Tahu Kelainan Seksual dan Homoseksual Seseorang Melalui Mata

Orang heteroseksual akan mengalami pembesaran pupil saat melihat lawan jenisnya, sementara kaum homoseksual (gay) pupilnya membesar saat melihat pria lain

Tahu Kelainan Seksual dan Homoseksual Seseorang Melalui Mata
omoseksual pupilnya membesar saat melihat pria lain

Terkait

Hidayatullah.com—Tidak mudah bagi setiap orang untuk mengetahui apakah seseorang punya orientasi seks menyimpang atau tidak. Namun sebuah penelitian terbaru ditemukan, mata ternyata bisa mengungkapkan ketertarikan seseorang pada lawan jenis atau sesama jenisnya. Orang heteroseksual akan mengalami pembesaran pupil saat melihat lawan jenisnya, sementara kaum homoseksual (gay) pupilnya membesar saat melihat pria lain.

Baru-baru ilmuwan dari Universitas Cornell melakukan ekperimen untuk menunjukkan bahwa pembesaran pupil yang terjadi sesuai dengan perasaan mereka sebenarnya. Penelitian melibatkan 165 pria dan 160 wanita, baik yang gay, heteroseksual, atau biseksual.

Para partisipan diputarkan rekaman video erotis pria, wanita, dan pemandangan, masing-masing berdurasi satu menit. Selama menonton video itu, sebuah kamera bergerak merekam pupil untuk mengukur adanya perubahan sekecil apa pun dari pupil. Kemudian para partisipan ditanya perasaan saat melihat video-video itu.

Hasilnya menunjukkan bahwa pembesaran pupil yang terjadi sesuai dengan pola seperti pada penelitian tentang efek gairah pada organ genital.

Pada responden pria, hasilnya sangat jelas. Jika mereka heteroseksual, pupil mereka membesar saat melihat video erotis wanita. Pria biseksual merespon sama pada video wanita dan pria. Sebaliknya kaum homoseksual pupilnya membesar saat melihat pria lain.

Pada wanita, ternyata agak sedikit kompleks karena pupil mereka membesar saat melihat video pria dan wanita.

Penelitian ini dilakukan oleh Dr Ritch Savin-Williams dan Gerulf Rieger dari Universitas Cornell. Menurut Savin-William, Ketua peneliti, hal itu karena pengaruh evolusi menyebabkan wanita merespon pada stimulus seksual meski pun sebenarnya tidak menarik.

Para ilmuwan menilai pembesaran pupil bisa menjadi cara untuk melihat orientasi seksual seseorang.  demikian seperti yang dilansir dari dailymail.co.uk.*

Rep: Sarah Chairunisa

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !