Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Kesehatan

Studi Mememukan Bahan Kimia Berbahaya Ftalat Terdapat dalam Makanan Cepat Saji

Burger
Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebuah studi baru menemukan beberapa hidangan makanan cepat saji mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai ftalat atau phthalates. Flatalat biasanya digunakan dalam plastik untuk membuatnya fleksibel, namun beresiko mengganggu hati, ginjal, paru-paru dan sistem reproduksi.

Menurut Daily Star, tim peneliti dari Milken Institute School of Public Health di George Washington University mempelajari 64 sampel makanan dari enam restoran berbeda di Amerika Serikat (AS) termasuk McDonalds, Burger King, Pizza Hut, dan Domino. Mereka menemukan bahwa 81 persen makanan mengandung Phthalates, sementara 70 persen memiliki bahan kimia tertentu yang terkait dengan masalah kesuburan.

Berdasarkan Gizmodo, tim peneliti juga menemukan bahwa 89 persen makanan yang diteliti mengandung plasticizer non-ftalat. Laporan itu juga menyatakan makanan daging termasuk burger keju dan burrito ayam mengandung bahan kimia tingkat tinggi.

“Kami menemukan ftalat dan pemlastis lainnya tersebar luas dalam makanan siap saji yang ditemukan di rantai restoran cepat saji di AS,” kutip AFP. “Temuan ini secara tidak langsung berarti banyak konsumen yang mengonsumsi makanan dengan bahan kimia yang tidak sehat,” tambahnya.

“Oleh karena itu, kami membutuhkan peraturan yang lebih ketat untuk membantu mencegah bahan kimia berbahaya dalam pasokan makanan,” kata juru bicara tim peneliti.

Menurut laporan tersebut, kemasan plastik yang digunakan untuk menyimpan makanan atau sarung tangan untuk menangani makanan dapat menjadi sumber kontaminasi makanan.*

Rep: Ahmad
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Penelitian: Susu Kambing  Kaya Nutrisi dan Turunkan Kolesterol Jahat

Penelitian: Susu Kambing Kaya Nutrisi dan Turunkan Kolesterol Jahat

Flu Babi Mewabah di Palestina 9 Meninggal Dunia

Flu Babi Mewabah di Palestina 9 Meninggal Dunia

Makan Serangga untuk Perangi Kelaparan dan Obesitas

Makan Serangga untuk Perangi Kelaparan dan Obesitas

Memperhatikan Makanan

Memperhatikan Makanan

Kandungan Pegagan Mampu Tingkatkan Memori Bekas Penderia Stroke

Kandungan Pegagan Mampu Tingkatkan Memori Bekas Penderia Stroke

Baca Juga

Berita Lainnya