Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Hadits Harian

Tiga Orang yang Tak Diajak Allah Bicara

Ilustrasi
Bagikan:

 عن أبي ذرٍّ رضي اللَّه عنه عن النبى صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : « ثلاثةٌ لا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ القِيَامةِ ، ولا يَنْظُرُ إِلَيْهم ، وَلا يُزَكِّيهِمْ ، وَلهُمْ عَذَابٌ أَليمٌ » قال : فقَرأَها رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ثلاث مِرَارٍ . قال أَبو ذَرٍّ : خابُوا وخسِرُوا مَنْ هُمْ يا رسول اللَّه ؟ قال : « المُسبِلُ ، والمنَّانُ وَالمُنْفِقُ سِلْعَتَهُ بِالحَلفِ الكاذِبِ » رواه مسلم

Dari Abu Zar dari Rosulullah bersabda yang maksudnya;  “Ada tiga macam orang yang tidak diajak bicara oleh Allah – dengan pembicaraan keredhaan, tetapi dibicarai dengan nada kemarahan – pada hari kiamat dan tidak pula dilihat olehNya – dengan pandangan keredhaan dan kerahmatan, serta tidak pula disucikan olehNya -yakni dosa-dosanya tidak diampuni – dan mereka itu akan mendapatkan siksa yang menyakitkan sekali.” Katanya: Rasulullah membacakan kalimat di atas itu sampai tiga kali banyaknya.  

Abu Zar kemudian berkata: “Mereka itu merugi serta menyesal sekali. Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?” Rasulullah bersabda: ” yaitu orang yang melemberehkan – pakaiannya sampai menyentuh tanah, orang yang mengundat-undat – yakni sehabis memberikan sesuatu seperti sedekah dan Iain-Iain lalu menyebut-nyebutkan kebaikannya pada orang yang diberi itu dengan maksud mengejek orang tadi – serta orang yang melakukan barangnya -maksudnya membuat barang dagangan menjadi laku atau terjual -dengan jalan bersumpah dusta – seperti mengatakan bahawa barangnya itu amat baik sekali atau tidak ada duanya lagi.” (Riwayat Muslim)

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Ikut Hingga Lubang Biawak

Ikut Hingga Lubang Biawak

Terpelihara Dari Kesusahan Dunia Akhirat

Terpelihara Dari Kesusahan Dunia Akhirat

Dua Perkara yang Diperbolehkan

Dua Perkara yang Diperbolehkan

Antara Halal dan Haram Sudah Jelas

Antara Halal dan Haram Sudah Jelas

Siapa Menutupi Aib Orang, Allah Tutupi Aibnya di Akhirat

Siapa Menutupi Aib Orang, Allah Tutupi Aibnya di Akhirat

Baca Juga

Berita Lainnya