Diet Menyehatkan lagi Berpahala

Puasa meningkatkan proses eliminasi dan meningkatkan pelepasan racun dari usus, ginjal, dan kandung kemih, paru–paru, dan saluran pernapasan, sinus, dan kulit

Diet Menyehatkan lagi Berpahala

Terkait

BANYAK  wanita yang ingin memiliki tubuh yang sehat, indah dan langsing. Apalagi anak–anak yang telah beranjak remaja, biasanya performance telah jadi hal nomor  satu. Tak jarang pun dari mereka yang pergi ke dokter minta obat kurus, sampai ngambek makan meski perut keroncongan dan lambung melilit butuh diisi.

Diet bukan berarti rela tidak makan. Wajib makan. Namun, jangan berlebihan, karena sikap berlebihan termaksud sifat salah-satu syaiton dan Allah tidak menyukai sifat tersebut.

Dan di dalam Al-Qur’an sangat jelas di terangkan sifat orang yang suka berlebih-lebihan khususnya dalam hal makanan.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وكُلُواْ وَاشْرَبُواْ وَلاَ تُسْرِفُواْ إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ 

 (Hai anak adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid. Makan dan minumlah, dan jangalah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.) (Q.S Al-A’raaf: 31)

Baca:  Studi: Diet Mediterania Dapat Menunda Penyakit Alzeimer

Sebagaimana  Rasulullah ﷺ, menganjurkan kita beberapa suap makanan untuk meneggakkan tubuh, namun berhenti makan sebelum kenyang.

Dalam hadits Rasulullah ﷺ, Berkata:

Sepertiga untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumnya dan sepertiga terakhir untuk udaranya. ((رواه ااترميذ

Melakukan diet salah satu cara yang dilakukan wanita untuk menghilangkan lemak di tubuhnya dan mendapatkan tubuh yang ideal. Namun sayangnya, tak semua orang menjalankan diet yang benar dan sehat. Ketahuilah bahwa diet yang salah bisa berakibat fatal. Anda bisa mengalami gangguan kesehatan, berat badan bisa tinggal tulang dan bahkan bisa naik. Lalu, bagaimana sebenarnya menjalankan diet yang sehat dan benar?

Sebenarnya dalam Islam tidak mengenal diet. Karena diet sama halnya menzholimi diri sendiri. Namun, setelah diteliti ternyata salah-satu amalan sunnah Rasulullah ﷺ. Yakni  صوم (puasa), adalah solusi diet yang paling pas. Selain bernilai pahala, tidak bermodal, dan ampuh!

Puasa merupakan metode terbaik untuk diet yang sehat dan alami. Karena puasa dapat membakar ribuan kalori. Mengapa hal demikian bisa? Subhanallah Allah selain memberi perintah puasa, bukan berarti tidak ada konsekuensi manfaat yang besar, seperti berikut.

Baca:  10 Rahasia dan Keajaiban Puasa

Puasa meningkatkan proses eliminasi dan meningkatkan pelepasan racun dari usus, ginjal, dan kandung kemih, paru–paru, dan saluran pernapasan, sinus, dan kulit. Sistem kerja tubuh bisa beristirahat, meningkatkan kecepatan pemulihan tubuh.

Energi yang biasanya dikeluarkan pada proses pencernaan dibebaskan sehingga bisa fokus meningkatkan kesehatan, vitalitas, dan mempertajam fungsi pikiran. Energi jadi lebih tinggi, lebih konsentras dan lebih besar kesadaran spiritual, serta lebih mentalnya. Puasa bisa menjadi obat untuk sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, fungsi usus, kelebihan lemak perut, ketegangan otot–otot punggung, alergi, dan sinus. Puasa membantu membersihkan tubuh dari cairan lender yang berlebihan.

Puasa merupakan juga metode baik untuk mengatasi kecanduan kopi, merokok, obat-obatan. Puasa merupakan katalisator bagi perubahan dan perkembangan pribadi serta motivator ampuh untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat. Dan yang paling inti puasa adalah metode terbaik untuk diet yang sehat dan alami. 

Mari, kita mulai kebiasaan mulia dan berjuta manfaat ini.

Salah satu amalan puasa yang tepat untuk diet adalah puasa senin-kamis. Puasa senin-kamis cukup banyak diamalkan oleh kaum muslim. Selain sifatnya yang rutin, puasa ini juga tidak memberatkan. Mengapa yang di pilih hari Senin dan Kamis?

Baca: Diet Kaya Likopen Kurangi Risiko Kanker Ginjal

Rasulullah ﷺ menerangkan soal keutamaan dua hari ini:

“Itu adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus sebagai nabi atau hari diturunkannya Al-Qur’an kepadaku”

Banyak hal yang akan kita dapatkan kalau mengamalkan puasa Senin-Kamis. Selain kita akan dapat pahala yang berlipat ganda, ampunan dosa, kemudahan dan kelancaran hidup, kita juga akan mendapat manfaat lain yang luar biasa, yakni mempertajam kecerdasan, memberikan ketenangan jiwa, dan pasti tentunya menyehatkan badan.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!?  InsyaAllah.*/Amheliya Yusuf

 

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !