Teknologi Drone Bantu Para Petani Malaysia Lebih Mudah Kelola Ladang

Teknologi Drone Bantu Para Petani Malaysia Lebih Mudah Kelola Ladang

Terkait

Hidayatullah.com-Sejalan dengan kemajuan teknologi dan keinginan untuk meningkatkan produksi tanaman padi, para petani yang terdaftar di Organisasi Petani Area Sungai Besar sekarang menggunakan pesawat terbang yang digerakkan oleh pesawat tak berawak (drone) untuk mengelola ladang.

Penggunaan drone diprakarsai oleh peserta yang terdaftar di bawah Koperasi Simpang Lima Wani Tani Bhd untuk mengawasi dan menyediakan layanan drone di lapangan di daerah Sungai Besar.

Co-chairman Mohd Maksom Ramli mengatakan transisi menuju metode pertanian yang lebih modern dan praktis akan mengurangi risiko kematian sejak 2015.

“Sangat berisiko bagi manusia untuk bersentuhan langsung dengan racun. Ada beberapa petani kita yang mati di sungai karena keracunan.

“Itu lebih efektif karena keakuratan penerapan pada pohon itu justru karena kita menggunakan cara elektronik, ketika kita menggunakan drone lebih cepat dan pemakaian racun kita gunakan secara detail, ikuti aturan, jangan buang,” katanya kepada Harian BERNAMA, Malaysia baru-baru ini.

Maksom mengatakan pada awalnya, petani lain, terutama yang lebih tua, bersikap sinis terhadap upaya mereka, tetapi setelah beberapa saat mulai menemukan tempatnya di hati mereka.

Dengan menggunakan drone, pekerjaan penyemprotan pupuk atau racun dapat dilakukan dengan cepat karena satu drone dapat membawa 10 liter kubik cairan yang dapat menutupi satu hektar sawah.

“Jadi di bidang ini ada tiga hektar, artinya tiga kali isi dan jumlah total jalur adalah 14 kali, sehingga pupuk bisa mencapai target,” katanya.

Penggunaan drone juga membantu petani menyemprot padi lebih tepat karena kipas drone akan membuka ruang di antara pohon-pohon padi sehingga cairan dapat mencapai pangkalan.

Meskipun permintaan tinggi, hanya ada dua jenis drone yang saat ini digunakan, yaitu tipe DJI Agras MG1P dengan harga masing-masing sekitar Rp 230 juta.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, koperasi Malaysia berencana untuk menambah 60 drone untuk digunakan di masa depan.

Juga tertarik menggunakan layanan drone koperasi adalah petani Mr Mohd Toif Ali, 62, yang mulai menyewa drone untuk tanaman padi musim ini.

Dia terkejut melihat demonstrasi yang dilakukan oleh koperasi dan bahkan mengakui bahwa proses penyemprotan akan lebih mudah dan lebih cepat.

“… cepat, jika kita menggunakan satu orang paling banyak satu atau dua hari, ini bisa menjadi 6, 7 bidang tanah. Lebih cepat dan bisa menyelesaikan masalah cacing, “katanya.

Toif menambahkan bahwa ia telah menyewa layanan drone seharga Rp 200 ribu untuk satu petak sawah dan bahwa ia bermaksud untuk menggunakan drone di semua 15 petak yang dimilikinya.

Sementara itu, Bapak Sulaiman Chik, 65, yang juga merupakan ketua koperasi bersama, mengatakan petani itu bisa menghemat hingga 37 persen.

“Katakanlah satu botol (pupuk atau racun) adalah satu liter Rp 462 ribu dan dia hanya ingin 100ml, Rp 46 ribu. Ketika dia menyimpan (kelebihan baja atau racun), dia mungkin lupa bahwa dia sudah memilikinya. Jadi, ini akan meningkatkan biaya.

“Tetapi jika dia menggunakan layanan drone, dia hanya akan membayar apa yang dia gunakan. Jika semprotan itu harganya Rp 46 ribu, dia akan membayarnya. Rp 46 ribu ) dari Rp 460 ribu, ” katanya.

Sulaiman juga mengatakan penggunaan drone akan mendorong pemuda untuk kembali ke desa dan dengan demikian menjadi pekerja pertanian.

Direktur Jenderal Dewan Organisasi Petani (LPP) Azulita Salim mengatakan LPP sangat peduli dengan penggunaan teknologi terutama di kalangan petani.

“Penggunaan teknologi membuat pertanian lebih mudah, meningkatkan efisiensi dan pada gilirannya meningkatkan hasil,” katanya.

Meningkatnya penggunaan teknologi membuat pertanian tidak lagi menjadi pekerjaan yang dikategorikan sebagai 3D (“Kotor, Bahaya & Sulit”). *

Rep: Ama Farah

Editor: Insan Kamil

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !