Pada 2040 Indonesia Hadapi Masalah Penuaan Penduduk

Risiko terbesar penuaan adalah persoalan fiskal. Jika tidak ada sistem yang diubah, akan banyak kemiskinan terjadi di usia tua.

Pada 2040 Indonesia Hadapi Masalah Penuaan Penduduk
Antara
Hasil Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukkan Indonesia termasuk lima besar negara dengan jumlah penduduk lanjut usia terbanyak di dunia yakni mencapai 18,1 juta jiwa pada 2010 atau 9,6 persen dari jumlah penduduk.

Terkait

Hidayatullah.com–Bank Dunia (World Bank) menyatakan Indonesia akan menghadapi masalah penuaan penduduk dengan semakin menyusutnya persentase jumlah usia angkatan kerja pada 2040.

“Indonesia tidak memperoleh dampak negatif penuaan sampai 2040. Penuaan di Indonesia tidak menghantam cepat seperti di Korea Selatan dan Jepang,” kata Ekonom Utama Bank Dunia Phillip O’Keefe pada laporan Masalah Penuaan di Asia Timur dan Pasifik di Jakarta, Senin (23/5/2016).

Philip mengatakan, sejumlah negara di Asia Timur dan Pasifik (ATP), termasuk Indonesia, saat ini mengalami tingkat penuaan yang sangat cepat, terutama Jepang, Korea, Hongkong dan Singapura yang memiliki penduduk usia di atas 65 tahun mencapai 14 persen dari total penduduk pada 2010.

Penurunan persentase usia kerja di Korea Selatan diperkirakan melebihi 5 persen, sedangkan Tiongkok diperkirakan mengalami penurunan hingga 90 juta penduduk usia kerja antara tahun 2010-2040

Sementara itu, Indonesia, Malaysia, Mongolia, Thailand dan Vietnam termasuk kelompok menengah dengan rata-rata enam persen penduduk lansia pada 2010 dan perkiraan pertumbuhan 24 persen penduduk lansia setelah 2040.

Negara-negara yang masih “muda” mencakup Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, PNG yang memiliki rata-rata 4 persen penduduk lansia pada 2010 dan pertumbuhan 13 persen lansia setelah 2060.

Philip menjelaskan, saat ini Indonesia masih menikmati bonus demografi. Namun sudah saatnya mempersiapkan strategi untuk menghadapi masalah penuaan penduduk yang dikhawatirkan menjadi beban demografi.

Adapun strategi tersebut adalah sistem pensiun yang harus dibenahi dan perbaikan layanan kesehatan ketika penduduk memasuki usia lansia.

“Risiko terbesar penuaan adalah risiko fiskal. Jika tidak ada sistem yang diubah, akan banyak kemiskinan terjadi di usia tua dan akhirnya pemerintah harus mengeluarkan anggaran belanja yang lebih besar,” kata Philip, seperti dilansir Antara.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !