Dompet Dakwah Media

Tips Memilih Menu Makanan Sehat Menurut Islam

Tips Memilih Menu Makanan Sehat Menurut Islam

Terkait

Hidayatullah.com | DALAM beragama Islam tentunya ada tata cara atau tips memilih menu makanan sehat menurut Islam yang tepat. Dalam menentukan menu sehat tentunya Anda tidak asing lagi dengan sayur dan juga makanan yang mengandung banyak protein, zat besi, serta bahan-bahan lainnya. dalam beragama memang dianjurkan untuk memakan makanan sehat.

Agama Islam adalah salah satu agama yang paling banyak dianut oleh rakyat Indonesia, mungkin jika mendengar cerita pada zaman dahulu gaya hidup yang di jalani Rasullullah ﷺ merupakan suatu kehidupan yang banyak di contoh oleh umatnya. Jauh sebelum ilmu pengetahuan masuk, Islam sudah menerapkan itu.

Agama Islam memiliki prinsip dalam memilih makanan yang sehat, yaitu halal dan tayyiban. Halal adalah cara memperoleh makanan tersebut dengan cara yang baik seperti membeli dengan uang hasil kerja atau dengan kata lain proses untuk mendapatkan makanan harus baik. Sedangkan tayyiban adalah gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Menu Makanan Harian dengan Mengikuti Rasulullah

Dengan memerhatikan prinsip di atas, Rasullullah ﷺ memiliki tips memilih menu makanan sehat menurut Islam. Beliau suka meminum madu yang mana madu berasal dari lebah. Madu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Madu tersebut dicampur dengan air. Beliau mengatakan bahwa hendaknya menggunakan obat madu dan Al-Qur’ an.

Rasullullah ﷺ saat selepas shalat Dhuha makan dengan kurma dan susu. Kurma juga mengandung zat yang bisa membunuh racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Keduanya memiliki tugas untuk mengganti zat gula yang kering karena kurma dan susu mengandung glukosa yang cukup untuk tubuh. Khasiatnya untuk membuat bugar badan selama berpuasa.

Kemudian Rasulullah ﷺ juga mengonsumsi zaitun dan juga buah tin. Beliau mengonsumsinya setelah selesai shalat isya. Kedua makanan tersebut jika di gabungkan akan membentuk tubuh yang sempurna. Itu merupakan sebuah penelitian yang nyata, di dalam Al-Qur’ an juga disebutkan bahwa yang mengonsumsi kedua akan mendapatkan tubuh yang sempurna.

Pada malam harinya Rasul mengonsumsi sayur-sayuran sebagai pertahanan tubuh dari segala macam penyakit. Beliau juga suka dengan buah labu manis, roti, dan daging secukupnya. Semuanya di konsumsi tidak rutin dan secukupnya, sebab Islam tidak memperbolehkan makan setelah kenyang.

Pada penelitian yang dilakukan memang makanan yang dikonsumsi Rasulullah sangat bermanfaat bagi tubuh serta bisa mencegah berbagai macam penyakit. Hal tersebut juga di akui oleh ilmuan barat. Kini mereka yang mengetahui khasiat makanan tersebut juga memakan makanan yang sama agar bisa merasakan khasiat sehat secara alami.

Tata Cara Makan Menurut Islam

Pertama harus membersihkan tangan sebelum memegang makanan, kemudian membaca doa sebelum makan atau bisa juga membaca bismillahirrokhmaanirrokhiim. Agar makanan yang di makan bisa dicerna oleh tubuh dan bahan makanan yang di makan dapat mengeluarkan berbagai fungsinya. Kemudian duduk dengan baik dan tegap.

Posisi duduk juga mempengaruhi makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia. Memilih menu makanan sehat menurut Islam akan menjadikan Anda manusia yang sehat dan juga bisa beraktivitas secara normal. Memulai makan dengan tangan kanan, itu sunnah sebab tangan kanan tidak di gunakan untuk memegang benda yang banyak kuman.

Tidak pula memenuhi mulut dengan makanan, makan yang baik dan sopan adalah makan secukupnya dengan berbagai makanan sehat. Jika makanan yang Anda makan telah memenuhi zat gizi yang di butuhkan maka cukupkanlah dengan makan seadanya. Mulailah dengan makanan yang ringan terlebih dahulu agar perut tidak terlalu kenyang.

Perut yang terlalu kenyang justru akan memperlambat kinerja organ tubuh untuk mencerna makanan. Dari beberapa hal yang kami ungkapkan ada satu hal yang harus dihindari yaitu berbicara saat makan. Itu sangat dibenci Rasulullah ﷺ sebab selain tidak sopan, Islam tidak menganjurkan hal tersebut yang mana membahayakan bagi kesehatan.

Tata cara makan yang terakhir adalah dengan mengucapkan hamdalah seraya bersyukur sebab telah diberi nikmat makanan yang sehat. Sayur-sayuran bisa didapatkan menanamnya sendiri, kalaupun beli juga terhitung sangat murah. Itulah sebabnya wajib untuk mengicapkan hamdalah setelah menikmati makanan.

Memilih menu makanan secara Islami dapat dilakukan dengan meniru menu dari Rasullullah ﷺ.  Karena pilihan makanan ini ternyata sehat dan memiliki manfaat baik bagi tubuh. Terlebih jika diimbangi dengan tata cara makan yang sesuai. Jadi, tips memilih menu makanan sehat menurut Islam mudah dan murah.*/Dr. Amrizal Zuhdy, dokter di puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain aktif memberikan layanan kesehatan, juga gemar berbagi informasi kesehatan melalui blog DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id

Rep: Insan Kamil

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !