Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Tekno

Perusahaan Jepang Luncurkan Lampu UV yang Dapat Secara Aman Bunuh Virus Corona

KYODO
Lampu ultraviolet Care 222 dari Ushio Inc. dipasang di kantor pusat perusahaan untuk mendisinfeksi udara dan permukaan di bawahnya.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Ushio Inc., sebuah perusahaan besar, baru-baru ini meluncurkan sebuah produk lampu UV yang diklaimnya dapat membunuh virus corona tanpa mengganggu kesehatan manusia. Lampu UV Care 222, yang Ushio kembangkan bersama Universitas Columbia, diharapkan dapat digunakan untuk mendisinfeksi ruangan yang menjadi tempat keluar-masuk orang-orang dan ruang yang memiliki resiko penularan virus yang tinggi, seperti di bus, kereta dan lift serta di kantor, perusahaan itu mengatakan.

Lampu UV telah banyak digunakan sebagai alat sterilisasi yang efektif, terutama dalam industri medis dan pengolahan makanan. Namun sinar UV konvensional tidak dapat digunakan di ruang yang banyak orangnya, karena dapat menyebabkan kanker kulit dan masalah mata.

Lampu baru Ushio, bagaimanapun, memancarkan sinar UV dengan panjang gelombang 222 nanometer. Sinar ini berlawanan dengan panjang gelombang 254-nanometer konvensional, membuatnya mematikan bagi kuman tetapi tidak berbahaya bagi manusia.

Pada panjang gelombang ini, kata perusahaan itu, sinar UV tidak dapat menembus permukaan kulit atau mata untuk menyebabkan cacat genetik penyebab kanker dan kerusakan lainnya. Saat dipasang di langit-langit, dalam enam hingga tujuh menit lampu Care 222 menonaktifkan 99 persen virus dan bakteri di udara dan di area hingga 3 meter di permukaan benda, sekitar 2,5 meter dari lampu.

Sebuah studi pihak ketiga baru-baru ini oleh Universitas Hiroshima mengonfirmasi bahwa sinar UV 222 nanometer efektif dalam membunuh virus corona baru, kata Ushio. Care 222 seberat 1,2 kilogram seukuran buku bersampul tebal dan memiliki label harga ¥ 300.000.

Perusahaan mengatakan hanya menerima pesanan dari institusi medis untuk saat ini tetapi akan melayani pelanggan lain setelah produksi sesuai dengan permintaan. Ushio juga bekerja sama dengan Toshiba Lighting and Technology Corp., anak perusahaan Toshiba Corp., untuk mengembangkan lampu serba guna dengan pemancar Care 222 yang dipasang untuk memenuhi berbagai situasi. Perusahaan menargetkan untuk merilis produk tersebut pada Januari mendatang.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Bahaya Mengintai karena Membagikan Boarding Pass ke Medsos

Bahaya Mengintai karena Membagikan Boarding Pass ke Medsos

24 Juta Hektare Lahan Kering Bisa Dijadikan Produktif

24 Juta Hektare Lahan Kering Bisa Dijadikan Produktif

Hastag #Makar Jadi Bahan Gurauan, Netizen : Ayo #Makar Siang

Hastag #Makar Jadi Bahan Gurauan, Netizen : Ayo #Makar Siang

Rusia Buat Tank Robot Bisa Bertempur Lebih Baik dari Manusia

Rusia Buat Tank Robot Bisa Bertempur Lebih Baik dari Manusia

Peretas Turki Blokir Akun Medsos Menteri Rusia

Peretas Turki Blokir Akun Medsos Menteri Rusia

Baca Juga

Berita Lainnya