Dompet Dakwah Media

Doa Setelah Shalat untuk Kesehatan Mental

Anda tak perlu repot untuk melakukan yoga, karena shalat juga mendukung Anda untuk kesehatan mental, terutama pada doa.

Doa Setelah Shalat untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi.

Terkait

Hidayatullah.com | Kegiatan berdoa setelah shalat dilakukan untuk mohon ampun, selain itu doa setelah shalat untuk kesehatan mental ternyata belum banyak disadari orang-orang. Banyak yang meneliti kesehatan mental manusia akan membaik jika ia sedang di posisi rileks tanpa beban. Salah satu agar tubuh rileks adalah berdoa. Dengan melakukan doa setelah shalat bisa membuat Anda menjadi sehat.

Masih ragu dan bingung? Ada sebuah fakta yang menyatakan bahwa doa atau meditasi semakin banyak dilakukan maka akan semakin membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik. Kinerja otak serta tubuh lainnya juga merespons dengan baik. Oleh sebab itu, pada olahraga yoga ada meditasi atau berdiam diri untuk membuat rileks otak.

Begitu juga dengan shalat yang diakhiri dengan doa, shalat wajib ada 5 dalam sehari. Anda tak perlu repot untuk melakukan yoga, karena shalat juga mendukung Anda untuk kesehatan mental, terutama pada doa. Doa setelah shalat dilakukan di tempat ibadah yang bersih, sunyi dan segar. Jauh lebih bermanfaat dari mediasi biasa, bukan?

Kesehatan Mental dan Kesehatan Fisik Saling Berhubungan

Dalam penjelasan kami di atas, terlihat jika manfaat doa setelah shalat memang berguna. Dalam berdoa Anda akan mengeluarkan apa saja permohonan, permasalahan, ingatan, sehingga otak bisa berpikir dengan tenang serta bisa beristirahat supaya bisa lebih rileks setelahnya. Hal tersebut berhubungan dengan kesehatan mental.

Kesehatan mental akan terjaga jika sering berdoa. Doa sebagai pembersih pikiran yang ada di otak sehingga setelah berdoa, otak seakan menjadi bersih kembali serta bisa digunakan dalam berpikir jernih. Itulah sebabnya jika Anda sibuk bekerja maka sempatkan waktu 10 menit untuk melaksanakan shalat kemudian berdoa.

Selain bisa membuat Anda menjadi lebih dekat dengan Allah dengan berdoa setelah shalat. Berdoa dan berdzikir setelah shalat membuat hati enjadi damai serta pikiran menjadi tenang. Berdoa tidak hanya dilakukan saat hati sedang putus asa dan sedih. Kapanpun dan di manapun Anda wajib bersyukur dan berdoa agar hati terasa tentram.

Penyakit hati yang sering timbul dan menyebabkan stres diakibatkan karena jarang berdoa dan melakukan shalat. Dengan mendekatkan diri pada Allah maka semua terasa lebih mudah. Sehingga ada kesinambungan antara kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Jika kesehatan mental baik maka kesehatan fisik juga baik.

Jika hal yang sebaliknya terjadi pada Anda maka harusnya Anda mendekatkan diri pada Allah, dengan cara shalat dan berdoa kemudian berdzikir. Masalah seberat apapun akan terasa ringan jika Anda berbagi keluh kesah dengan Allah. Masalah yang berat harus dihadapi juga dengan pikiran yang jernih, untuk menjernihkan pikiran dengan cara berdoa.

Berdoa Membuat Bahagia dan Mencegah Stres

Doa setelah shalat untuk kesehatan mental telah banyak diteliti secara ilmiah. Berdoa bisa menjadikan Anda menjadi pribadi yang tenang dalam menghadapi setiap masalah yang ada. Tak hanya sedang menghadapi masalah saja, dalam kehidupan sehari-hari maka diperlukan pikiran yang tenang agar bisa berpikir secara jernih.

Inilah Manfaat Sujud Bagi Kesehatan, Bukan Ibadah Semata

Menurut penelitian juga orang-orang yang lebih taat dalam shalat serta sering menghadiri acara keagamaan maka hatinya lebih bahagia, dan itu bisa mengeluarkan energi positif terhadap orang-orang di sekitarnya, termasuk keluarganya. Oleh karena itu keluarga yang bahagia timbul dari sikap religius seluruh anggota keluarga.

Mental manusia yang sehat bisa dipancarkan dari perilakunya seperti sering tersenyum, mudah menyelesaikan masalah tanpa emosi, dapat berpikir tenang, dan masih banyak hal lainnya. mental yang baik juga akan menjadikan manusia tersebut sehat secara fisiknya. Banyak yang beranggapan bahwa sakit itu berasal dari pikiran.

Kesehatan mental yang terjaga dengan baik tentu akan memberi dampak positif pada kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, kesehatan jasmani Anda akan jauh lebih terjaga dengan kesehatan mental yang stabil ini. Seperti diketahui jika kesehatan mental yang buruk jadi faktor utama yang sering memicu berbagai penyakit.

Benar saja, para ilmuan juga membenarkan hal tersebut. Penelitian sekali lagi menunjukkan bahwa manfaat berdoa setelah shalat bagi manusia bisa membuat manusia lebih bahagia, panjang umur, serta bisa menjadi sumber energi positif bagi manusia di sekitarnya. Terapi paling murah adalah doa setelah shalat untuk kesehatan mental.*/Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis di salah satu puskesmas di Sumatera Utara. Selain mengabdi dan melayani masyarakat, juga aktif berbagi informasi kesehatan melalui blog pribadi DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.

Rep: ~

Editor: Rofi' Munawwar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !