Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Kesehatan

Wakil Ketua MPR: Presiden akan Gunakan Vaksin Covid-19 Pertama Kali

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid [TEMPO]
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menilai kesiapan Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama menerima vaksin Covid-19. Menurutnya, ini membuktikan bahwa vaksin Sinovac asal China tersebut aman untuk digunakan.

“Kalau Presiden jadi orang pertama yang bakal menggunakan vaksin, itu luar biasa. Ini menjadi contoh sekaligus mematahkan dugaan bahwa vaksin itu tidak aman. Ternyata Presiden saja menggunakan. Itu artinya vaksin aman untuk dipakai, tidak ada efek samping buktinya Presiden pakai,” ujar Jazilul dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (17/12/2020) sebagaimana dikutip laman Antara News.

Jazil  mendorong agar proses uji klinis dan izin edar terhadap vaksin Covid-19 itu dipercepat sehingga masyarakat memiliki kepastian.  “Itu menjadi harapan ketika ada kepastian kapan vaksin yang sudah sekian lama disimpan ini akan diedarkan. Ini menjadi harapan yang positif sehingga menimbulkan semangat, optimisme publik,” tutur Wakil Ketua Umum DPP PKB itu.

Lantaran jumlah vaksin yang tersedia saat ini masih terbatas, Gus Jazil meminta pemerintah untuk membuat skala prioritas dengan mengacu pada data yang valid. Dia menilai vaksin tersebut harus tepat sasaran.

“Vaksin ini sasarannya harus tepat. Pertama, kepada orang yang rentan. Kedua, bagaimana dengan pemberian vaksin bisa menggerakkan ekonomi dalam satu daerah. Jadi nanti Kementerian Kesehatan bisa menilai mana yang harus segera mendapatkan vaksin,” kata dia.

Terkait penggratisan vaksin seperti disampaikan Jokowi,  Jazil mengatakan bahwa pemerintah harus menghitung dengan jelas berapa biaya yang dibutuhkan.  Namun, karena vaksinasi membutuhkan biaya besar jika diberlakukan secara nasional,  Jazil mengusulkan agar pemberiam vaksin tersebut tidak digratiskan seluruhnya.

Menurut dia, pemberian vaksin terhadap masyarakat dengan ekonomi mampu tidak perlu cuma-cuma. “Karena negara ini kan sedang kekurangan anggaran, sedang krisis sehingga tidak semua harus gratis kalau saya. Apalagi kalau uangnya dari mana itu gratis? Berapa besar yang harus digratiskan? Itu harus dihitung secara transparan,” ucap dia.

Hal terpenting, kata  Jazil, adalah bagaimana pengedaran vaksin bisa dipercepat sehingga kondisi sosial masyarakat bisa segera pulih dan ekonomi kembali bergerak.*

 

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Hidup di London Mengandung Resiko Kesehatan Sama di Zona Terkontaminasi Nuklir?

Hidup di London Mengandung Resiko Kesehatan Sama di Zona Terkontaminasi Nuklir?

Hati-hati, Patah Hati Bisa Sebabkan Serangan Jantung!

Hati-hati, Patah Hati Bisa Sebabkan Serangan Jantung!

Beragam Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui

Beragam Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui

62 Daerah Raih Penghargaan karena Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

62 Daerah Raih Penghargaan karena Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

Muncul Penyakit Mirip Polio di Amerika

Muncul Penyakit Mirip Polio di Amerika

Baca Juga

Berita Lainnya