Bahaya Minuman Keras bagi Kesehatan Tubuh

Selama ini mungkin banyak beredar kabar jika minuman beralkohol memiliki manfaat kepuasan yang akan didapat oleh orang yang meminumnya. Karena nyatanya ada beberapa hal tentang minuman ini yang selama ini tidak benar.

Bahaya Minuman Keras bagi Kesehatan Tubuh

Terkait

Hidayatullah.com | BERAGAN bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang tentu merugikan. Tubuh manusia akan menimbulkan reaksi jika diberi makanan atau minuman sesuai dengan fungsinya. Jika tubuh mengonsumsi banyak makanan dan minuman bergizi dan berkhasiat tinggi maka tubuh akan sehat.

Sebaliknya jika tubuh manusia diberi beberapa makanan dan minuman yang berbahaya maka tubuh juga akan bereaksi pada dirinya sendiri. Minuman yang berbahaya bagi tubuh manusia salah satunya adalah alkohol atau sering disebut dengan minuman keras. Kebiasaan meminum minuman keras akan mengakibatkan tidak berfungsinya organ tubuh.

Mengonsumsi alkohol juga mengakibatkan penyakit mematikan, jika kebiasaan buruk tersebut terus menerus dilakukan maka hasil terburuknya adalah overdosis menyebabkan kematian. Jika Anda menyayangi diri sendiri maka sebaiknya menghindari minuman keras. Konsumsi air putih yang banyak lebih baik untuk menjaga kesehatan.

Kandungan dari Minuman Keras yang Berbahaya untuk Kesehatan

Menurut agama islam, ada makanan dan minuman yang halal dan haram. Dalam memilih makanan dan minuman tentunya harus memerhatikan cara memperoleh serta kandungan yang ada di dalamnya. Jika kandungan yang ada di dalam makanan atau minuman tersebut membahayakan maka sebaiknya ditinggalkan.

Minuman alkohol yang mengandung bahan-bahan seperti alkohol, etanol, yang melebihi 20 % maka itu disebut minuman keras. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya memiliki reaksi yang berbahaya jika dikonsumsi secara rutin. Bahan tersebut bersifat keras dan bisa merusak tubuh serta menyebabkan masalah kesehatan.

Bahkan Negara Indonesia juga mengatur dalam perundang-undangan, bahwa minuman yang termasuk golongan C adalah berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi serta diproduksi di Indonesia. Yang nekad mengonsumsi, menjual, serta produksi maka akan mendapatkan hukuman sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu kecanduan minuman yang beralkohol sering di alami oleh peminum. Kecanduan di akibatkan karena terlalu sering serta terlalu banyaknya minuman keras yang diminum sehingga menimbulkan rasa ingin terus dan terus dalam mengonsumsinya. Tanpa di sadari hal tersebut justru bisa membahayakan, karena alkoholisme sulit di hentikan.

Sayangnya orang yang telah kecanduan minuman keras tidak merasa bahwa dirinya mengalami alkoholisme. Bahkan ada pula yang sengaja meminumnya padalah sudah mengetahui bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh. Tanda-tanda yang ditunjukkan oleh pecandu miras adalah depresi yang meningkat, bisa minum miras kapan saja, sangat bergantung pada alkohol dalam keseharian, keterlambatan reflex terhadap suatu hal

Fakta Mengenai Minuman Keras

Selama ini mungkin banyak beredar kabar jika minuman beralkohol memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut sepertinya hanya manfaat kepuasan yang akan didapat oleh orang yang meminumnya. Karena nyatanya ada beberapa hal tentang minuman ini yang selama ini tidak benar.

  1. Menghangatkan Badan

Kandungan yang ada di dalam minuman keras memang sebagian besar membuat badan menjadi hangat. Jika minuman tersebut dikonsumsi di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa sangat tidak cocok. Budaya minum minuman keras tidak patut di contoh karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh peminumnya.

  1. Menjadi Obat

Banyak orang-orang yang hanya kebetulan saja menjadikan minuman keras sebagai obat atau sebagai pelarian jika sedang ada masalah. Itu sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. jika Anda lakukan terus menerus maka miras bisa menjadi racun. Faktanya adalah minuman keras tidak bisa di jadikan obat.

  1. Badan Bisa Segar Kembali

Hal ini tidak benar, menurut penelitian di sejumlah universitas menyatakan bahwa mengonsumsi minuman keras walaupun sedikit namun rutin bisa menyebabkan irama jantung tidak terkontrol. Akibatnya jantung sering berdebar, nyeri dada, pusing, dan kelelahan. Jadi faktanya miras bisa membuat badan tidak segar.

Kandungan yang ada pada minuman keras berbahaya dan tidak bisa di gunakan sebagai obat, serta tidak bisa membuat badan bisa segar kembali. Hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian-penelitian ilmiah. Jika ingin sehat maka berhentilah mengonsumsi alkohol atau minuman keras sehingga bisa membuat Anda lebih sehat.

Fakta yang menarik lainnya mengenai minuman keras adalah, jam tidur Anda menjadi terganggu jika sering mengonsumsi minuman keras walaupun dalam jumlah sedikit. Minuman keras juga bisa memicu emosi yang tidak bisa di kendalikan dan itu juga sangat mengancam kejiwaan juga kesehatan. Bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh lainnya juga bisa berujung kematian.*/Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis yang aktif memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, juga aktif berbagi informasi kesehatan melalui blog pribadi DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.

Rep: ~

Editor: Rofi' Munawwar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !