Dompet Dakwah Media

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Kecantikan

Buah tin, buah yang sering disebut-sebut dalam Al-Qur’an ini memang mengandung banyak sekali manfaat.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Kecantikan

Terkait

Hidayatullah.com | NAMA buah tin memang sudah tidak asing lagi, namun apakah Anda tahu manfaat buah tin bagi kesehatan? Buah yang namanya dipakai sebagai nama surah dalam Al-Qur’an ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari buahnya, hingga daunnya.

Perihal Buah Tin Dalam Agama

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

Wat tiini waz zaituun” (demi tin dan zaitun). (QS: At Tin Ayat: 1)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi ﷺ bahwa: “Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari Surga, maka itulah buah Tin. Karena, buah-buahan Surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.” (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

Saking baiknya buah tin bagi kesehatan, Ada beberapa orang yang sampai sengaja menanam buah tin sendiri. Namun, dalam perawatannya harus telaten. Yaitu dengan sering menyiramnya untuk menjaga tanah tetap lembap. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan pohon tin, berikan pupuk secukupnya.

Buah tin dijuluki sebagai buah segudang manfaat. Kandungan yang ada dalam buah tin bisa membantu menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, memenuhi kebutuhan kalsium, menyembuhkan diare,  menjaga kesehatan kulit,  dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari buah segudang manfaat ini.

Khasiat Buah Tin dan Daunnya

Seperti yang telah dikatakan di atas, jika manfaat buah tin bagi kesehatan bukan hanya didapat dari buahnya saja, tetapi juga daunnya. Maka, tidak heran jika buah tin sering disertakan dalam pengobatan medis. Daging dari buah tin ini mengandung banyak sekali manfaat.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah dan daun tin mengandung serat pectin yang akan menurunkan kadar kolesterol trigliserida dalam darah. Kolesterol tersebut bisa mengganggu kesehatan jantung karena bisa memicu penyempitan pembuluh darah akibat tumbuhnya plak pada pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah ini dengan rutin, jantung akan lebih sehat.

  1. Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat buah tin bagi kesehatan lainnya ialah menjaga saluran pencernaan sehingga bisa mengatasi sembelit. Selain itu, jika Anda rutin mengonsumsi buah tin, Anda akan terhindar dari kanker kolon. Karena, buah tin ini akan memelihara seluruh sistem pencernaan agar bekerja dengan baik dan optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah tin mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor sehingga bisa membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk memperbaiki tulang yang telah keropos. Untuk itu, jika tulang Anda sudah mulai keropos, konsumsilah buah ini dengan rutin.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah tin mengandung multivitamin yang sangat baik untuk sistem imun. Kandungan antioksidan dalam buah tin juga bisa menangkal radikal bebas dan menjaga sel tubuh agar tidak mudah rusak. Selain itu, daun buah bisa mengatur sistem kekebalan tubuh.

Kegunaan Buah Tin untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengonsumsi buah tin, akan merasakan manfaat buah tin bagi kesehatan. Buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an ini juga ternyata memiliki segudang manfaat bagi seorang ibu yang tengah mengandung. Beberapa manfaat ini jarang diketahui, namun Anda bisa segera mengetahuinya di bawah ini.

  1. Mencegah Hipertensi

Ibu hamil dengan riwayat hipertensi harus benar-benar dipantau dengan baik. Selain itu, ibu hamil yang hipertensi juga harus dipantau waktu istirahatnya, tingkat stressnya, dan konsumsi makanannya. Buah tin dapat membantu menstabilkan darah pada ibu hamil, jika dikonsumsi dengan rutin.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Biasanya, ibu hamil sering kekurangan kalsium dalam masa kehamilannya. Hal ini karena kalsium dalam tubuhnya diserap oleh bayi. Untuk bisa memenuhi kebutuhan harian kalsium, maka ibu hamil dapat mengatasinya dengan makan buah tin dan mengonsumsinya secara rutin untuk mendapat manfaat buah tin bagi kesehatan.

  1. Mendukung Pertumbuhan Janin

Buah tin mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan sang buah hati dalam kandungan. Asam folat bisa membuat otak bayi berkembang dengan sempurna. Sehingga, jika asam folat selama masa kehamilan terpenuhi, kemungkinan bayi akan cerdas.

Manfaat Buah Tin untuk Kecantikan

Selain beberapa manfaat buah tin bagi kesehatan di atas, ternyata buah tin juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya yaitu bisa membuat kulit terlihat lebih cantik dari dalam. Buah tin mengandung antioksidan, mineral, dan merupakan sumber vitamin yang baik bagi kulit.

Untuk membuat masker, caranya sangat mudah. Yaitu, cukup hancurkan buah tin kemudian campurkan 1 sendok makan yogurt. Aplikasikan pada wajah, dan diamkan 10-15 menit. Setelah itu bilas secara menyeluruh menggunakan air hangat. Bukan itu saja, buah tin juga sangat baik untuk rambut.

Buah tin, buah yang sering disebut-sebut dalam Al-Qur’an ini memang mengandung banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaat yang kecil hingga manfaat yang sangat besar. Untuk bisa merasakan manfaat buah tin bagi kesehatan, maka Anda harus mengonsumsinya dengan rutin.*/Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis di puskesmas di Sumatera Utara. Juga aktif dalam berbagi informasi kesehatan lewat dunia maya. Silahkan kunjungi di DrZuhdy.com dan IG:@doktersehati

Rep: Insan Kamil

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !