Pelabuhan Tertua Ditemukan di Pantai Laut Merah

Tim arkeolog Mesir-Prancis menemukan pelabuhan kuno itu, yang disebut Ibrahim sebagai salah satu pelabhan paling penting pada masa Mesir Kuno.

Pelabuhan Tertua Ditemukan di Pantai Laut Merah

Terkait

Hidayatullah.com—Para arkeolog dikabarkan telah menemukan salah satu pelabuhan yang diyakini tertua berasal dari masa Raja Khufu, demikian diumumkan Kementerian Kepurbakalaan Muhammad Ibrahim Kamis (11/4/2013), dikutip Al-Ahram.

Pelabuhan kuno itu ditemukan di Wadi al-Jarf di tepian Laut Merah 180 kilometer arah selatan dari Suez.

Empatpuluh lembar papirus penuh dengan tulisan hieroglif berisi cerita tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Mesir kuno di daerah setempat juga ditemukan di lokasi yang sama. Paripus tersebut diduga merupakan laporan bulanan tentang rincian aktivitas harian sejumlah pekerja di pelabuhan.

Tim arkeolog Mesir-Prancis menemukan pelabuhan kuno itu, yang disebut Ibrahim sebagai salah satu pelabhan paling penting pada masa Mesir Kuno. Kapal-kapal pada masa konon banyak mengangkut tembaga dan logam-logam lain.

Sejumlah dermaga terbuat dari batu juga ditemukan di lokasi yang sama.

Lembaran-lembaran papirus tersebut setelah ditemukan segera dipindahkan ke Museum Suez, sehingga para arkeolog dan sejarawan bisa mempelajari dan mendokumentasikannya kata Ibrahim.

Kepala Bagian Kepurbakalaan Mesir Adel Hussein mengatakan misi penggalian arkeologi itu juga menemukan sisa-sisa rumah para pekerja pelabuhan, 30 gua dan beberapa alat terbuat dari batu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !