Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Iptekes

82 Tewas di China, DPR Minta Peran LBM Eijkman Cegah Virus Korona

Anadolu Agency
Korban virus korona di China
Bagikan:

Hidayatullah.com- Anggota Komisi VII DPR RI, yang membidangi masalah energi, lingkungan hidup dan IPTEK, Mulyanto berharap Pemerintah bisa mengoptimalkan peran Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBM Eijkman).

Pengoptimalan itu dilakukan untuk meneliti kasus wabah virus korona secara cepat dan mendalam untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah yang berasal dari Kota Wuhan, China itu.

Mulyanto meminta LBM Eijkman agar lebih aktif meneliti penyebaran virus korona ini. Dari penelitian, diharapkan itu dapat dihasilkan terobosan yang bisa mencegah meluasnya penyebaran virus korona.

“Saat ini masyarakat panik. Perlu ada tindakan nyata dari Pemerintah untuk menenangkan,” sebut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini dalam pernyataannya di Jakarta kepada hidayatullah.com, Selasa (28/01/2020).

Baca: DPR Minta Pemerintah Tinjau Kemungkinan Larang Warga China Masuk RI

Mulyanto menilai, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yaitu melakukan penelitian biologi molekuler dan bioteknologi kedokteran, seharusnya LBM Eijkman bisa berperan lebih banyak dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona.

Menurutnya, kondisi terkait wabah asal China itu sudah sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu ada upaya bersama agar penyebaran virus ini tidak terus meluas.

“Pemerintah harus cepat mengambil keputusan dan jangan meremehkan masalah besar ini,” ujar Mulyanto.

Baca: China, Virus Corona dan Pasukan Gajah!

Ia mengatakan bahwa menghadapi kejadian luar biasa akibat penyebaran virus korona yang telah menelan banyak korban, seharusnya Pemerintah bersikap cepat dan tegas mengambil kebijakan yang diperlukan.

Yaitu katanya dengan melibatkan semua elemen terkait untuk melakukan upaya preventif, agar dampak infeksi virus mematikan tersebut tidak meluas.

Data terbaru dilansir berbagai media pada Selasa (28/01/2020) pagi, virus korona jenis baru sudah menewaskan 82 orang di China dan menginfeksi lebih 2.900 orang lainnya di seluruh dunia.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Bakteri Semakin Kebal terhadap Antibiotik

Bakteri Semakin Kebal terhadap Antibiotik

Game Bisa Cegah Kepikunan

Game Bisa Cegah Kepikunan

Mengapa Dengar Percakapan Telepon Menyebalkan?

Mengapa Dengar Percakapan Telepon Menyebalkan?

Kepala BKKBN: Puasa Senin-Kamis dan Mandi Tengah Malam Bikin Sehat

Kepala BKKBN: Puasa Senin-Kamis dan Mandi Tengah Malam Bikin Sehat

Diet Kaya Likopen Kurangi Risiko Kanker Ginjal

Diet Kaya Likopen Kurangi Risiko Kanker Ginjal

Baca Juga

Berita Lainnya