Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Iptekes

Studi Baru: Minum Kopi Tiga Kali Sehari Bisa Kurangi Stroke dan Jantung

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebuah studi baru menunjukkan risiko kematian akibat penyakit jantung dapat dikurangi hingga 17 persen jika individu minum hingga tiga cangkir kopi sehari, lapor MailOnline. Sekelompok peneliti dari University of Semmelweis, Budapest sampai pada kesimpulan sebagai hasil studi tentang hubungan antara kebiasaan minum kopi dan serangan jantung dan stroke.

Mereka menemukan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko stroke sebesar 21 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya sama sekali. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari UK Biobank yang merupakan basis data berskala besar yang berisi informasi genetik dan kesehatan terperinci dari setengah juta peserta.

“Ini adalah studi terbesar yang secara sistematis menilai efek kardiovaskular dari konsumsi kopi secara teratur pada populasi yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung,” katanya. “Konsumsi setengah hingga tiga cangkir kopi per hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, kematian akibat penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat penyakit lain,” kata penulis studi dan ahli jantung, Dr. Judit Simon.

Dalam studi tersebut, Simon dan timnya membandingkan konsumsi kopi dan kebiasaan kesehatan 468.629 orang dewasa selama periode rata-rata 11 tahun. Tim membagi subjek menjadi tiga kelompok berdasarkan asupan kopi harian mereka dengan 22 persen melaporkan bahwa mereka tidak minum kopi secara teratur, 58,4 persen minum setengah hingga tiga cangkir sehari dan 19,5 persen mengonsumsi lebih dari tiga cangkir.

Pada awal penelitian, tidak ada peserta yang memiliki tanda-tanda penyakit jantung selain kelompok peserta yang berusia sekitar 56 tahun. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi moderat hingga tiga cangkir per hari dikaitkan dengan 12 persen pengurangan risiko kematian akibat penyakit lain serta 17 persen karena penyakit kardiovaskular pada khususnya.

Tim juga menemukan bahwa peminum kopi moderat memiliki risiko terkena stroke 21 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Ini Akibat Seseorang Kurang Tidur

Ini Akibat Seseorang Kurang Tidur

WHO: 20 Persen Pria Akan Menderita Kanker Payudara di Tahun 2030

WHO: 20 Persen Pria Akan Menderita Kanker Payudara di Tahun 2030

Sejumlah Universitas Dukung Riset Vaksin Nasional

Sejumlah Universitas Dukung Riset Vaksin Nasional

Gajah Laut Temukan Dapur Es Antartika

Gajah Laut Temukan Dapur Es Antartika

Perusahaan Google, FB dan Twitter Imbau Media Kristen Proaktif

Perusahaan Google, FB dan Twitter Imbau Media Kristen Proaktif

Baca Juga

Berita Lainnya