Saintek – Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Wed, 18 Sep 2019 13:03:32 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 61797197 LIPI Sebut Gempa Magnitudo 7,4 Berulang 30-50 Tahun http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2019/08/02/168647/lipi-sebut-gempa-magnitudo-74-berulang-30-50-tahun.html Fri, 02 Aug 2019 15:10:34 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=168647

Katanya tidak ada data detail dan pasti terkait sejarah atau siklus gempa yang terjadi di lokasi yang hampir sama dengan yang terjadi Jumat malam (02/08/2019) dan yang berpusat di Banten.

The post LIPI Sebut Gempa Magnitudo 7,4 Berulang 30-50 Tahun appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Menurut Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Eko Yulianto, umumnya gempa dengan kekuatan magnitudo 7,4 mempunyai waktu perulangan 30-50 tahun.

“Gempa skala 7,4 ini biasanya memiliki waktu perulangan antara 30 sampai 50 tahun jadi siklusnya sendiri berbeda dengan siklus gempa yang lebih besar,” ujarnya kutip Antaranews.com di Jakarta, Jumat malam (02/08/2019).

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya, Jumat (02/08/2019) malam ini sekitar pukul 19.03 WIB. Menurut catatan BMKG, gempa berpusat di kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Baca: BMKG: Peringatan Dini Tsunami Telah Berakhir Usai Gempa M7,4

Menurut Eko, tidak ada data detail dan pasti terkait sejarah atau siklus gempa yang terjadi di lokasi yang hampir sama dengan yang terjadi Jumat malam (02/08/2019) dan yang berpusat di Banten.

Padahal jika ada pencatatan sejarahnya, maka dapat diketahui perilaku gempanya. “Sayangnya kita tidak mempunyai data misalnya kejadian sebelumnya di tempat yang kurang lebih sama seperti itu kapan terjadinya, itu yang harus dicari supaya kemudian kita tahu secara lebih pasti waktu perulangannya,” sebutnya.

Menurutnya, gempa yang lebih besar dari magnitudo 7,4, yakni dekat skala 9 magnitudo, maka waktu perulangannya jauh lebih lama.

Baca: Gempa M7,4 Berpotensi Tsunami, Warga Sumur Banten dilaporkan Panik & Mengungsi

Kata Eko, perlunya pendataan dan penelitian komprehensif sejarah kegempaan dan tsunami yang lebih detail di seluruh wilayah Indonesia baik darat maupun lautan untuk mengetahui perilaku gempa.

Katanya, pelaporan gempa di Indonesia baru dimulai ketika alat seismometer ada di Tanah Air yakni sekitar 1850-an tapi belum masif pada saat itu.

Baca: Gempa M7,4 di Banten, Berpotensi Tsunami, Terasa Sampai Depok, Bogor, Bandung

“Penelitian-penelitian data-data tentang geologi tapi setidaknya itu belum dilakukan secara intensif di Indonesia karena kendala-kendala yang tidak teknis,” sebutnya.

Getaran gempa M7,4 yang terjadi di posisi 147 km barat daya Sumur-Banten berkedalaman 10 km juga dirasakan hingga ke Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan sekitarnya.*

The post LIPI Sebut Gempa Magnitudo 7,4 Berulang 30-50 Tahun appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
168647
Indonesia-Arab Saudi Jajaki Kerja Sama Digital http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2019/07/03/167100/indonesia-arab-saudi-jajaki-kerja-sama-digital.html Wed, 03 Jul 2019 07:37:33 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=167100

Kerja sama itu, ditambahkan Rudiantara dapat mendorong terjadinya investasi Arab Saudi pada sektor digital, untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

The post Indonesia-Arab Saudi Jajaki Kerja Sama Digital appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengawali kunjungan kerjanya ke Riyadh, Arab Saudi, Rabu (03/07/2019. Kunjungan kerja itu dilakukan dalam rangka Penandatanganan MoU kerja sama Pemerintah Indonesia-Arab Saudi untuk memperkuat ekonomi digital dua negara.

Kerja sama ini akan turut mendorong visi yang Indonesia untuk menjadi Energi Digital Asia tahun depan. Sekaligus menguatkan dukungan Indonesia pada pencapaian Visi 2030 Arab Saudi yang terus memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak, ujar Rudiantara.

Kerja sama itu, ditambahkan Rudiantara dapat mendorong terjadinya investasi Arab Saudi pada sektor digital, untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

Manfaat lain dari kolaborasi digital ini juga dalam pertukaran informasi, pengalaman, dan pengetahuan oleh ahli; dan Indonesia dapat melakukan penetrasi terhadap produk atau teknologi digital ke Arab Saudi.

“Kominfo akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama selama 5 tahun ke depan,” tutur Rudiantara dalam siaran pers Kemkominfo.

Inisiasi kerja sama sendiri telah dilakukan sejak pertemuan G20 Meeting di Dussedorf, Jerman pada tahun 2017 dan terus dibahas dalam sejumlah pertemuan. Pengalaman Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri digital yang ditandai dengan munculnya empat unicorn menarik perhatian Arab Saudi.

“Pengembangan kerja sama akan melibatkan dua unicorn Indonesia, Traveloka dan Tokopedia. Mereka secara khusus datang untuk berbagi pengalaman secara langsung dengan pemerintah Arab Saudi,” tambah Rudiantara.

Selain penandatangan MoU kerja sama, sejumlah pertemuan juga dilakukan untuk membahas rencana kolaborasi digital. Di antaranya tentang Umrah Digital Enterprise, pengembangan 1.000 Inovasi Digital, serta pembentukan Satgas Digital.

Dalam waktu dekat, NextICorn juga akan melakukan roadshow ke Arab Saudi dengan membawa sejumlah startup Indonesia yang paling berpotensi untuk mendapatkan investasi.

Selama di Riyadh, Menteri Rudiantara dijadwalkan melakukan kunjungan ke The King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan MiSK Foundation. Kunjungan dilakukan untuk bertukar pengalaman dan informasi tentang pengembangan ekonomi digital dua negara.

Dalam kunjungan kali ini, turut mendampingi Menkominfo, Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital Lis Sutjiati, dan Staf Khusus Bidang Hukum dan Regulasi Strategis, Danrivanto Budhijanto. Hadir pula perwakilan Traveloka dan Tokopedia.*

The post Indonesia-Arab Saudi Jajaki Kerja Sama Digital appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
167100
Studi: Samudra-samudra Dunia Menghangat Lebih Cepat http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2019/01/11/158051/studi-samudra-samudra-dunia-menghangat-lebih-cepat.html Fri, 11 Jan 2019 01:05:56 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=158051

2018 disebut akan menjadi tahun dengan panas permukaan tertinggi keempat dalam sejarah pada permukaan.

The post Studi: Samudra-samudra Dunia Menghangat Lebih Cepat appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Laju penghangatan samudra-samudra dunia semakin cepat sementara pemanasan global mengancam beragam kehidupan laut dan pasokan pangan utama bagi planet bumi menurut hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Amerika Serikat, Science.

Hasil studi pimpinan the Chinese Academy of Sciences itu menepis laporan-laporan sebelumnya yang menyebut adanya jeda pemanasan global dalam beberapa tahun terakhir.

Teknologi terkini menunjukkan bahwa hiatus semacam itu tidak pernah ada, meningkatkan kekhawatiran baru mengenai laju perubahan iklim dan efeknya ke penyangga utama planet ini: samudra.

“Penghangatan samudra merupakan indikator perubahan iklim yang sangat penting, dan kami punya bukti kuat bahwa ini menghangat lebih cepat dari yang kita perkirakan,” kata Zeke Hausfather, salah satu penulis studi dari Kelompok Energi dan Sumber Daya di University of California, Berkeley.

Sekitar 93 persen ekses panas –yang terperangkap di sekeliling Bumi oleh gas-gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil– terkumpul di samudra-samudra dunia.

“Sinyal pemanasan global jauh lebih mudah dideteksi kalau ada perubahan di samudra ketimbang di permukaan,” kata Hausfather.

Ia mengatakan, 2018 akan menjadi tahun dengan panas permukaan tertinggi keempat dalam sejarah pada permukaan, dan hampir pasti menjadi yang terpanas dalam sejarah samudra, seperti tahun 2017 dan 2016.

Hasil analisis yang baru menunjukkan laju penghangatan dalam samudra sejalan dengan pengukuran peningkatan temperatur udara. Dan kalau tidak ada yang dilakukan untuk mengurangi gas rumah kaca, “model memprediksi temperatur 2.000 meter bagian teratas samudra-samudra dunia akan naik 0,78 derajat celsius pada akhir abad ini”.

Ekspansi thermal –peningkatan volume air saat menghangat– akan menaikkan permukaan air laut hingga 12 inchi atau 30 centimeter, di atas peningkatan muka air laut akibat mencairnya gletser dan lapisan es.

Laporan terkini bersandar pada empat studi yang dipublikasikan antara tahun 2014 dan 2017, yang memberikan estimasi lebih akurat mengenai tren penghangatan samudra, memungkinkan para ilmuwan memperbarui riset dan menajamkan prediksi untuk masa depan.

Satu faktor kunci dalam capaian akurasi tersebut adalah armada monitoring samudra yang disebut Argo, yang mencakup hampir 4.000 robot apung yang “mengambang di berbagai penjuru samudra dunia, dan setiap beberapa hari menyelam ke kedalaman 2.000 meter dan mengukur temperatur, pH, salinitas dan informasi lain di samudra,” menurut laporan yang dikutip kantor berita AFP lansir Antaranews.com, Jumat (11/01/2019).

Argo menurut laporan itu “telah memberikan data konsisten dan luas mengenai penghangatan samudra sejak pertengahan tahun 2000”.*

The post Studi: Samudra-samudra Dunia Menghangat Lebih Cepat appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
158051
Studi: Diet Mediterania Dapat Menunda Penyakit Alzheimer http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/11/08/154331/studi-diet-mediterania-dapat-menunda-penyakit-alzheimer.html Thu, 08 Nov 2018 06:23:39 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=154331

Diet mediterania ini adalah diet yang kaya akan kandungan sayuran, buah, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun

The post Studi: Diet Mediterania Dapat Menunda Penyakit Alzheimer appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Menerapkan diet Mediterania dapat menunda perkembangan penyakit Alzheimer selama beberapa tahun, kantor berita China Xinhua mengutip temuan penelitian baru-baru ini di Australia.

Menurut pernyataan Edith Cowan University tentang penemuan pada hari Selasa (6 November), individu yang mempraktekkan diet ini secara teratur menunjukkan bahwa konsentrasi asam amino dari akumulasi peptida asam amino (Aβ) di otak lebih lambat.

Pernyataan itu mengatakan pembentukan Aβ dikaitkan dengan perkembangan Alzheimer, sejenis penyakit neuron-degeneratif kronis di balik sebagian besar kasus demensia.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa diet Mediterania melibatkan asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan dan minyak zaitun yang banyak dapat menunda gangguan kognitif.

“Kami menemukan bahwa hanya berlatih diet Mediterania selama tiga tahun akan dapat mengurangi pembentukan Aβ hingga 60 persen,” kata peneliti utama Universitas, Dr. Stephanie Rainey-Smith.

Baca:  Delima Turunkan Risiko Penyakit Alzheimer

“Ini memberitahu kita bahwa praktek diet Mediterania berpotensi menunda perkembangan gejala penyakit Alzheimer selama beberapa tahun.”

Asupan buah adalah yang paling banyak dikaitkan dengan pengurangan pembentukan peptida, menurut temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Medis Translational Psychiatry.

Baca:  5 Langkah untuk Hindari Terkena Alzheimer

“Meskipun semua aspek dari diet Mediterania tampaknya penting untuk mengurangi risiko Alzheimer, dalam penelitian kami, asupan buah adalah manfaat maksimal,” kata Dr Rainey-Smith yang mendesak masyarakat untuk mempraktekkan diet penuh Mediterania daripada makan buah-buahan untuk mendapatkan manfaat. paling banyak.

Sebagaimana diketahui, diet mediterania ini adalah diet yang kaya akan kandungan sayuran, buah, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu, menu diet Mediterania ini juga berisi ayam dan daging, juga ada sedikit daging merah dan lemak tak jenuh yang berasal dari minyak zaitun dan kacang-kacangan.*

The post Studi: Diet Mediterania Dapat Menunda Penyakit Alzheimer appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
154331
Pertarungan Pilpres 2019 Berbasis Big Data http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/09/26/151277/pertarungan-pilpres-2019-berbasis-big-data.html Wed, 26 Sep 2018 08:09:03 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=151277

“Reach #2019GantiPresiden awal September saja sudah menjangkau 600 juta akun sosial media."

The post Pertarungan Pilpres 2019 Berbasis Big Data appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Pilpres 2019 akan menjadi ajang pertarungan memperebutkan pemilih milenial. Akan terjadi pertarungan strategi komunikasi melalui sosial media berbasis big data.

“Oleh karena itu, pemanfaatan strategi komunikasi melalui sosial media berbasis big data akan sangat jauh lebih efektif  dan optimal selain strategi komunikasi konvensional,” kata Mardani Ali Sera, Wakil Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi, dalam rilisnya kepada hidayatullah.com Jakarta, Rabu (26/09/2018).

Pria kelahiran tanah Betawi tersebut mencontohkan betapa efektifnya pemanfaatan kampanye berbasis big data.

“Pilpres AS tahun 2016 misalnya, Donald Trump menyewa jasa Cambridge Analitical yang berhasil mengalahkan Hillary Clinton karena memanfaatkan kebocoran data 50 juta pengguna Facebook dan melakukan micro campaign,” tuturnya.

Selanjutnya, Politisi PKS ini mengatakan efektifnya pemanfaatan kampanye berbasis big data juga terjadi di Britania Raya.

“Kisah kemenangan Kubu Pro Brexit dalam referendum tahun 2016 dimana Boris Johnson memanfaatkan isu yang sangat spesifik tentang Curry House (Rumah Kari). Setidaknya ada 600 ribu pemilih berlatar belakang IPB (India, Pakistan, dan Bangladesh),” lanjut Mardani.

Lebih jauh, inisiator gerakan #2019GantiPresiden ini mengatakan, di Indonesia pemanfaatan big data sudah mulai dilakukan saat Pilkada DKI 2017 lalu.

“Kampanye melaui sosial media kian dirasakan pengaruhnya sejak liberalisasi di sektor komunikasi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana bisa viral dan kokohnya tagar #2019GantiPresiden menjadi sebuah contoh lain betapa powerfull-nya peranan media sosial, dari sebuah seruan melalui media sosial dapat berubah menjadi sosial movement hampir di seluruh daerah di Indonesia dan juga beberapa negara lain.

Reach #2019GantiPresiden awal September saja sudah menjangkau 600 juta akun sosial media,” kata Mardani.

Sadar akan hal itu, Mardani mengatakan, Tim Kampanye Nasional Prabowo-Sandi dengan kesadaran akan mengoptimalkan strategi komunikasi melalui sosial media berbasis big data untuk menjangkau pemilih dengan cerdas dan kokoh menyasar segmen dengan peta yang jelas.

“Kita yakin dengan izin Allah #2019GantiPresiden,” pungkasnya.

Disebutkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social yang bekerja sama dengan Hootsuite, menyebutkan bahwa ada 130 juta orang Indonesia yang terbilang aktif di media sosial (medsos).

Laporan We Are Social mengungkapkan bahwa total populasi Indonesia mencapai 265,4 juta jiwa, sedangkan pengguna internetnya setengah dari populasi, yakni sebesar 132,7 juta.

Bila dilihat dari jumlah pengguna internetnya, maka bisa dibilang seluruh pengguna internet di Indonesia sudah mengakses medsos. We Are Social mengatakan 132,7 juta pengguna internet, 130 juta di antaranya pengguna aktif di medsos dengan penetrasi 49%.

Sedangkan dari jumlah perangkat, We Are Social mengatakan unique mobile users menyentuh angka 177,9 juta dengan penetrasi 67%.

Fakta lainnya, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu untuk berselancar di internet dengan berbagai perangkat hingga delapan jam 51 menit. Sementara, rata-rata berkecimpung di medsos dengan berbagai perangkat hingga tiga jam 23 menit.

Mengenai kecepatan koneksi internet, We Are Social mengatakan rata-rata kecepatan untuk fixed broadband mencapai 13,79 Mbps dan rata-rata kecepatan untuk mobile broadband mencapai 9,82 Mbps.

Platform medsos yang paling digandrungi oleh orang Indonesia, di antaranya YouTube 43%, Facebook 41%, WhatsApp 40%, Instagram 38%, Line 33%, BBM 28%, Twitter 27%, Google+ 25%, FB Messenger 24%, LinkedIn 16%, Skype 15%, dan WeChat 14%.*

The post Pertarungan Pilpres 2019 Berbasis Big Data appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
151277
Studi: Tak Ada Ukuran ” Aman” bagi Minuman Keras http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/08/28/149648/studi-tak-ada-ukuran-aman-bagi-minuman-keras.html Tue, 28 Aug 2018 05:33:18 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149648

Hidayatullah.com–Penelitian tentang minuman alkohol (minuman keras) yang dilakukan di 195 negara menunjukkan angka 2,8 juta kematian prematur di seluruh dunia […]

The post Studi: Tak Ada Ukuran ” Aman” bagi Minuman Keras appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Penelitian tentang minuman alkohol (minuman keras) yang dilakukan di 195 negara menunjukkan angka 2,8 juta kematian prematur di seluruh dunia setiap tahunnya. Penelitian membuktikan tidak ada angka aman bagi alkohol, kutip DW.

“Tidak ada takaran alkohol yang aman,” ujar Max Griswold, peneliti di Institute for Health Metrics and Evaluation di Seattle, Washington dan penulis utama konsorsium riset yang terdiri dari lebih dari 500 ahli.

Padahal penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jika hanya minum sedikit alkohol, itu bisa mengurangi penyakit jantung. Studi baru ini mematahkan studi sebelumnya.

“Efek perlindungan alkohol seimbang dengan risikonya,” demikian penjelasan Griswold kepada AFP dalam meringkas hasil studinya, yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet.

“Secara keseluruhan, risiko kesehatan yang terkait dengan alkohol meningkat sejalan dengan jumlah yang dikonsumsi setiap hari.”

Baca: Riset GeNAM: 14 Juta Remaja Indonesia Pernah Konsumsi Miras 

Peneliti memperkirakan satu gelas sehari meningkatkan risiko semakin berkembangnya penyakit sebesar 0,5 persen. Rata-rata dua minuman per hari, risikonya melesat hingga 7 persen.

“Itu adalah kematian yang seharusnya bisa dihindari,” kata penulis senior Emmanuela Gakidou, seorang profesor di Universitas Washington dan seorang direktur di Lembaga Metrik dan Evaluasi Kesehatan kepada AFP.

“Selalu ada jeda antara penerbitan bukti baru dan modifikasi serta adopsi pedoman yang direvisi,” kata Gakidou, yang mengaku “sesekali” ia juga minum akhokol.

“Bukti menunjukkan apa yang ditunjukkan dari bukti tersebut, dan saya – seperti 2,4 miliar orang lain di planet ini yang juga mengonsumsi alkohol – perlu menanggapinya dengan serius,”  tambahnya.

Baca: Riset: Miras Pemicu Remaja Jadi Pembunuh

Risiko alkohol

Minum alkohol menjadi faktor risiko utama ketujuh dalam kasus  kematian dini dan penyakit pada tahun 2016. Terhitung lebih dari dua persen kematian pada perempuan dan hampir tujuh persen pada pria disebabkan oleh alkohol.

Enam faktor pembunuh teratas adalah tekanan darah tinggi, merokok, berat badan rendah saat lahir dan kelahiran prematur, gula darah tinggi (diabetes), obesitas dan polusi.

Tetapi pada kelompok usia 15-49 tahun, alkohol muncul sebagai faktor yang paling mematikan dan bertanggung jawab atas lebih dari 12 persen kematian di antara para pria, demikian temuan studi tersebut .

Penyebab utama kematian terkait alkohol dalam kelompok usia ini adalah tuberkulosis, cedera di jalan dan “menyakiti diri sendiri”, terutama bunuh diri.

Profesor Robyn Burton dari King’s College London, yang tidak ambil bagian dalam studi itu, menggambarkannya sebagai “perkiraan paling komprehensif dari beban global penggunaan alkohol hingga saat ini.”

Baca: Setahun Penerapan Peraturan Alkohol Kekerasan di Sidney Turun

Memicu Penyakit

Hasil riset terbaru WHO tunjukkan fakta, konsumsi di atas 15 liter alkohol murni per tahun, memicu munculnya lebih 200 penyakit kronis diantarnya kanker dan sirosis hati. Setiap tahunnya lebih 3,3 juta orang meninggal sebagai dampak konsumsi minuman beralkohol berlebihan. Juara menenggak alkohol sedunia adalah warga Belarusia (17,5 liter) dan Rusia (15,1 liter) biasanya berupa minuman keras vodka.

Paling banyak di Denmark

Di antara pria, peminum alkohol pada tahun 2016 paling banyak tersebar di Denmark (97 persen), diikuti oleh Norwegia, Argentina, Jerman, dan Polandia (94 persen).

Di Asia, pria Korea Selatan memimpin, dengan 91 persen minum akohol paling tidak sesekali.

Di antara perempuan, Denmark juga menempati peringkat pertama (95 persen), diikuti oleh Norwegia (91 persen), Jerman dan Argentina (90 persen), dan Selandia Baru (89 persen).*

The post Studi: Tak Ada Ukuran ” Aman” bagi Minuman Keras appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149648
Perlu Mengubah Pola Pikir Hadapi ‘Kepungan’ Potensi Gempa http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/08/07/147945/perlu-mengubah-pola-pikir-hadapi-kepungan-potensi-gempa.html Tue, 07 Aug 2018 11:25:21 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=147945

"Bagaimana mungkin negara yang dikepung gempa dan gunung api seperti tak peduli."

The post Perlu Mengubah Pola Pikir Hadapi ‘Kepungan’ Potensi Gempa appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Kapus Puslit Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) periode 2001-2006, Hery Harjono, menilai, pola pikir dalam menghadapi ‘kepungan’ potensi gempa semestinya diubah.

Selama ini riset-riset gempa tak banyak beranjak. Kalaupun ada riset, itu tidak menjadi fokus utama institusi. Kalau pun ada, itu atas usaha para peneliti dengan menggalang kerja sama dg mitra luar negeri.

“Bagaimana mungkin negara yang dikepung gempa dan gunung api seperti tak peduli. Kita baru terkejut kalau bencana itu datang,” ungkapnya dalam rilisnya diterima hidayatullah.com Jakarta (06/08/2018).

Pemerintah harus melakukan riset geologi laut. Tujuannya, agar bisa mengetahui potensi tsunami jika terjadi gempa. Selain itu, perlu dibuat jaringan seismograph bawah laut.

Baca: Gempa NTB, Jumlah Korban Terus Bertambah

Sepekan ini Indonesia dikejutkan oleh dua gempa yang menghantam Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, khususnya Lombok Utara. Menurut Hery, dari sisi geologi, pada dasarnya tidak ada yang aneh dari dua gempa hampir berurutan ini.

Deputi Kepala LIPI Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian 2006-2011 ini memaparkan, pada tahun 1979, Lombok dan Bali Utara digoncang gempa bahkan saat itu diikuti tsunami. Tahun 1992, gempa dan tsunami dahsyat menghantam Flores.

“Kenapa gempa muncul di sana? Kalau kita cermati, di utara Flores hingga Lombok terdapat patahan atau sesar yang memanjang sejak dari Flores hingga Lombok. Patahan ini sebagai respons terhadap desakan Kontinen Australia,” jelasnya.

Patahan yang disebut Flores Thrust (Patahan Naik Flores) ini berada di bawah laut. Kenampakannya dari rekaman seismik refleksi (alat untuk melihat anatomi kerak bumi) sangat jelas. Dari ujung timur Laut Flores, tampak dasar laut terpatahkan, dimana bagian utara menyusup ke bawah.

Baca: Gempa Guncang NTB Lagi, DPR: Kita Perlu Muhasabah

Patahan itu dapat diikuti dengan jelas hingga Lombok. Di utara Bali, deformasi melemah atau tidak sekuat di bagian Lombok.

“Kebetulan pada tahun 1981saya ikut Ekspedisi Marine Geology – Rama 12 yang memetakan patahan ini. Ekspedisi dengan menggunakan kapal riset R/V Thomas Washington ini dipimpin oleh Prof. Eli Silver dari University of California Santa Cruz,” ungkapnya.

Masih penjelasannya, data gempa, baik lokasi gempa maupun focal mechanism (mekanisme pusat gempa) kedua gempa jelas berhubungan dengan keberadaan Flores Thrust.

Lantas apa yang penting (harus) dilakukan?

“Sejatinya baru Sumatera yang kita ketahui tentang kegempaannya. Selebihnya tak banyak kita ketahui. Jawa pun hanya sedikit yang kita ketahui. Saya kira kita perlu mempelajari deformasi yang terjadi di sepanjang Flores Thrust,” ujarnya.

Baca: Runtuhnya ‘Giri Suci’ di Rinjani

Masalahnya, kata Hery, letaknya ada di bawah laut. Apa boleh buat. “Kita perlu memetakan patahan itu lebih detil.”

Untuk itu, perlu membuat jaringan (temporary) OBS (Ocean Bottom Seismograph) guna memetakan pola gempa, dan tentu saja kapal riset untuk memetakan anatomi patahan.

“Studi deformasi dengan menggunakan GPS amat perlu. Kita beruntung ada beberapa pulau di utara NTB dan NTT yang memungkin kita menempatkan GPS,” terangnya.*

The post Perlu Mengubah Pola Pikir Hadapi ‘Kepungan’ Potensi Gempa appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
147945
Facebook Alami Kerugian Lebih dari Rp 217 Triliun dalam Semalam http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/07/27/147002/facebook-alami-kerugian-lebih-dari-rp-217-triliun-dalam-semalam.html Fri, 27 Jul 2018 15:40:08 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=147002

Facebook  juga harus berurusan dengan akun palsu, halaman dan grup di jaringannya, terutama pada saat pemilihan presiden 2016 di AS

The post Facebook Alami Kerugian Lebih dari Rp 217 Triliun dalam Semalam appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatulllah.com-Beriringan dengan saham Facebook  yang anjlok hingga 19 persen dan mengikis kapitalisasi pasar hingga 119 miliar dollar AS, kekayaan CEO Facebook Mark Zuckerberg pun turut tergerus hingga 15 miliar dollar AS atau sekitar Rp 217,5 triliun (kurs Rp 14.500 per dollar AS).

Sebelum harga saham Facebook  anjlok habis-habisan, Zuckerberg merupakan orang kelima terkaya di Amerika pad atahun 2018, degan jumlah pendapatan 71 miliar dollar AS berdasarkan data dari Forbes Billionaires List. Per hari Kamis (26/07/2018), kekayaannya turun menjadi sekitar 55,9 miliar dollar AS.

Ini akan membuat Zuckerberg terdepan dari daftar 10 orang terkaya di Amerika, dan berada pada posisi 11, di bawah co-founder Oracle Larry Elison.

  Baca: Pahami Sejarahmu: Google Sudah jadi Kontraktor Intelijen Sejak Awal

Sebagai informasi, sebelum laporan penghasilan kuartal II tahun 2018 ini, harga saham Facebook sempat menyentuh rekor tertingginya yakni 217,5 dollar AS per lembar saham.

Namun angka ini pun menyusut menjadi 172 dollar AS per lembar saham. Hal ini disebabkan, pengguna Facebook hanya tumbuh sekitar 1,54 persen pengguna secara bulanan, padahal pada kuartal sebelumnya pengguna Facebook tumbuh hingga 3,42 persen setiap bulannya.

Penjualan tumbuh menjadi 13,2 miliar dollar AS pada kuartal kedua dibandingkan dengan 9,3 miliar dollar AS setahun yang lalu. Perusahaan ini melaporkan laba 5,1 miliar dollar AS, atau 1,74 dollar AS per saham, dibandingkan dengan estimasi rata-rata 5,1 miliar dollar AS dan 1,72 dollar AS per saham di antara riset yang dikumpulkan oleh Thomson Reuters.

Baca: Inilah Semua Data Pribadi Anda yang Disimpan Facebook dan Google 

Facebook  juga harus berurusan dengan akun palsu, halaman dan grup di jaringannya, terutama pada saat pemilihan presiden 2016 di AS.

“Selama 18 bulan ke depan, ada pemilihan penting di luar AS di Brasil, India, dan Uni Eropa. Ini semua akan menjadi ujian nyata untuk Facebook,” kata Zuckerberg.

Zuckerberg, miliarder termuda di dunia, juga melihat kekayaannya menurun sekitar USD16 miliar menjadi sekitar USD67 miliar.*

The post Facebook Alami Kerugian Lebih dari Rp 217 Triliun dalam Semalam appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
147002
Uni Eropa Denda Google Sebesar 5 Miliar USD http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/07/18/146310/uni-eropa-denda-google-sebesar-5-miliar-usd.html Wed, 18 Jul 2018 15:49:56 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=146310

Uni Eropa mengenakan denda besar pada Google karena monopoli sistem telepon seluler Android-nya

The post Uni Eropa Denda Google Sebesar 5 Miliar USD appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Setelah penyelidikan tiga tahun, hari Rabu (18/07/2018) Uni Eropa menjatuhkan denda $ 5 miliar pada Google  karena melanggar aturan persaingan blok itu dengan sistem operasi Android-nya.

Perusahaan ini dituduh menyalahgunakan posisi dominannya di pasar lewat koneksi dengan pembuat ponsel seperti Samsung (Korea Selatan) dan Huawei (China), sehingga menghalangi saingan dan menghambat persaingan. Perusahaan ini diberi waktu 90 hari untuk mengakhiri praktik tersebut atau terancam dijatuhkan lebih banyak denda.

Komisi Eropa telah lama mengeluh bahwa Google  mengharuskan produsen untuk menginstal mesin pencari dan browser Google Chrome di ponsel dan mengatur Google Search sebagai default, sebagai syarat pemberian lisensi beberapa aplikasi Google seperti Google Play.

Baca: Inilah Semua Data Pribadi Anda yang Disimpan Facebook dan Google

Perusahaan arsitektur dan desain Snarkitecture yang berbasis di New York City menampilkan instalasi ini di gedung administrasi Milan. Insprirasinya dari gletser dan elemen-elemen alam lain yang dan menggabungkan uap, es dan air.

“Hari ini Komisi telah memutuskan untuk memberikan Google  denda sebesar € 4,34 miliar (US$ 5 miliar -Red) karena melanggar peraturan antimonopoli Uni Eropa,” ujar Komisaris Persaingan UE Margrethe Vestager pada konferensi pers di Brussel. “Google telah terlibat dalam praktik ilegal untuk memperkuat posisi pasarnya yang dominan dalam pencarian internet,” ujarnya kutip Deutsche Welle.

  Baca: Facebook Mengaku Amerika Minta Data Penggunanya

Menurut aturan Uni Eropa, Google dapat didenda hingga 10 persen dari pendapatan tahunan perusahaan induk Alphabet, yang mencapai US$ 110,9 miliar pada tahun 2017.

Vestager telah sangat vokal dan menargetkan serangkaian raksasa Silicon Valley seperti Apple dan Amazon dalam empat tahun jabatannya sebagai Komisaris Persaingan Uni Eropa. Ia mendapat pujian di Eropa tetapi membuat marah Washington.

Android adalah sistem operasi ponsel paling banyak digunakan di dunia dan beroperasi pada sekitar 80 persen perangkat seluler di seluruh dunia. Perangkat lunak open-source disediakan untuk produsen secara gratis, sementara Google memperoleh pendapatan dari iklan yang ditampilkan di aplikasinya, dikutip Reuters.*

The post Uni Eropa Denda Google Sebesar 5 Miliar USD appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
146310
Hamas Retas Anggota Tentara ‘Israel’ dengan Aplikasi Jodoh dan Piala Dunia http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2018/07/07/145516/hamas-retas-anggota-tentara-isrel-dengan-aplikasi-jodoh-dan-piala-dunia.html Sat, 07 Jul 2018 16:10:05 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=145516

Tahun 2014, surat kabar ‘Isrel’ Maariv mengabarkan serangan hacker terhadap sejumlah layanan keamanan dan badan intelijen ‘‘Isrel’’ “Mossad”

The post Hamas Retas Anggota Tentara ‘Israel’ dengan Aplikasi Jodoh dan Piala Dunia appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Harakah al-Muqawamah al-Islamiyah (Gerakan Perlawanan Islam) berhasil mendapatkan informasi sensitif mengenai militer dan beberapa pos-posnya di sekitar jalur Gaza dengan cara meretas handphone tentara ‘Isrel’.

Aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan Hamas menanam software berbahaya mereka kendalikan,yang memungkinkan mujahidin di Gaza mengakses gambar, nomer telepon dan alamat email para tentara penjajah yang ditempatkan dekat dengan perbatasan, dan bahkan memungkinkan kelompok pejuang pembebasan Palestina dan Masjid Al-Aqsha ini mengendalikan kamera dan microphone dari jarak jauh, tulis koran ‘Isrel’, Ha’aretz.

Dalam beberapa kasus, Hamas bisa merekam apa yang sedang terjadi di markas Pasukan Pertahanan ‘Isrel’ (IDF) tanpa para tentara sadari kalau telepon genggam mereka sedang diretas.

Dimulai pada Januari 2018, departemen keamanan informasi telah menerima sejumlah komplain dari para tentara dan komandan tentang upaya oleh orang-orang mencurigakan di jaringan sosial yang merekomendasikan mereka untuk mendownload aplikasi di Google Play Store resmi. Tentara yang mendownload aplikasi tersebut segera memberi Hamas semua akses pada informasi di telepon mereka.

Salah satu aplikasi yang digunakan Hamas ialah aplikasi jodoh dan aplikasi “Golden Cup,” yang menyediakan informasi langsung mengenai Piala Dunia tahun ini.

Baca: Media Zionis: Hamas Menang dalam Perang Elektronik 

Militer penjajah mulai memeriksa aplikasi-aplikasi itu dan segera menyadari bahwa Hamas berada dibalik itu, dan kelompok mujahidin telah mengoperasikan profil-profil Facebook palsu untuk membangun kepercayaan para tentara sejak 2017 agar mereka mendownload aplikasi itu.

Operasi oleh unit yang bertanggungjawab atas keamanan informasi dijuluki “Operasi Patah Hati.”

Hamas juga menggunakan aplikasi kebugaran untuk mengidentifikasi nomer telepon para tentara yang melakukan jogging di dekat perbatasan Gaza.

Beberapa menit setelah Hamas mendapatkan nomer telepon ini, mereka mulai mengirimkan permintaan untuk mendownload aplikasi “Kuda Trojan” mereka.

Meskipun kebocoran itu ditemukan relatif cepat, hanya beberapa minggu setelah kelompok mujahidin itu mulai meretas telepon genggam para tentara penjajah, Hamas masih berhasil mengumpulkan informasi jumlah markas ‘Isrel’ dan kendaraan bersenjata di markas tersebut.

Baca: Pakar Cyber Zionis Sibuk Hadang Serangan Hacker

Dalam beberapa tahun terakhir, pejuang Hamas telah melakukan upaya besar di area siber hacking dan pengumpulan informasi militer dan informasi para tentara, narasumber di sektor keamanan siber mengatakan.

Serangan terbaru terhadap smartphone itu, yang menggunakan aplikasi resmi di Google Play Store, profil-profil sosial media membuktikan kemampuan Hamas dalam meningkatkan taktiknya. Beberapa orang di industri tersebut menyebut Hamas sebagai organisasi non-negara paling maju di bidang keamanan siber.

“Hari ini, dengan beberapa puluh dollar, memungkinkan mempekerjakan para hacker dari negara-negara Eropa Timur dan Asia yang dapat melakukan serangan siber di tingkat yang sangat tinggi,” kata Nitzan Ziv, Wakil Presiden Keamanan Siber di Check Point.

“Sebuah organisasi yang ingin menyerang ‘Isrel’ dan memiliki informasi relevan tentang para tentara dapat melakukannya secara mandiri dan dapat beralih ke orang-orang di negara yang sama. Kami mengetahui bagaimana mengatakan dengan pasti hari ini bahwa hal ini sedang terjadi,” tambah Ziv.

Sebelum ini, tahun 2014, surat kabar ‘Isrel’ Maariv mengabarkan serangan hacker terhadap sejumlah layanan keamanan dan badan intelijen ‘‘Isrel’’ “Mossad” terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Surat kabar tersebut menyatakan bahwa serangan dilakukan oleh hacker Palestina dengan mengirimkan email yang berisi virus komputer yang apabila dibuka akan menyebabkan kerusakan komputer dan hancurnya data dan informasi yang disimpan didalamnya.**/Nashirul Haq AR

The post Hamas Retas Anggota Tentara ‘Israel’ dengan Aplikasi Jodoh dan Piala Dunia appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
145516