Dompet Dakwah Media

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Mungkin, Anda belum tahu jika daging kambing mengandung kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan energi ibu menyusui

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Terkait

Hidayatullah.com | BAGI Anda yang suka makan kambing, sebaiknya Anda tahu manfaat daging kambing untuk kesehatan. Ternyata, daging kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pria dan wanita. Bahkan daging kambing juga memiliki efek yang baik baik ibu hamil dan menyusui.

Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan perdagingan. Mulai dari daging sapi, daging kerbau, bahkan daging kambing. Banyak di antara mereka yang khawatir ketika makan daging kambing. Padahal, jika porsi mengonsumsinya tepat, daging kambing bisa memberikan efek positif bagi kesehatan.

Kambing dalam Agama

Rasulullah ﷺ bersabda:

اتخذوا الغنم فإن فيها بركة

Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing kerana di dalamnya terdapat barakah.” (HR. Ahmad).

Selain daging kambing, keberkahan juga terdapat pada susu dan kulit nya. Susunya dapat dikonsumsi dan kulit nya bisa dibuat menjadi bahan kain dan pakaian.

Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah menjelaskan,

“Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak, karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain.” (Al-Jami’ li Ahkaamil-Qur’an, 10/80, Darul Kutub Al-Mishriyah, Koiro, 1384 H, Asy Syamilah).

Nabi ﷺ berkata;

ما بعث اللهُ نبيًّا إلا رعى الغنمَ. فقال أصحابُه: وأنت؟ فقال: نعم ، كنتُ أرعاها على قراريطَ لأهلِ مكةَ

“Seorang nabi tidak diutus kecuali dia adalah seorang gembala. Teman-teman bertanya, apakah Anda juga? “. Dia menjawab, “Ya, saya biasa memelihara seekor kambing Makkah untuk beberapa qirath.” (HR Bukhori]

Untuk beberapa orang bahkan mengonsumsi daging kambing merupakan sebuah pantangan yang tidak boleh dilanggar. Apalagi penderita darah tinggi. Padahal, berdasarkan data dari departemen pertanian AS, dalam setiap 100 gram daging kambing, kalori yang dihasilkan ialah lebih sedikit 143 kkal dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Karena, kandungan lemak dalam daging kambing ini cukup rendah hanya 3 gram saja. Sedangkan proteinnya 27 gram. Namun, untuk kolesterol, memang terbilang cukup tinggi, yakni 75 mg. Daging kambing mengandung lemak jenuh yang jumlahnya ternyata lebih sedikit dibandingkan jumlah lemak tak jenuh.

Manfaat Daging Kambing untuk Wanita

Biasanya jarang sekali wanita yang menyukai daging kambing. Hal ini dikarenakan bau kambing sangat khas dan biasanya membuat mereka mual. Sayang sekali, karena daging kambing sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi wanita. Salah satu manfaat daging kambing untuk kesehatan wanita ialah mengontrol berat badan.

Bagi Anda yang ingin menjaga badan tetap ideal, konsumsi daging kambing dengan kadar yang cukup. Selain itu, daging kambing juga bisa membantu memulihkan zat besi saat pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

Selain itu, kandungan vitamin B-12 dalam daging kambing bisa membantu menghindarkan wanita dari stres dan tekanan. Kandungan tersebut juga bisa membuat kulit tampak lebih sehat dan menunda penuaan dini. Bagi wanita yang alergi susu, Anda juga bisa mencoba makan daging kambing.

Khasiat Daging Kambing bagi Pria

Manfaat daging kambing untuk kesehatan bagi seorang pria memang sudah banyak diketahui. Mulai dari bermanfaat untuk mencegah kanker, mencegah inflamasi pembuluh darah, hingga mengatasi hipotensi atau tekanan darah rendah. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut kami berikan paparannya untuk Anda.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Banyak pria yang mengalami kanker prostat. Untuk itu, pria sangat disarankan untuk makan daging kambing karena daging ini mengandung sel anti kanker. Dalam daging kambing mengandung asam linoleat, selenium, dan kolin yang akan mencegah terjadinya pembentukan sel kanker pada tubuh.

  1. Mencegah Inflamasi Pembuluh Darah

Manfaat daging kambing untuk kesehatan berikutnya ialah bisa mencegah terjadinya indlamasi pada pembuluh darah. Biasanya hal ini akan terjadi pada pria yang disebabkan oleh adanya gangguan kolesterol jahat dan diabetes. Dengan mencegah inflamasi, penis bisa ereksi dengan sempurna.

  1. Menaikkan Tekanan Darah

Pria yang mengalami hipotensi sangat disarankan untuk mengonsumsi daging kambing agar tekanan darahnya naik. Jika daging kambing ini dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, tekanan darah akan naik dan tubuh bisa menjalani aktivitasnya kembali dengan baik.

Kegunaan Daging Kambing bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat daging kambing untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui tentu sangat banyak. Hal ini karena daging kambing memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk seorang ibu yang tengah mengandung dan menyusui. Apa saja manfaatnya? Berikut kami paparkan untuk Anda.

  1. Manfaat bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil kandungan protein dalam daging kambing bisa membantu menyembuhkan luka jika terjadi luka. Daging kambing juga bisa menjadi sumber zat besi yang baik dan mencegah anemia. Kandungan zinc pada daging kambing bisa meningkatkan sistem imun janin agar bisa berkembang dengan sempurna.

  1. Manfaat bagi Ibu Menyusui

Mungkin, Anda belum tahu jika daging kambing mengandung kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan energi ibu menyusui. Apalagi, ketika menyusui biasanya sang ibu kesulitan mengatur waktu istirahat karena sibuk mengurus si kecil.

Pada dasarnya setiap makanan yang dimakan pasti akan memberikan manfaat jika dimakan secara wajar. Termasuk daging kambing ini. jika dimakan dengan berlebihan, pasti akan memberikan efek negatif pada tubuh. Namun, jika dimakan secara wajar, Anda akan merasakan manfaat daging kambing untuk kesehatan.*/Dr. Amrizal Zuhdy, seorang dokter medis yang mengabdi memberikan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, aktif berbagi informasi kesehatan di situs DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id*

Rep: Insan Kamil

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !