Dompet Dakwah Media

Beragam Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui

Salah satunya buah anggur ini. jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar, Anda akan merasakan manfaat dari buah manis asam kecil ini

Beragam Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui
Buah anggur

Terkait

Hidayatullah.com | MANFAAT buah anggur banyak sekali untuk tubuh. Padahal nama buah yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar. Tapi biasanya, orang-orang lebih senang mengetahui rasanya dibanding mengetahui manfaatnya. Atau, ada juga sebagian orang yang hanya senang makannya saja dan tak menghiraukan manfaatnya.

Perihal Buah Anggur Dalam Agama

Allah ta’ala berfirman:

أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَن تَكُونَ لَهُۥ جَنَّةٌ مِّن نَّخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ لَهُۥ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَأَصَابَهُ ٱلْكِبَرُ وَلَهُۥ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَآءُ فَأَصَابَهَآ إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَٱحْتَرَقَتْ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمُ ٱلْءَايَٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (QS: Al Baqarah: 266).

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

”Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS: An Nahl: ayat 11).

Dalam setiap butir anggur terdapat banyak sekali nutrisi. Mulai dari kalsium, kalium, magnesium, mangan, besi, serat, fruktosa, kobalt, reveratrol, dan pektin. Bukan hanya itu saja, buah anggur juga mengandung asam alami yang baik seperti asam folat, asam malat, asam sitrat dan asam tartarat.

Bukan itu saja, kandungan vitamin pun tidak kurang dalam buah kecil yang berbentuk butiran ini. Mulai dari vitamin K, vitamin C, vitamin E dan vitamin B. Tentu saja kandungan-kandungan ini membuat siapapun yang mengonsumsinya, akan mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh.

Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Seharusnya, setelah Anda membaca berbagai kandungan yang ada dalam buah anggur, Anda tidak akan meragukan lagi manfaat dari buah anggur ini termasuk pada manfaatnya pada ibu yang tengah hamil. Berikut ini akan kami berikan paparan mengenai beberapa manfaat dari buah anggur.

  1. Mengandung magnesium yang baik untuk mengurangi kram pada otot.
  2. Kandungan zat besi pada anggur baik untuk mengatasi anemia selama dalam masa kehamilan.
  3. Antioksidan yang ada pada anggur bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  4. Kandungan air dan anti-inflamasi bisa membantu mengatasi asma dan arthritis.
  5. Memberikan hidrasi yang baik untuk tubuh dengan memastikan paru-paru mendapatkan kelembapan yang pas.
  6. Serat yang tinggi bisa membantu mengatasi sembelit.
  7. Mencegah gigi berlubang dengan asam organiknya.
  8. Kandungan polifenol pada anggur bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada ibu hamil.
  9. Pengencer darah alami yang cocok bagi ibu hamil.

Khasiat Buah Anggur untuk Anak

Manfaat buah anggur tidak hanya akan dirasakan ibu hamil saja, tetapi juga oleh anak. Anda bisa mulai memberikan buah anggur ini sejak usianya masih 8 bulan. Namun, dengan usia yang masih sangat kecil, sebaiknya anggur diberikan setelah dihaluskan terlebih dahulu. Beberapa khasiat buah anggur diantaranya:

  1. Menyehatkan Pernapasan

Anak biasanya sangat rentan terkena penyakit pernapasan. Jika Anda memberikan anggur mulai dari ia masih berusia 8 bulan, risiko untuk terkena asma, bronkitis dan penyakit pernafasan lainnya akan berkurang.  Hal ini karena anggur mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

  1. Membantu Proses Tumbuh Kembang Anak

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam manfaat buah anggur bisa memberikan pengaruh besar pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin akan dibutuhkan oleh anak selama ia menjalani masa pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga penting bagi ibu untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut dengan memberikannya buah-buahan seperti anggur.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam anggur bukan hanya berperan dalam membantu proses tumbuh kembang anak, tapi juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Vitamin C mampu menjaga anak agar tidak rentan terkena infeksi.

Kegunaan Buah Anggur untuk Kecantikan

Manfaat buah anggur bukan hanya untuk ibu hamil dan anak, tapi ternyata buah anggur juga bermanfaat bagi kecantikan. Buah anggur bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi dengan bantuan asam malat yang ada di dalamnya. Selain itu, anggur juga bisa mengatasi perubahan warna gigi.

Anggur juga bisa mempercantik kuku Anda. Anda bisa membuat scrub kuku dari campuran anggur dan gula pasir, kemudian pijat-pijat kuku Anda dengan lembut. Anggur juga bisa membantu melembapkan wajah Anda yang kering, Anda bisa mencoba membuatnya menjadi masker.

Bukan hanya itu saja, anggur juga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan di wajah karena mengandung antioksidan. Sehingga kulit Anda akan tampak lebih awet muda. Jika Anda memiliki flek hitam dan bekas jerawat, bisa dicoba dengan mengoleskan anggur pada wajah kemudian bilas setelah 30 menit.

Setiap yang Tuhan ciptakan di bumi pasti akan memiliki manfaat bagi manusia. Salah satunya buah anggur ini. jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar, Anda akan merasakan manfaat dari buah manis asam kecil ini. cobalah untuk mengonsumsinya dengan rutin, dan rasakan sendiri manfaat buah anggur tersebut.*/Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis di puskesmas Sumatera Utara. Selalu aktif membagikan informasi kesehatan di dunia maya melalui aktivitas blogging di Penyakitjantung.id dan DrZuhdy

Rep: Insan Kamil

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !