Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Saintek

Situs Aman untuk Anak Diluncurkan

Bagikan:

Hidayatullah.com—Anak-anak di bawah 13 tahun tidak boleh mendaftar dalam facebook, tetapi hal itu tidak menghalangi mereka untuk tetap ikut dalam jejaring sosial tersebut. Kebanyakan mereka berbohong tentang usia mereka sebenarnya.

Untuk menanggulangi hal itu, saat ini telah diresmikan situs jejaring sosial bernama Togetherville.

Togetherville adalah jejaring sosial yang dikhususkan bagi anak-anak usia 6-10 tahun, diharapkan mampu menjadi lokasi tepat untuk anak-anak sesuai usia mereka.

Situs yang diluncurkan Selasa ini dibuat oleh seorang yang memiliki 3 anak di bawah 10 tahun. Setiap orang dapat mendaftar ke situs ini secara gratis.

Jika anak-anak ingin membuat akun baru, maka akun tersebut harus didaftarkan oleh orang tuanya yang memiliki akun facebook. Orangtua dapat menyetujui atau menolak jika ada teman yang ingin berteman dengan anaknya, dan juga orang tua dapat melihat apa saja permainan yang dimainkan oleh anaknya dalam jejaring sosial tersebut.

Anak-anak harus login secara terpisah untuk masuk ke togetherville, dan situs akan terlihat berbeda tergantung apakah yang login pada saat itu adalah orangtua atau anaknya.

Jika masuk pada halaman anak-anak, maka akan ada halaman khusus game, Youtube video, serta aplikasi yang menyangkut pendidikan, dan tidak ada iklan. Dengan adanya Togetherville maka orang tua dapat lebih bernafas lega atas kekhawatiran terhadap lingkungan yang “kurang aman” dalam dunia jejaring sosial saat ini.

Situs besutan Palo Alto ini diharapkan dapat mengurangi rasa khawatir pada layanan jejaring sosial.

Layanan gratis ini dapat memberikan akses anak-anak untuk memanfaatkan jejaring sosial. Tak hanya itu, orangtua pun tetap bisa memberikan pengawasan untuk memastikan anak-anak mereka terlindung dari bahaya sampai mereka cukup umur.

“Kami ingin membuat warga digital yang baik,” ujar Mandeep Dhillon selaku pendiri dan CEO perusahaan. “Ada gunanya menjaga anak-anak dari web,” tambahnya.

Dalam situs tersebut, tak ada seorang pun yang bisa mengakses ke akun anak tanpa persetujuan orangtuanya.

Di dalamnya, anak-anak dapat saling bertukar pesan teks pada Wall akun mereka dan tentunya teks yang bisa ditulis hanyalah teks yang sudah tersaring sehingga mereka tidak bisa menggunakan kata-kata yang kurang layak.

Dalam situs itu juga, para orangtua juga dapat mengingatkan tugas sekolah anak-anak melalui ‘bug’ dalam wall mereka. Tak hanya itu, anak-anak juga dapat membuat kartu ucapan digital, bermain game, dan menonton video-sharing. Tapi mereka tak bisa berbagi link atau foto ke situs lain.

Memang belum bisa dipastikan apakah situs ini akan berhasil atau tidak. Namun, perusahaan yang hanya berjarak tiga mil dari kantor Facebook ini memiliki beberapa mitra kerja yang dapat menjamin keamanan situs tersebut untuk anak-anak. [brn/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Ilmuwan AS Buat Robot Burung Pengintai Kecil

Ilmuwan AS Buat Robot Burung Pengintai Kecil

Multivitamin Tidak Usir Diabetes

Multivitamin Tidak Usir Diabetes

Kecanduan Internet Rusak Tubuh dan Pikiran Kaum Muda

Kecanduan Internet Rusak Tubuh dan Pikiran Kaum Muda

Ilmuwan Jerman Buktikan ada Kehidupan Setelah Mati

Ilmuwan Jerman Buktikan ada Kehidupan Setelah Mati

Manusia Hanya dapat Bertahan Hidup Maksimal Tiga Bulan

Manusia Hanya dapat Bertahan Hidup Maksimal Tiga Bulan

Baca Juga

Berita Lainnya