Dompet Dakwah Media

Jumlah Penderita TBC Hampir Sama dengan HIV

Data kematian akibat tuberkulosa sulit diterima karena sebenarnya merupakan penyakit yang bisa disembuhkan.

Jumlah Penderita TBC Hampir Sama dengan HIV

Terkait

Hidayatullah.com–Tuberkulosa sekarang berada pada peringkat yang sama dengan HIV sebagai penyakit infeksi paling mematikan di dunia, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Masing-masing penyakit menyebabkan 1,1 juta dan 1,2 juta kematian pada tahun 2014.

WHO menyatakan, data kematian akibat tuberkulosa tersebut ‘tidak bisa diterima’ karena sebenarnya merupakan penyakit yang bisa disembuhkan.

LSM kesehatan Medecins Sans Frontieres, MSF, sebagaimana dilaporkan BBC, Kamis (29/10/2015), menyatakan, data ini menyedihkan dan memperingatkan bahwa dunia kalah dalam usaha mengatasi jenis TBC.

Menurut Global Tuberculosis Report, tahun 2015 memperlihatkan terjadi lompatan besar dalam mengatasi TBC dengan tingkat kematian menurun hampir setengahnya sejak tahun 1990.

Jumlah infeksi juga menurun 1,5% sejak tahun 2000. Hal yang sama terjadi pada kematian karena HIV/AIDS, yang menurun drastis karena perbaikan akses terhadap obat antiretroviral.

Penurunan itu tetap menjadikan TBC dan HIV/AIDS sebagai infeksi pembunuh nomor satu, kata Dr Mario Raviglione, Direktur Tuberkulosa WHO. “Tuberkulosa dan HIV sekarang bersaing menjadi penyebab nomor satu kematian akibat penyakit infeksi di dunia.”

Kebanyakan kasus terjadi di Cina, India, Indonesia, Nigeria atau Pakistan. Hari Selasa (27/10/2015) Dewan Kota London menyebutkan, sebagian daerah di London memiliki tingkat penderita tuberkulosa, TBC, yang lebih tinggi dibandingkan Rwanda atau Irak, dengan lebih 40 kasus per 100.000 orang.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !