Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Hadits Harian

Jihad dan Sedekah

ILUSTRASI
Bagikan:

عن أَبِي ذرٍّ جُنْدَبِ بنِ جُنَادَةَ رضي اللَّه عنه قال : قلت يا رسولَ اللَّه، أيُّ الأعْمالِ أفْضَلُ ؟ قال : « الإِيمانُ بِاللَّهِ ، وَالجِهَادُ فِي سَبِيلِهِ » . قُلْتُ : أيُّ الرِّقَابِ أفْضَلُ ؟ قال : « أنْفَسُهَا عِنْد أهْلِهَا ، وأكثَرُهَا ثَمَناً » .قُلْتُ : فَإِنْ لَمْ أفْعلْ ؟ قال : « تُعينُ صَانِعاً أوْ تَصْنَعُ لأخْرَقَ » قُلْتُ : يا رسول اللَّه أرَأيتَ إنْ ضَعُفْتُ عَنْ بَعْضِ الْعملِ ؟ قال : « تَكُفُّ شَرَّكَ عَن النَّاسِ فَإِنَّها صدقةٌ مِنْكَ على نَفسِكَ » . متفقٌ عليه .

Dari Sayyidina Abu Zar, yaitu Jundub bin Junadah رضيَ اللَّه عنهُ berkata “Saya berkata: Ya Rasulullah, amalan manakah yang lebih utama – banyak fadhilahnya?” Beliau صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم menjawab yang maksudnya : ” Yaitu beriman kepada Allah dan berjihad untuk membela agamaNya.” Saya bertanya lagi: “Hamba sahaya manakah yang lebih utama?” Beliau صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم menjawab yang maksudnya : “Yaitu yang dipandang terindah bagi pemiliknya serta yang termahal harganya.”

Baca:  Mencari Nafkah Adalah Sedekah

Saya bertanya pula: “Jikalau saya tidak dapat mengerjakan itu -yakni berjihad fi-sabilillah ataupun memerdekakan hamba sahaya yang mahal harganya, maka apakah yang dapat saya lakukan?” Beliau صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم bersabda:yang maksudnya “Berilah pertolongan kepada seseorang pekerja  atau engkau mengerjakan sesuatu kepada seseorang yang kurang pandai bekerja.” Saya berkata pula: “Ya Rasulullah, bukankah Tuan telah mengetahui, jikalau saya ini lemah sekali dalam sebahagian pekerjaan?” Beliau صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم bersabda yang maksudnya :

“Tahanlah keburukanmu, jangan sampai mengenai orang banyak, amalan sedemikian itu pun merupakan sedekah daripadamu untuk dirimu sendiri – yakni tidak mengganggu orang lain.” (Muttafaq ‘alaih)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Hikmah Sakit dan Penggugur Dosa

Hikmah Sakit dan Penggugur Dosa

Dunia Hanya Diberikan Empat Orang

Dunia Hanya Diberikan Empat Orang

Berbuat Baik pada Tetangga

Berbuat Baik pada Tetangga

Siapa Mengajak Kebaikan, Ia Memperoleh Pahala seperti Pahala yang Mengikuti

Siapa Mengajak Kebaikan, Ia Memperoleh Pahala seperti Pahala yang Mengikuti

Iman Itu 77 Cabang, Paling Rendah Menyingkirkan Duri

Iman Itu 77 Cabang, Paling Rendah Menyingkirkan Duri

Baca Juga

Berita Lainnya