Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Saintek

75 Persen Kanker Kepala Akibat Merokok dan Alkohol

Bagikan:

 Hidayatullah.com–MEROKOK tak hanya berbahaya bagi paru-paru. Merokok secara signifikan ternyata juga meningkatkan resiko terkena kanker kepala dan leher, baik pada kaum laki-laki maupun perempuan.
 Berdasarkan laporan Healthway Medical Singapura yang disampaikan Melisa Jihan, Appointed Medical Associate Healthway Medical, kaum laki-laki perokok lebih beresiko terkena kanker kepala dan leher dibanding dengan kaum perempuan.
 Sementara Dokter Ranjit Gabriel Magherra, Medical Director ENT, Head & Neck Surgeon Nobel ENT, Henad 7 Neck and Thyroid Surgery Centre Singapura dalam seminar kesehatan yang digelar Healthway Medical di Hotel Pacific Batam, beberapa watu lalu bahkan mengungkapkan, perokok berisiko 12 kali terkena kanker kepala dan leher karena tembakau mengandung 43 agen karsinogen.
 Kanker kepala dan leher ini ada tiga jenis, yaitu kanker mulut meliputi kanker tenggorokan, pita suara, sinus paranasal, dan telinga. Lalu jenis kedua kanker hidung, dan ketiga kanker kelenjar tiroid di leher.
 Untuk kanker mulut, selain merokok faktor resiko terkena kanker juga disebabkan karena mengkonsumsi alkohol, mengunyah daun sirih serta terserang human papilloma virus (HPV).
 Menurut Healthway, 75 persen dari kanker kepala dan leher ini disebabkan oleh efek gabungan dari merokok dan alkohol.
 Apa saja gejalanya? Untuk kanker mulut gejala-gejalanya, muncul bisul atau sariawan yang tidak sembuh-sembuh pada mulut, suara serak kesulitan menelan, merasa ada gumpalan pada tenggorokan atau gumpalan pada leher.
 Sementara kanker hidung, disebabkan oleh virus, pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin dan juga karena faktor keturunan. Gejalanya bagian leher ada benjolan, berdahak, dengung pada telinga dan kurang pendengaran serta sakit kepala. Sementara kanker tiroid secara umum dikeluhkan sebagai bintil tiroid yang tidak menyebabkan nyeri. Penyebabnya karena faktor genetik, radiasi ionisasi, chernobil, dan belarus, serta idiopathic. Pengobatan kanker ini dengan radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan. [prs/jpnn/hidayatullah.com]
 foto: http://marketingjunkie.co.uk/wp-content/uploads/2009/02/smoking-causes-cancer.jpg

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Belanda Siapkan UU Sensor Internet

Belanda Siapkan UU Sensor Internet

Penggemar Jus Alpukat Punya Sperma yang Lebih Kuat

Penggemar Jus Alpukat Punya Sperma yang Lebih Kuat

Dari Ebsoft untuk Umat

Dari Ebsoft untuk Umat

Bill Gates: TV Masih Lebih Murah Ketimbang Internet

Bill Gates: TV Masih Lebih Murah Ketimbang Internet

Kado Inggris di Ulang Tahun Darwin ke-200 [Bagian I]

Kado Inggris di Ulang Tahun Darwin ke-200 [Bagian I]

Baca Juga

Berita Lainnya