Rabu, 20 Oktober 2021 / 13 Rabiul Awwal 1443 H

Saintek

Suplemen Kalsium Sebabkan Serangan Jantung

Bagikan:

Hidayatullah.com--Suplemen kalsium yang banyak dikonsumsi orang, terutama kaum manula, untuk memperkuat tulang diduga kuat bisa menyebabkan serangan jantung, demikian menurut sebuat studi yang dirilis Jumat (30/7).

Temuan yang dipublikasikan di British Medical Journal itu menyarankan agar penggunaan suplemen kalsium sebagai bagian dari perawatan penderita osteoporosis dipertimbangkan kembali.

Tablet kalsium secara umum diresepkan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Tapi menurut percobaan klinis, hal itu bisa meningkatkan resiko serangan jantung dan masalah kesehatan jantung lainnya pada wanita manula.

Guna mengetahuinya lebih lanjut, sebuah tim penelitian internasional yang dipimpin oleh Ian Reid dari Universitas Auckland New Zealand mengkaji 11 percobaan klinis terpisah yang melibatkan 12.000 pasien.

Mereka menemukan bahwa suplemen kalsium berhubungan dengan sekitar 30% peningkatan resiko serangan jantung.

Kemungkinan terjadinya stroke dan kematian juga meningkat, meskipun dalam tingkatan yang lebih rendah.

Hubungan itu terlihat konsisten di berbagai percobaan klinis dan tergantung pada usia, jenis kelamin dan jenis suplemen.

Meskipun dilihat dari kacamata individual resiko itu kelihatan kecil, namun mengingat penggunaan suplemen kalsium sudah sedemikian menyebar di masyarakat, maka tingkat signifikansi resikonya semakin tinggi.

Penelitian-penelitian sebelumnya menemukan bahwa peningkatan jumlah asupan kalsium melalui perubahan diet atau pola makan, tidak meningkatkan resiko pada penyakit jantung. Hal itu menegaskan bahwa resiko tinggi terbatas pada asupan yang berasal dari suplemen.

Mengomentari hasil temuan itu, John Cleland dari Universitas Hull bersama kolega-koleganya mengingatkan bahwa–tanpa memperhatikan tingkat resiko serangan jantung–suplemen kalsium kemungkinan tidak terlalu efisien dalam mengurangi keretakan tulang dalam berbagai kasus.[di/afp/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Bergaul Lebih Sehat daripada Menyendiri

Bergaul Lebih Sehat daripada Menyendiri

Awas, Ada Madu Dicampur Antibiotik!

Awas, Ada Madu Dicampur Antibiotik!

Buah Zaitun bermanfaat jadi Bahan Bakar Bio

Buah Zaitun bermanfaat jadi Bahan Bakar Bio

Pesawat Panel Surya Sukses Terbang Lintas Benua

Pesawat Panel Surya Sukses Terbang Lintas Benua

Terbongkarnya Penipuan Profesor Evolusionis Jerman (Bagian 1)

Terbongkarnya Penipuan Profesor Evolusionis Jerman (Bagian 1)

Baca Juga

Berita Lainnya