Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Kesehatan

Anak Usia SD Sudah Bisa Vaksin, Mari Percepat

vaksin anak SD muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Suasana vaksinasi massal Covid-19 untuk ribuan santri di Ponpes Hidayatullah Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (31/08/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com — Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menyambut baik kabar mengenai pemberian izin darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait vaksin Sinovac untuk anak usia Sekolah Dasar (SD) dalam rentang usia 6-11 tahun.

Menurut Dede, adanya izin tersebut setidaknya akan membuat orang tua siswa semakin pede saat melepas anaknya pergi ke sekolah yang lalu pulang tanpa membawa (carrier) virus Corona tersebut.

“Ini langkah yang baik dan harus dilakukan secepat mungkin,” ujar Dede saat ditemui di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (03/11/2021) seperti dikutip dari laman resmi DPR.

Kepada pemerintah pusat Dede meminta agar melakukan percepatan dan pemerataan distribusi vaksin kepada pemerintah daerah. “Karena banyak kabupaten/kota termasuk di Dapil saya yang melaporkan tingkat vaksinasinya baru mencapai 50 persen, karena dropping-nya tidak full. Alhamdulillah, dapat bantuan dari BIN, kepolisian, bahkan tim saya sendiri untuk vaksinasi dalam rangka percepatan,” jelasnya.

Dede juga menegaskan agar pemberian vaksin kepada anak usia SD ini harus terukur dalam rentang berapa bulan. Dalam hitungannya, dengan jumlah total pelajar Indonesia sebanyak 40 juta, di mana 15 juta siswa di antaranya adalah pelajar SD, maka diperkirakan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa vaksinasi seluruhnya.

“Kita jangan hanya gegap-gempita saat opening saja saat pertama kali vaksinasi. Kuncinya ada pada distribusi dan pelaksanaannya sampai kapan ya diperkirakan bisa mencapai 5-6 bulan,” jelas legislator Fraksi Demokrat ini.

Sebelumnya, pada Senin (01/11/2021) lalu, Badan POM resmi memberikan izin darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun. Persetujuan ini diberikan dengan mempertimbangkan keadaan emergency wabah pandemi Covid-19. Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanan vaksin Sinovac, terlebih saat ini sudah adanya pembukaan sekolah tatap muka.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Inilah 60 Menit Reaksi dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Inilah 60 Menit Reaksi dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Manfaat Sirup Wortel untuk Jantung Menurut Ibnul Qoyyim

Manfaat Sirup Wortel untuk Jantung Menurut Ibnul Qoyyim

Sabar, Sebentar Lagi Ada Obat Baru Atasi Kebotakan

Sabar, Sebentar Lagi Ada Obat Baru Atasi Kebotakan

Puluhan Juta Warga Amerika Gemar Pesta Miras

Puluhan Juta Warga Amerika Gemar Pesta Miras

Toilet Bukan Satu-satu Tempat ‘Terkotor’ di Rumah

Toilet Bukan Satu-satu Tempat ‘Terkotor’ di Rumah

Baca Juga

Berita Lainnya