Dompet Dakwah Media

Manfaat Thaharah dalam Pencegahan Penyakit Amat Nyata

Ketika ada orang yang mengingatkan untuk mandi itu artinya Anda harus berterima kasih karena Allah berikan jalan agar Anda senantiasa menjaga kebersihan serta kesehatan diri

Manfaat Thaharah  dalam Pencegahan Penyakit Amat Nyata

Terkait

Hidayatullah.com | ADA  manfaat thaharah  (bersuci) dalam pencegahan penyakit, terlebih saat ini dunia sedang berjuang untuk terlepas dari ancaman virus corona. Berbagai macam risiko penularan penyakit menjadi sangat tinggi terutama pada setiap orang yang lebih dulu mengidap berbagai penyakit seperti diabetes dan paru-paru.

Thaharah  memiliki pengertian bersuci atau membersihkan diri sendiri, pakaian, tempat ibadah, dan lainnya yang menunjang kegiatan beribadah kepada Allah. Contoh thaharah  yang sering dilakukan umat Islam adalah wudhu. Lima kali sehari umat Islam menunaikan wudhu sebelum sholat fardu.

Rutinitas berwudhu tersebut belum termasuk ketika Anda melaksanakan sholat sunnah, seperti contohnya dhuha dan tahajud. Berwudhu bukan hanya memberikan efek yang baik bagi pencegahan penyakit, namun juga Allah SWT memberikan ganjaran pahala yang amat besar bagi pelaksananya.

Peranan atau manfaat nya akan sangat diperlukan di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Empat bulan lebih Indonesia dilanda corona dan kegiatan perekonomian mau tidak mau berlangsung di tengah wabah untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Bekerja dari rumah menjadi anjuran pemerintah, namun nyatanya tidak semua profesi bisa melakukan pekerjaan yang hanya cukup dari rumah. Padahal jika ingin menelisik lebih jauh, manfaat thaharah  dalam pencegahan penyakit sudah nyata dan sangat dianjurkan Islam sedari dulu kala.

Mencegah Penyakit dengan Wudhu

Jauh sebelum wabah corona menyerang, Islam sudah memerintahkan umat-Nya untuk menjaga kebersihan sebagai bentuk keimanan. Salah satu realisasi thaharah  adalah berwudhu yang tidak hanya bernilai ibadah, namun juga menghindarkan ancaman kuman dari beberapa anggota badan, salah satunya mulut.

Setelah corona mewabah, pemerintah gencar meminta masyarakat untuk rajin mencuci tangan dan berhenti menyentuh wajah. Tangan memang menjadi anggota tubuh yang amat rentan terkena virus. Pasalnya, tangan menyentuh banyak benda asing yang bisa saja sudah terkontaminasi dengan virus.

Adapun manfaat thaharah  dalam pencegahan penyakit juga dapat direalisasikan ketika Anda berkumur tatkala berwudhu. Selain tangan, mulut juga menjadi sumber utama penularan virus terhadap tubuh sendiri. Itu kenapa ketika ada makanan dan minuman panas, Anda dilarang meniupnya.

Hidung juga menjadi anggota tubuh yang mesti diperhatikan kebersihannya. Sebagai anggota tubuh yang berperan menghirup serta mengeluarkan udara, hidung rentan menjadi sarang penularan virus. Dalam berwudhu sudah ditetapkan aturan untuk menghirup sebagian air demi membersihkan kotoran.

Masih banyak manfaat thaharah  dalam pencegahan penyakit lainnya. Mandi bisa menghilangkan berbagai noda debu dan keringat pada tubuh. Keduanya menjadi sebab terjangkitnya penyakit. Ketika noda dan keringat hilang, secara otomatis Anda mencegah penularan virus pada diri sendiri dan orang lain.

Macam-macam Thaharah

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus tahu dulu macam-macam thaharah  itu apa saja. Berikut ulasannya:

  1. Wudhu

Wudhu adalah salah satu jenis thaharah  yang paling sering dilakukan dalam satu hari penuh. Untuk melaksanakan sholat fardhu saja terdapat lima kali aktivitas berwudhu yang dilakukan. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang rajin melaksanakan sholat sunnah maka lebih banyak wudhu dilakukan.

  1. Mandi Wajib

Dilaksanakannya mandi wajib untuk mendapatkan manfaat thaharah  dalam pencegahan penyakit dilaksanakan karena berbagai sebab. Pada perempuan, mandi wajib dilakukan selepas haid dan berhubungan badan dengan suami. Sementara laki-laki bisa mandi wajib salah satunya karena mimpi basah.

Kedua jenis thaharah  di atas membantu membersihkan diri secara fisik dari berbagai hadas besar dan membersihkan batin untuk selalu mengimani Allah SWT. Allah menyukai kebersihan dan kebersihan sama dengan sebagian dari iman. Betapa indahnya Islam menjaga kesehatan umat manusia.

Bukan hanya membantu diri membersihkan segala noda dan sterilisasi ancaman virus, thaharah  juga bisa menjadi salah satu jalan mencapai pintu surga. Asalkan semua amalan yang dilakukan memang semata diniatkan untuk beribadah kepada Allah SWT maka Allah akan mencatatnya sebagai amal ibadah.

Ketika ada orang yang mengingatkan untuk mandi itu artinya Anda harus berterima kasih karena Allah berikan jalan agar Anda senantiasa menjaga kebersihan serta kesehatan diri. Manfaat thaharah  dalam pencegahan penyakit akan sangat terasa dampaknya di tengah ancaman wabah corona seperti saat ini.*/Dr. Zuhdy, dokter medis di salah satu puskesmas Sumatera Utara. Selain aktif mengabdi di bidang kesehatan juga sering berbagi informasi kesehatan melalui blog DrZuhdy.com dan Omeprazole

 

Rep: Admin Hidcom

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !