Jum'at, 3 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Kesehatan

Terlalu Banyak Makan Daging Kurban, Ditemani 5 Jenis Minuman Ini

minuman pencerna daging
minuman pencerna daging
Bagikan:

Hidayatullah.com—Hari Raya Idul Adha telah berlalu. Pasti banyak dari kita yang menyantap berbagai hidangan berbahan dasar daging kurban dan kambing.

Sayangnya, makan terlalu banyak daging bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan sebaiknya diimbangi dengan asupan makanan sehat lainnya. Ada berbagai cara untuk menyeimbangkan pola makan akibat asupan daging yang berlebihan di musim lebaran kali ini, di antaranya menambahkan sayuran, salad dalam menu makanan.

Namun bagi yang menginginkan perubahan, minuman juga bisa membantu proses ‘mencuci’ tubuh akibat terlalu banyak makan daging.

 

  1. Jus lemon

Jus lemon tidak hanya menyegarkan tetapi kaya akan vitamin C. Kandungannya dapat menetralkan kadar lemak dalam tubuh setelah mengonsumsi daging merah.

  1. Jus mentimun

Mentimun tidak hanya enak sebagai lauk, tetapi juga dibuat jus. Untuk menambah rasa, tambahkan jus lemon dan sedikit gula.

Minuman ini kaya akan antioksidan dan mampu mencegah dehidrasi setelah tubuh bekerja keras mencerna daging. Mentimun juga baik untuk penderita tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

  1. Jus semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dibandingkan buah lainnya. Ini juga bisa menjadi alternatif air dalam tubuh.

Semangka juga kaya akan vitamin C yang membantu mencegah lemak daging terserap dalam tubuh.

  1. Jus nanas

Jika seseorang memiliki masalah pencernaan karena makan daging, cobalah minum jus nanas. Ini bermanfaat dalam memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Nanas juga baik untuk penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Ingin lebih nikmat tambahkan sedikit madu alami dan perasan jeruk lemon atau lemon juice. Sangat lezat!

  1. Air jeruk nipis

Jeruk nipis cukup populer di masyarakat Malaysia dan sebenarnya sangat kaya akan flavonoid yang dapat meminimalisir kolesterol jahat dalam tubuh.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Layanan Eksklusif Rumah Sunatan

Layanan Eksklusif Rumah Sunatan

Diabetes dan Batu Ginjal Terkait

Diabetes dan Batu Ginjal Terkait

Perokok Usia di Bawah 10 Tahun Meningkat 2,5 Persen Per Tahun

Perokok Usia di Bawah 10 Tahun Meningkat 2,5 Persen Per Tahun

BPOM: Air Zamzam Aman Dikonsumsi

BPOM: Air Zamzam Aman Dikonsumsi

mitos rokok

Mematahkan Mitos-mitos Rokok

Baca Juga

Berita Lainnya