Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Gaya Hidup Muslim

Mengenal Halal-Haram Semenjak Usia Dini [3]

ANTARA
Sebuah penyuluhan makanan berbahaya kepada anak
Bagikan:

Sambungan dari artikel KEDUA

oleh: Rizky Mustikasari 

Makan Bersama

Cara lain yang cukup efektif mengenalkan makanan halal kepada anak adalah saat makan bersama. Ajaklah anak mengamati makanan masing-masing, kemudian terangkan kepada mereka tentang kehalalan makanan, sekaligus kandungan gizi, dan manfaatnya untuk pertumbuhan anak, serta adab makan dan minum sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, seperti berdoa sebelum dan sesudah makan, menggunakan tangan kanan, tidak mencela makanan, tidak berbicara saat makan, dan sebagainya.

  • Ajarkan Ayat Al-Quran dan Hadits

Ajaklah anak untuk membaca, mengkaji, dan kalau mungkin menghafalkan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits tentang makanan halal, antara lain:

Dalam Surat Al-Baqarah : 168, disebutkan;

“Hai manusia, makanlah segala yang dihasilan dari bumi ini, yang halal dan yang baik-baik, dan janganlah kamu ikuti jejak langkah setan, karena setan adalah nyata-nyata musuh bagimu.”

Dalam Surat Al-Baqarah : 173, juga disebutkan;

“Allah hanya mengharamkan kepadamu bangkai, darah, daging babi, dan sembelihan yang diperuntukkan selain Allah. Mereka yang terpaksa makan dengan tidak berniat melanggar atau melampaui batas, tidaklah berdosa. Allah sungguh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi, Ibn Majah, dan Ahmad berbunyi;

“Laut itu suci airnya, dan halal bangkainya.” dan ”Tidak akan masuk surga siapa saja yang dagingnya tumbuh dari makanan yang haram. Neraka lebih utama untuknya.”

  • Poster Barang Haram

Poster anti narkoba dan bahaya merokok ada dimana-mana. Gunakan sarana tersebut untuk mulai mengenalkan kepada anak tentang makanan yang haram. Misalnya, narkoba dapat mengganggu kesehatan, melemahkan perasaan dan merusak moral, serta menghancurkan generasi.

  • Pameran Produk Halal

Bawalah anak mengunjungi pameran produk halal. Di tempat pameran akan disajikan makanan dan minuman yan sudah mendapat sertifikat halal. Ajarkan pula padaanak untuk bertanya langsung kepada petugas penjaga stan sekaligus meminta penjelasan tentang produk makanan yang dipamerkan.

  • Mengikuti Info Halal

Biasakan anak untuk selalu mengikuti info tentang segala sesuatu yang halal melalui media cetak atau internet, seperti buletin Info Halal terbitan Republika,  www.halalguide.com, www.halalmui.org, dan lain sebagainya.

Dengan mengenalkan produk halal-haram pada anak-anak kita di usia dini, diharapkan akan melahirkan generasi yang mempunyai jiwa dan tingkah laku bersih, mulia, dan tidak terjerumus ke dalam api Neraka.

Allahumma akfini bihalalika ‘an haramika, wa aghninii bi fadhlika ‘amman siwaaka

(Ya Allah..cukupkan untukku dengan apa yang Kau halalkan dari apa yang Kau haramkan. Dan cukupkan aku dengan fadhilah-Mu, dari selain-Mu ).*

 Penulis mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

20 Fadhilah dan Keutamaan Dzikir (2)

20 Fadhilah dan Keutamaan Dzikir (2)

Tiga Perkara yang Harus Selalu Ada dalam Hidup Kita

Tiga Perkara yang Harus Selalu Ada dalam Hidup Kita

Beginilah Seharusnya Seorang Muslim yang Kaya dan Berkuasa dalam Melihat Harta

Beginilah Seharusnya Seorang Muslim yang Kaya dan Berkuasa dalam Melihat Harta

Rasional itu Perlu, Tapi Bukan Rasionalis

Rasional itu Perlu, Tapi Bukan Rasionalis

Inilah Ungkapan Orang Beriman saat Genting

Inilah Ungkapan Orang Beriman saat Genting

Baca Juga

Berita Lainnya