Selasa, 30 Maret 2021 / 16 Sya'ban 1442 H

Saintek

Survei: Banyak Pemuda Lakukan Sexting

Bagikan:

Hidayatullah.com–Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Associated Press dan MTV belum lama ini, diketahui 56 persen pemuda mengalami pelecehan atau menerima perlakuan tidak menyenangkan di dunia maya. Sebuah tren yang terus meningkat dalam dua tahun terakhir.

Jajak pendapat itu menunjukkan, 56 persen dari pengguna internet usia 14-24 tahun diperlakukan dengan tidak baik saat online. Angka tersebut naik dari 50 persen di tahun 2009.

Pelecehan yang paling umum terjadi antara lain berupa email yang menjijikkan atau komentar di forum situs sosial dari orang tak bernama.

Hal lain dari hasil jajak pendapat yang meresahkan adalah kenyataan bahwa 33 persen dari responden pernah melakukan sexting, mengirim atau menerima gambar telanjang atau video berbau seks. Di mana sekitar 10 persen dari mereka mengatakan saling bertukar pesan seksual dengan orang yang hanya dikenalnya di internet (bukan dalam kehidupan nyata).

Sebanyak 76 persen responden berpendapat bahwa tindakan tidak menyenangkan di internet merupakan masalah yang serius.

Lebih mengerikan adalah pengakuan 15 persen pemuda (7% remaja belasan tahun dan 19% dewasa), yang mengaku menyebarkan foto telanjang diri mereka sendiri.

Hampir seperempat responden mengaku melakukan sexting dengan berbagai cara. Sekitar 37 persen responden dewasa mengaku pernah melakukan sexting berupa gambar.

Di kalangan responden yang punya pasangan, 4 dari 10 responden mengatakan bahwa pasangan mereka pernah menggunakan internet atau telepon seluler untuk melecehkan atau mengontrol mereka.

Hasil jajak pendapat tersebut diolah dari wawancara yang melibatkan 1.335 remaja dan orang dewasa bulan Agustus lalu.

Jajak pendapat itu merupakan bagian dari kampanye MTV yang diberi judul “A Thin Line” tentang masalah penyimpangan dalam dunia digital.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Ilmuwan Temukan Petunjuk untuk Deteksi Dini Kanker Ovarium

Ilmuwan Temukan Petunjuk untuk Deteksi Dini Kanker Ovarium

Tenangkan Hati dengan Cuci Tangan

Tenangkan Hati dengan Cuci Tangan

Tak Syukur Ciptaan Tuhan, Dada Besarnya Malah Bermasalah

Tak Syukur Ciptaan Tuhan, Dada Besarnya Malah Bermasalah

Menkominfo: Pemerintah Bisa Sadap BlackBerry

Menkominfo: Pemerintah Bisa Sadap BlackBerry

Larangan Akses Facebook bagi Tentara Israel

Larangan Akses Facebook bagi Tentara Israel

Baca Juga

Berita Lainnya