan di leher mereka.

Menurut Imam Nawawi, Muslim yang duduk di tengah-tengah umat Islam sedang ia mengingkari wajibnya zakat, maka dia dihukum kafir dan diperlakukan sebagai orang yang murtad yang harus diberi hukuman. Oleh kerana wajibnya zakat ini sudah diketahui oleh umum, yang mengingkari wajib zakat ini dinilai sama seperti tidak mengakui Allah dan RasulNya dan mereka ini dihukum kafir . (Al-Majmuk jilid 5 : 334).

Penegasan Imam Nawawi ini diperkuatkan pula oleh Ibnu Qudamah (al-Mughni jilid 2 : 573). */Imam Budiono

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Berbuat Baik Meski hanya Tersenyum

Berbuat Baik Meski hanya Tersenyum

Allah Mencintai Mukmin yang Kuat

Allah Mencintai Mukmin yang Kuat

Larangan Berbuat Dzalim dan Merampas Tanah Orang

Larangan Berbuat Dzalim dan Merampas Tanah Orang

Burung Saja Diberi Rizki

Burung Saja Diberi Rizki

Jalan Kebaikan

Jalan Kebaikan

Baca Juga

Berita Lainnya