Hasil Riset Flu Burung Boleh Dipublikasikan

Penting untuk diketahui lebih lanjut mengapa virus tersebut dapat bermutasi.

Terkait

Hidayatullah.comHasil penelitian terhadap virus flu burung oleh Erasmus Medical Centre di Rotterdam akhirnya diperbolehkan untuk dipublikasikan di jurnal Science. Sebelumnya, Deputi Menteri Pertanian Belanda Henk Bleker menolak publikasi itu, dengan alasan dapat disalahgunakan oleh kelompok teroris, lansir Radio Nederland (27/04/2012).

Ron Fouchier, peneliti yang melakukan riset tersebut menyambut baik keputusan itu. Menurutnya, informasi tentang hasil penelitian itu tidak membahayakan. Virusnya pun tidak terlalu menular dan ilmuwan dapat membuat vaksin untuk menangkalnya. Lagi pula, penting untuk diketahui lebih lanjut mengapa virus tersebut dapat bermutasi.

Dalam penelitiannya Fouchier berhasil menemukan bahwa dengan sedikit merekayasa DNA virus flu burung, maka bibit penyakit itu dapat menular dari manusia ke manusia. Baca berita sebelumnya: Virus Flu Burung Bisa Jadi Senjata Biologis

Infeksi virus H5N1 langka terjadi di kalangan manusia, namun sangat berbahaya. Lebih dari separuh kasus infeksi, korbannya mengalami kematian. Sampai saat ini sudah 355 orang tewas akibat infeksi virus flu burung, menurut data badan kesehatan dunia WHO.

Para ilmuwan khawatir, jika varian dari virus ini berkembang, yang dapat ditularkan dari manusia ke manusia, maka akan terjadi epidemi di seluruh dunia seperti kasus flu di Spanyol pada tahun 1918 dan 1919 yang merenggut 50 juta nyawa manusia.

Hasil penelitian tersebut akan terbit dalam jurnal Science edisi mendatang.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !