Sabtu, 27 Maret 2021 / 13 Sya'ban 1442 H

Saintek

Aplikasi Kytephone Bantu Orangtua Awasi Anak Gunakan Internet

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebuah studi dari Pew Research Center menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga remaja di Amerika Serikat memiliki telepon pintar, naik dari lebih dari seperlima pada 2011. Hampir dari setengah pengguna ini menggunakan telepon untuk mengakses Internet, membuat orangtua sulit memantau perilaku mereka.

“Ketika Anda memiliki telepon pintar, pada dasarnya Anda memiliki Internet di saku Anda, di mana saja, jauh dari pantauan orangtua,” ujar Anooj Shah, sebuah mitra di perusahaan berbasis di Toronto, Kytephone, yang mengembangkan aplikasi-aplikasi teknologi.

Aplikasi Kytephone membuat orangtua dapat mengontrol aplikasi dan situs yang digunakan anak-anak dan orang-orang yang mengirim pesan dan telepon kepada mereka.

Perusahaan ini pada Senin (01/04/2013) meluncurkan Kytetime untuk remaja berusia 13 sampai 17 tahun. Aplikasi baru tersebut memiliki banyak fitur yang sama dengan Kytephone namun tidak termasuk kemampuan untuk memblokir panggilan.

Pada awal bulan ini, Net Nanny, sebuah perusahaan perangkat lunak pemantau, meluncurkan aplikasi perambah untuk sistem operasi Apple Inc, iOS, untuk menyaring konten Web dan memblokir hal-hal yang tidak pantas.

“Telepon pintar dan tablet komputer telah menambah teknologi baru, dengan tantangan-tantangan baru (untuk orangtua) – kemampuan merambah laman secara penuh, pesan tidak terbatas, akses terhadap ratusan ribu aplikasi yang baik, buruk dan berbahaya,” ujar Russ Warner, CEO perusahaan berbasis di Salt Lake City dikutip Voice of Amerika.

Versi Android dari Net Nanny, dijual seharga US$12,99, dapat mengontrol aplikasi mana yang bisa digunakan anak-anak. Aplikasi ini juga tersedia untuk alat-alat yang memakai iOS, dengan aplikasi yang lebih sedikit, untuk $4,99.

Perusahaan ini juga mengeluarkan Net Nanny Social, alat berbasis Web dan berdasarkan langganan yang membantu orangtua memantau masalah-masalah seperti ‘bullying’ di dunia maya, pemangsa seksual dan pencurian identitas di jaringan sosial termasuk Facebook dan Twitter. Layanan ini berbiaya $19,99 per tahun.

Bagi orangtua dengan anak-anak berusia 2 sampai 8 tahun, Playrific dari Boston memiliki aplikasi gratis dengan perambah yang dikunci sehingga anak-anak hanya bisa melihat konten yang sesuai untuk mereka, termasuk video pendidikan, permainan interaktif dan buku.

Aplikasi tersebut, yang tersedia untuk Android, iPad dan Web, menyaring konten berdasarkan hal-hal yang menarik bagi anak.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Riset: Gen Y Australia Paling Tak Bahagia

Riset: Gen Y Australia Paling Tak Bahagia

Peralatan Makan Pengaruhi Rasa Hidangan

Peralatan Makan Pengaruhi Rasa Hidangan

Kacang Mede Berpotensi Obati Diabetes

Kacang Mede Berpotensi Obati Diabetes

Emoticon Membentuk Pola Baru dalam Kegiatan Otak

Emoticon Membentuk Pola Baru dalam Kegiatan Otak

Kata-Kata Memang Bisa Menyakitkan

Kata-Kata Memang Bisa Menyakitkan

Baca Juga

Berita Lainnya