Sabtu, 29 Januari 2022 / 25 Jumadil Akhir 1443 H

Kesehatan

Studi: 80% Pengidap Covid-19 di Inggris Tidak Menampakkan Gejala Inti Saat Dites

Bagikan:

Hidayatullah.com–Lebih dari 80% orang yang positif dalam survei nasional coronavirus tidak menunjukkan gejala inti dari penyakitnya di hari dia menjalani pemeriksaan, kata para ilmuwan.

Temuan itu menimbulkan kekhawatiran di masa mendatang akan terjadi “penularan diam-diam” di kalangan masyarakat di tempat berisiko tinggi seperti kampus dan tempat bekerja.

Para peneliti di UCL mengatakan 86,1% dari pengidap coronavirus yang dipilih Office of National Statistics Covid-19 untuk mengikuti survei antar April dan Juni tidak menunjukkan gejala utama penyakit ini seperti batuk atau demam, atau kehilangan indera perasa dan penciuman pada hari mereka menjalani tes.

Tiga perempat mereka yang positif sama sekali tidak menunjukkan gejala. Hal itu ditemukan para ilmuwan ketika mereka memeriksa apakah peserta survei juga merasakan ketidaknyamanan lain seperti rasa lelah dan kesulitan bernapas di hari mereka dites coronavirus. 

Tidak seperti tes coronavirus di masyarakat yang fokus pada orang yang menampakkan gejala, survei infeksi ONS secara rutin melakukan tes terhadap puluhan ribu rumahtangga di seluruh Inggris, baik penghuni rumah menampakkan gejala maupun tidak, lapor The Guardian Kamis (8/10/2020).

Sementara mereka yang dites positif dalam survei ONS kemungkinan kemudian mengalami demam, batuk atau gejala lain, Irene Petersen, seorang peneliti dalam survei itu yang juga profesor bidang epidemiologi dan informatika kesehatan, menyakini tingginya risiko “penularan diam-diam” oleh orang yang tidak menyadari jika dirinya sebenarnya sudah terjangkit coronavirus.

Studi itu, yang dipublikasikan di Clinical Epidemiology, menganalisis gejala yang disampaikan oleh lebih dari 36.000 orang yang dites antara bulan April dan Juni.

Hanya 115 yang menunjukkan positif dan dari jumlah itu hanya 27 orang atau 23,5% yang menunjukkan gejala (beragam).

Ketika ilmuwan mempersempit gejalanya menjadi 3 gejala utama Covid-19 yaitu batuk atau demam atau kehilangan indera perasa/penciuman, jumlah orang yang mengaku bergejala turun dari 16 atau 13,9%.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

WHO: 20 Persen Pria Akan Menderita Kanker Payudara di Tahun 2030

WHO: 20 Persen Pria Akan Menderita Kanker Payudara di Tahun 2030

Hamburger Sebabkan Kanker Payudara?

Hamburger Sebabkan Kanker Payudara?

Adab ‘Memanah Sunnah’

Adab ‘Memanah Sunnah’

Menjadi Pelupa? Ini Tip Memperkuat Ingatan

Menjadi Pelupa? Ini Tip Memperkuat Ingatan

Berjalan 6000 Langkah Setiap Hari Kurangi Risiko Osteoarthritis Lutut

Berjalan 6000 Langkah Setiap Hari Kurangi Risiko Osteoarthritis Lutut

Baca Juga

Berita Lainnya