Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Saintek

Alkohol Penyebab Utama Siroris Hati

Bagikan:

Hidayatullah.com–Dua penelitian menyebutkan bahwa lebih dari satu juta pria dan wanita Inggris menunjukkan kelebihan berat badan dan alkohol merupakan salah satu penyebab meningkatnya risiko sirosis dan penyakit hati lainnya.

Menurut hasil laporan British Medical Journal (BMJ), wanita gemuk yang minum anggur sedikitnya segelas atau lebih pada setiap harinya akan beresiko dua kali lipat terserang penyakit hati, daripada wanita lain yang tidak mengkonsumsi alkohol.  Hasil ini juga berdampak sama pada pria.

Para peneliti dari BMJ ini juga mengatakan batasan “aman” kadar alkohol seperti yang tercantum di setiap botol minuman keras terhadap kelebihan berat badan mungkin perlu didefinisikan ulang. Sebab tingkat penyakit hati dan obesitas semakin meningkat di Inggris. Alkohol adalah penyebab utama sirosis hati dan ada banyak bukti lain lagi yang mengatakan bahwa kelebihan berat badan juga turut berperan di dalamnya.

Dalam penelitian pertama, para peneliti di University of Oxford mempelajari pada lebih dari satu juta wanita paruh baya di Inggris dan Wales. Mereka menemukan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas meningkat dan kemungkinan berkembang ke sirosis hati.

Dr Bette Liu dari Unit Epidemiologi Kanker, universitas Oxford,  berkata, “Kami memperkirakan bahwa hampir 20% dari sirosis hati di Inggris pada wanita setengah baya adalah karena kelebihan berat badan, sementara hampir 50% adalah disebabkan oleh konsumsi alkohol.”

Pada penelitian kedua yang diikuti lebih dari 9.000 pria di Skotlandia.

Pria gemuk yang mengatakan mereka minum alkohol 15 gelas atau lebih dalam seminggu memiliki risiko terbesar terserang penyakit hati, hampir 19 kali lebih tinggi daripada mereka yang memiliki tubuh langsing.

Penulis utama dalam penelitian ini, Dr Carole Hart dari University of Glasgow berkata “Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ada batas normal yang mungkin berlaku berbeda-beda bagi orang-orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas.”

Sirosis adalah hasil jangka panjang yang lambat laun akan menimbulkan kerusakan pada hati.

“Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati” Lebih baik Anda mulai mengurangi mengkonsumsi alkohol bila Anda ingin hidup lebih lama dan dalam keadaan sehat. [bbc/htb/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Makam Tutankhamun Dibuatkan Replika

Makam Tutankhamun Dibuatkan Replika

25% Anak Balita Inggris “Diasuh” TV?

25% Anak Balita Inggris “Diasuh” TV?

12 Alasan WHO “Mengharamkan” Rokok

12 Alasan WHO “Mengharamkan” Rokok

lmuwan AS Temukan Sel Hidup Sintetis Pertama

lmuwan AS Temukan Sel Hidup Sintetis Pertama

Banyak Remaja Indonesia jadi Korban “Kejahatan” Facebook

Banyak Remaja Indonesia jadi Korban “Kejahatan” Facebook

Baca Juga

Berita Lainnya