Kumpulan Manfaat Buah Zaitun untuk Perawatan Tubuh

Beberapa penelitian mengatakan jika minyak dari buah zaitun ini bisa menjaga kulit dari kanker kulit dan efek dari sinar matahari.

Kumpulan Manfaat Buah Zaitun untuk Perawatan Tubuh
Unsur minyak zaitun selalu ada dalam diet Mediterania.

Terkait

Hidayatullah.com–Manfaat buah zaitun untuk tubuh memang sangat banyak. Buah zaitun bisa Anda manfaatkan untuk merawat tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Buah zaitun sendiri memang sering dipakai dalam dunia kecantikan sejak zaman Romawi Kuno.

Perihal Buah Zaitun dalam Quran dan Hadits 

ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكَوٰةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ ٱلْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّىٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِى ٱللَّهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ ٱللَّهُ ٱلْأَمْثَٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.” (QS:  An Nur: 35).

“Makanlah zaitun dan minyakilah rambut dengan zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah.” (HR. Tirmidzi no. 1852).

Biasanya buah zaitun ini akan diolah hingga menjadi berbentuk minyak, yang kemudian bisa digunakan untuk berbagai keperluan perawatan tubuh. Dalam tiap tetes minyak zaitun akan mengandung vitamin E, antioksidan, lemak, kalsium, zat besi, kalium dan vitamin K.

Buah zaitun yang telah diolah menjadi minyak ini bisa disertakan dalam obat-onatan, menjadi bahan masakan, bahan bakar lampu tradisional, kosmetik, dan bahkan sabun. Buah zaitunnya sendiri bisa langsung dimakan, sedangkan jika telah berbentuk minyak, bisa dioleskan pada kulit yang kering.

Manfaat Buah Zaitun untuk Wajah

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa minyak zaitun ini memiliki banyak sekali khasiat. Karena minyak zaitun ini banyak mengandung kandungan yang baik untuk digunakan dalam proses perawatan. Salah satu manfaat buah zaitun ialah baik untuk perawatan kulit wajah. Beberapa manfaatnya untuk wajah di antaranya sebagai berikut.

  1. Sebagai Cleanser Make up

Jika Anda tidak memiliki cleanser untuk make up, Anda bisa memanfaatkan minyak dari buah zaitun ini. karena, buah zaitun yang telah diolah menjadi minyak dapat dimanfaatkan sebagai cleanser. Bahkan saat ini banyak perusahaan kosmetik yang menyertakan buah zaitun dalam komposisi cleansernya.

  1. Sebagai Masker

Manfaat buah zaitun untuk wajah berikutnya ialah dapat digunakan sebagai masker. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal ambil buah zaitun yang telah diolah menjadi minyak, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Setelah itu, diamkan kurang lebih 10 menit dan bilas.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kandungan yang ada pada buah zaitun sangat baik digunakan untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah. Kandungan antioksidan yang ada pada buah zaitun bisa menjaga kesehatan kulit dan sebagai anti keriput. Selain itu, bisa membantu menjaga kelembapan kulit wajah.

Khasiat Buah Zaitun untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk wajah, buah zaitun juga kaya akan manfaat untuk rambut. Buah zaitun ini bahkan bisa menutrisi dan melembapkan rambut yang rusak. Bahkan beberapa orang ada yang menggunakannya sebagai kondisioner. Beberapa manfaat buah zaitun untuk rambut di antaranya sebagai berikut.

  1. Kombinasi dari buah zaitun dan sari lemon bisa membantu mengurangi masalah rambut yang berketombe, karena buah zaitun akan menutrisi kulit kepala yang kering sehingga ketombe tidak akan datang lagi.
  2. Tiap tetesan minyak dari buah zaitun bisa digunakan untuk melembutkan rambut sehingga rambut akan lebih sehat dan tidak bercabang.
  3. Bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner untuk membuat rambut berkilau alami.
  4. Menjaga keratin rambut dengan kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Kegunaan Buah Zaitun untuk Kulit

Bukan hanya bermanfaat untuk rambut dan wajah saja, karena manfaat buah zaitun ini juga berguna bagi kulit tubuh. Minyak zaitun hampir mirip dengan minyak alami yang diproduksi tubuh sehingga mudah diserap oleh kulit dan tidak akan menyebabkan alergi.

Bahkan beberapa penelitian mengatakan jika minyak dari buah zaitun ini bisa menjaga kulit dari kanker kulit dan efek dari sinar matahari. Karena, di dalam buah zaitun terkandung antioksidan dan antiradang yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan antioksidan dan antiradang ini bisa membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit lebih halus. Jika langsung dikonsumsi, maka bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas dan mengatasi peradangan yang bisa menjadi penyebab kerutan. Dengan begitu kulit akan lebih kencang.

Selain itu, buah zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa masalah yang sering ada pada kulit, seperti penyakit eksim, kulit yang terkena jamur, dan kulit merah yang terkelupas. Namun, hal ini masih belum bisa dipastikan secara resmi karena masih membutuhkan beberapa penelitian lagi.

Buah zaitun memang sangat alami. Meskipun ada pernyataan bahwa buah ini tidak akan menimbulkan alergi, namun tetap saja pada beberapa orang buah zaitun ini bisa menyebabkan alergi. Sebaiknya hentikan pemakaian jika terjadi alergi. Karena jika dipaksakan, manfaat buah zaitun ini tidak bisa dirasakan.*/Dr. Amrizal Zuhdy Sachmud, dokter medis yang mengabdi memberikan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Juga aktif berbagi informasi kesehatan di blog DrZuhdy.com dan Penyakitjantung.id

 

Rep: Insan Kamil

Editor: Insan Kamil

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !