Peretas Website Sari Roti Mengaku Hanya Iseng-iseng

Peretas Website Sari Roti Mengaku Hanya Iseng-iseng
Tampilan website Sari Roti diretas. Ada perubahan tampilan lagi.

Terkait

Hidayatullah.com– Sebuah kelompok dengan inisial tim ICP mengaku sebagai pihak yang meretas situs web (website) Sari Roti.

ICP kepada hidayatullah.com di Jakarta mengaku melakukan peretasan itu sebatas iseng-iseng, tanpa ada niatan lain.

“Saya hanya iseng saja melakukan pen-test keamanan (website) Sari Roti,” aku pihak peretas dengan inisial/kode nama “ox” saat dikonfirmasi media ini via pesan berbasis internet, Sabtu (10/12/2016).

Jaringan Ritel Sakinah Stop Jual Sari Roti

Ia mengaku, peretasan itu atas dorongan kesenangan semata. Berawal dari pihaknya yang melihat gambar lelucon tentang Sari Roti, lalu muncul ide untuk mengisengi website Sari Roti dengan meretasnya.

“Saya hobi melakukan pen-test hanya untuk tujuan kesenangan diri semata, sejujurnya saya tidak mengetahui kalau ada (gerakan) boikot Sari Roti,” jelas “ox”.

“Baru tahu (dari wartawan. Red) kalau Sari Roti lagi diboikot,” tambah “ox”.

Boikot Sari Roti, SD Muhammadiyah ini Tegaskan Aksi 212 bukan Politis

Yang dimaksud adalah mengetes sejauh mana tingkat keamanan website Sari Roti yang diproduksi oleh PT Nippon Indosari Corpindo (NIC) Tbk itu.

“(Peretasan ini) murni hanya pen-testing saja. Hanya mengetes sistem dari site Sari Roti, Mas,” ujar anggota peretas lainnya dengan inisial/kode “lr00t”.

Dalam Perbaikan

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, setelah ramai diserukan gerakan pemboikotan terhadap produk merek Sari Roti, website Sari Roti diretas.

Pantauan media ini, Sabtu (10/12/2016) sekitar pukul 16.30 waktu di Jakarta, tampilan situs tersebut tak lagi normal.

Tampilan situs yang biasanya didominasi putih dan gambar berbagai produk Sari Roti, saat itu berubah menjadi berlatar belakang hitam polos, dengan tampilan tulisan dan kode-kode tertentu yang dipasang peretas.

Kemudian, pada sekitar pukul 16.54 WIB, tampilan situs www.sariroti.com tersebut berubah lagi. Dari berlatar belakang hitam polos menjadi putih polos.

Setelah Produknya Diboikot, Kini Website Sari Roti Diretas

Gerakan boikot terhadap Sari Roti ramai diserukan pasca Aksi Bela Islam III.

Terutama setelah perusahaan yang membawahinya, NIC, menyatakan keberatan karena sejumlah pedagang eceran Sari Roti membagi-bagikan gratis dagangannya kepada peserta Aksi Super Damai 212 itu, Jumat (02/12/2016) lalu.

Pengumuman Sari Roti Terkait Aksi 212 Hilang dari Situs Resminya

Pada Sabtu malam hingga Ahad (11/12/2016) pagi ini, website Sari Roti tampaknya sedang dalam perbaikan oleh pihak NIC. Namun situs itu belum normal.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, situs kami saat ini sedang menjalani perawatan. Terima kasih atas kesabaran Anda,” demikian keterangan pihak NIC pada situs tersebut dengan logo Sari Roti di atasnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !