Dompet Dakwah Media

Tidak Merokok Salah Satu Upaya Menjaga Diri dari Virus Corona

"Tidak merokok; Minum air putih 8 gelas/hari; Makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan"

Tidak Merokok Salah Satu Upaya Menjaga Diri dari Virus Corona
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
[Ilustrasi] Spanduk 'Kawasan Tanpa Rokok' di Bandung, Jawa Barat.

Terkait

Hidayatullah.com– Tidak merokok merupakan salah satu upaya untuk hidup sehat sekaligus menjaga diri dari virus corona. Kementerian Kesehatan RI dalam imbauan resminya pantauan hidayatullah.com pada Rabu (04/03/2020), mengajak masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari virus mematikan asal China tersebut.

“Jaga diri dan Keluarga Anda dari Virus Corona (COVID-19) dengan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS),” kutip website resmi Kemenkes kemarin.

Adapun Gerakan Masyarakat Sehat yang dimaksud Kemenkes yaitu: Makan makanan bergizi; Rajin olahraga dan istirahat; Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir; Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam.

“Tidak merokok; Minum air putih 8 gelas/hari; Makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan,” sebut informasi resmi itu.

Kemudian: Jaga kebersihan lingkungan; Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan; dan Jangan lupa berdoa.

Baca: Tangkal Corona, JK Imbau Masyarakat Berdisiplin Tinggi Jaga Kebersihan

Kemenkes dalam berbagai informasi resminya juga menjelaskan sejumlah upaya dalam rangka melakukan pencegahan masuknya virus corona ke dalam tubuh seseorang.

Upaya pencegahan itu meliputi: Sering cuci tangan pakai sabun; Gunakan masker bila batuk atau pilek; Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah; Hati-hati kontak dengan hewan.

Kemudian, Rajin olahraga dan istirahat cukup; Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak; serta Bila batuk, pilek, dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Masyarakat diminta juga harus menerapkan disiplin yang tinggi dalam menjaga kebersihan di sekitarnya.

Hal itu perlu dilakukan dalam rangka mencegah penyebarluasan virus corona (Covid-19) asal China yang mematikan itu.

JK mengatakan bahwa kita harus hati-hati karena tingkat disiplin kita tidak sekeras di China.

Baca: MUI: Dekatkan Diri pada Allah, Virus Corona Bisa Jadi Peringatan

Sementara Majelis Ulama Indonesia mengajak semua elemen bangsa, khususnya umat Islam, selain mendekatkan diri kepada Allah, juga melakukan ibadah dan tindakan kesehatan.

Antara lain, jelas Wakil Ketua Umum MUI KH Muhyiddin Junaidi, dengan berwudhu secara benar dan sempurna, serta menggunakan sabun saat mencuci tangan.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !