Dompet Dakwah Media

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Pada taraf lebih serius, puasa bisa menjadi salah satu pencegahan terhadap penyakit alzheimer yang biasanya menyerang orang tua

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui
Suara Hidayatullah
[Ilustrasi] Puasa

Terkait

Hidayatullah.com | Terdapat manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan yang dapat dibuktikan secara medis. Beruntunglah Anda yang terbiasa dengan kebiasaan berpuasa sunnah di dua hari tersebut. Di samping pahala, Anda juga mendapatkan kondisi tubuh yang sehat lahir batin.

Pelaksanaan puasa Senin dan Kamis telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah ﷺ semenjak beliau masih hidup di dunia. Berdasarkan hadits riwayat Ahmad dari Abu Hurairah, Rasul ﷺ senang melaksanakan puasa hari Senin serta Kamis karena pada hari itulah amal manusia diajukan kepada Allah.

Pelaksanaan puasa Senin Kamis sama seperti puasa pada umumnya dalam Islam, di mana ada waktu makan sahur dan waktu berbuka ketika azan Magrib. Yang membedakan dengan puasa di bulan Ramadhan adalah hukumnya, puasa Senin Kamis tidak wajib namun ada ganjaran pahala di dalamnya.

Baca juga: Pentingnya Makan Sahur Dengan Benar Untuk Memperoleh Manfaat Puasa

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan adalah menstabilkan kerja lambung selama seharian penuh. Ketika tidak berpuasa, lambung akan terus menggiling makanan yang masuk ke tubuh. Sementara ketika puasa dilaksanakan maka lambung akan dibiarkan beristirahat sejenak.

Saat tubuh terbiasa dengan pola makan di pagi hari dan malam hari, secara tidak langsung Anda mengajarkan tubuh untuk menjadi lebih disiplin. Bukan hanya bernilai ibadah, namun juga kehidupan.

Efek Puasa Sunnah Senin Kamis untuk Kesehatan

Bukan hanya bermanfaat dari segi keislaman, banyak manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan yang dapat diperoleh tubuh, di antaranya:

1. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ vital manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga pola makan. Dengan berpuasa, sama dengan Anda menjaga pola makan untuk menyehatkan jantung.

2. Menjaga Berat Badan

Salah satu penyebab dari berlebihannya bobot tubuh adalah makan terlalu banyak dan jarang menggerakkan tubuh untuk berolahraga. Berpuasa sama dengan Anda mengatur pola makan dari pagi hingga malam hari. Jika pelaksanaannya benar maka berat badan ideal bisa didapatkan.

3. Menjaga Daya Ingat

Berikutnya, manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan adalah memperbaiki kerusakan oksidatif yang menyebabkan ingatan melemah. Pada taraf lebih serius, puasa bisa menjadi salah satu pencegahan terhadap penyakit alzheimer yang biasanya menyerang orang tua.

4. Memperpanjang Usia

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang diperoleh dari berpuasa di hari Senin serta Kamis, dampaknya berpengaruh terhadap semakin besar potensi hidup sehat bagi setiap orang. Semakin baik kondisi tubuh maka dengan izin Allah, umur manusia akan lebih lama.

Keempat hal di atas bisa diatasi dengan sebaik mungkin dengan cara mudah, yakni berpuasa Senin Kamis. Di samping itu masih banyak penyakit yang bisa diatasi alami dengan puasa, di antaranya parkinson, diabetes, penuaan dini, pencegahan terhadap datangnya penyakit kanker, dan banyak lagi.

Puasa Senin Kamis adalah Teladan Rasulullah ﷺ 

Dengan mengetahui berbagai manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan di atas, Anda juga sudah pasti tidak asing dengan manfaat puasa secara Islam. Namun, tidak ada salahnya jika menelaahnya satu per satu sekarang. Secara garis besar, puasa memberikan manfaat dalam pemberian pahala.

Berpuasa di hari Senin dan Kamis membuka pintu surga untuk setiap orang umat Muslim yang melaksanakannya, kecuali orang tersebut sedang berselisih dengan orang lain. Konon, Allah akan menunda pahala orang tersebut hingga keduanya berbaikan. Hal ini tertuang dalam hadits riwayat Muslim.

Bukan hanya memberikan manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan, Allah juga memberikan manfaat keimanan terhadap seseorang yang menjalaninya agar merasakan kedekatan dengan Allah Subhanahu Wata’ala. Meningkatkan catatan amal ibadah seseorang membuat hati sejuk dan pikiran tenang.

Hari Kamis terbilang sebagai hari yang istimewa karena pada hari tersebut Rasulullah ﷺ kerap melakukan perjalanan. Perjalanan yang dilakukan oleh Rasul dikenal sebagai safar, di mana tidak lain setiap langkah yang dijejakan oleh beliau adalah semata diniatkan untuk berdakwah di jalan Allah Subhanahu Wata’ala.

Puasa Senin Kamis sekilas terkesan ringan karena hanya dilaksanakan dua hari dalam sepekan. Padahal, dalam pelaksanaannya tidak semua orang sanggup berpuasa di dua hari tersebut. Bagi Anda yang rajin berpuasa, jangan jadikan manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan sebagai alasan utama, tetap saja niatkan ibadah.*/Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis yang mengabdi di puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Juga aktif dalam berbagi informasi kedokteran dan kesehatan di blog pribadi, DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !