Facebook Melarang Empat Kelompok Pemberontak Myanmar

Facebook mengklaim bahwa keempat kelompok tersebut menyebarkan pesan terorisme di platform mereka

Facebook Melarang Empat Kelompok Pemberontak Myanmar
Logo besar yang dibuat dari gambar pengguna Facebook dari seluruh dunia dipampang di Pusat Data Facebook di kantor cabang Lapland Swedia

Terkait

Hidayatullah.com–Facebook memberlakukan sanksi terhadap empat kelompok pemberontak yang berperang melawan pasukan Myanmar, bersikeras perusahaan itu tidak ingin ada kerusakan yang mungkin dicap organisasi itu sebagai “berbahaya.”

Raksasa media sosial AS itu, Selasa, mengatakan telah menghapus ratusan akun, situs, dan kelompok yang terkait dengan militer Myanmar, atau perwakilannya, sejak Agustus lalu.

Facebook   mengklaim bahwa kelompok itu – Mereka adalah Tentara Arakan, Tentara Aliansi Demokrasi Nasional Myanmar, Tentara Kemerdekaan Kachin, dan Tentara Pembebasan Nasional Ta’ang–menyebarkan pesan terorisme di platform mereka.

“Dalam upaya untuk mencegah dan menghancurkan bahaya offline, kami tidak mengizinkan organisasi atau individu yang menyatakan misi kekerasan atau ikut berperan dalam melakukan kekerasan untuk memiliki akun di Facebook,” pernyataan Facebook hari ini dikutip Reuters.

Baca: Inilah Semua Data Pribadi Anda yang Disimpan di Facebook dan Google

Menurutnya, itu akan menghapus dan menghapus semua status yang “memuji, mendukung dan mewakili” kelompok.

Baca: Ribuan Massa Islam Demo ke Kantor Facebook Ini Tuntutannya

Facebook  melakukannya setelah dikritik oleh berbagai pihak karena tidak mengambil tindakan yang tepat dalam mencegah konten yang menyebarkan kebencian dan kekerasan, terutama terhadap Rohingya.

Menurut laporan media, keempat kelompok yang disebutkan oleh Facebook  tidak pernah menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan pemerintah dan sering bertempur dengan pasukan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Agustus 2018, Facebook  mengumumkan akun milik beberapa personil militer Myanmar dan individu-individu berpengaruh dari jaringan media sosial telah dihapus untuk mengekang penyebaran konten ‘kebencian dan informasi yang salah’.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !