Dompet Dakwah Media

Berkebun Bisa Sehatkan Mental

Orang-orang yang rajin berkebun cenderung tak punya masalah dengan berat badan.

Berkebun Bisa Sehatkan Mental

Terkait

BERKEBUN bisa menyenangkan hati dan meningkatkan harga diri, demikian kesimpulan kajian dua universitas di Inggris.

Kesimpulan ini didapat setelah peneliti dari Universitas Westminster dan Essex melakukan kajian terhadap 269 orang, sekitar setengah di antaranya secara rutin berkebun.

Terungkap bahwa mereka yang berkebun selama setidaknya 30 menit per minggu, mengaku memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Didapat pula fakta bahwa orang-orang yang rajin berkebun ini cenderung tak punya masalah dengan berat badan.

Secara umum, responden yang berkebun atau melakukan kegiatan bertanam sekurang-kurangnya sekali dalam sepekan, mengaku memiliki tingkat kelelahan dan depresi yang rendah, punya harga diri yang tinggi, dan secara umum lebih sehat dibandingkan yang tidak berkebun sama sekali.

“Berkebun dan bertanam mungkin punya peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental orang-orang yang tinggal di perkotaan,” kata Dr Carly Wood dari Universitas Essex, seperti diberitakan BBC.

Kebun atau lahan yang bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur makin sulit didapat di kota-kota besar. Para peneliti mengusulkan agar tanah atau lahan di perkotaan yang kosong dipakai untuk kegiatan berkebun dan bercocok tanam.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !