Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

Khasiat Obat Herbal Pulihkan Stamina Usai Liburan

internt
[Ilustrasi]
Bagikan:

Hidayatullah.com — Hari raya Lebaran 1436 Hijriyah telah usai, begitu pula dengan aktivitas mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Mudik itu menyenangkan, mengingat hal itu saat-saat bahagia dimana sesorang akan berjumpa kembali dengan saudara lama yang sudah sekian lama tak bertemu. Namun sebagian besar kegiatan mudik itu menguras energi sehingga menyebabkan kelelahan dan kurang tidur.

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, dr Danang Ardiyanto, mengatakan penyakit yang biasanya terjadi segera setelah lebaran atau setelah seseorang pulang mudik adalah penyakit infeksi pernafasan atas (ISPA) dan diare.

Selain itu, banyak pasien yang datang ke klinik yang berada di bawah Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan tersebut, mengeluh merasa lemas dan kekurangan energi.

“Untuk sampai di kampung halaman saat mudik lebaran, seseorang harus melakukan perjalanan yang melelahkan baik dengan kendaraan sendiri ataupun dengan kendaraan umum baik bus atau kereta api,” Ardiyanto di Jakarta dikutip Antaranews, Jumat.

“Begitu pula aktivitas liburan yang umumnya penuh dengan berbagai kegiatan, setelah itu mereka harus berjuang kembali ke kota dimana mereka mencari nafkah, tentunya ini sangat menguras energi dan daya tahan tubuh, sehingga tubuh rentan terserang penyakit,” kata dia.

Dia menambahkan, selain beristirahat dan mengembalikan pola makan yang sehat. Ada beberapa bahan herbal yang dapat digunakan untuk meregenerasi energi dan juga daya tahan tubuh.

Mereka antara lain:

1. Echinacea, berdasarkan penelitian ilmiah, echinacea memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mampu meningkatkan kadar interferon, menstimulasi fagositosis untuk mendukung sel darah putih dan limfosit melalui pelepasan tumor necrosis factor, interleukin-1, dan interferon beta-2 hingga mampu menyerang organisme asing yang masuk ke dalam tubuh.

Echinaceae juga meningkatkan jumlah dan aktivitas sel imun termasuk sel antitumor, meningkatkan aktivasi sel T, menstimulasi pertumbuhan jaringan baru untuk penyembuhan luka, mengurangi inflamasi pada artritis (radang sendi), dan kulit yang terkena inflamasi.

Echinaceae banyak tersedia dalam kemasan produk yang lebih mudah dikonsumsi. Contohnya Soho Global Health yang mengambil kandungan serta manfaat dari Echinacea dalam produknya yaitu Imboost.

2. Pegagan (Centela asiatica) merupakan tanaman tradisional mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral.

Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

3. Kunyit (Curcuma domestica var) mengandung zat aktif yang khas yaitu curcuminoide dan Ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

4. Bawang putih mempunyai keunggulan yaitu untuk menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, meningkatkan gairah bercinta dan banyak lainnya.

Kalau diperhatikan lebih jauh, bawang putih memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan. Bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.*

Rep: Ainuddin Chalik
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ingin Sehat? Bantulah Sesama!

Ingin Sehat? Bantulah Sesama!

Makan Daging Kambing, Siapa Takut!

Makan Daging Kambing, Siapa Takut!

Berada di Dekat Perokok Pembuluh Darah Anak Dapat Rusak Permanen

Berada di Dekat Perokok Pembuluh Darah Anak Dapat Rusak Permanen

Polisi Irlandia Peringatkan Bahaya Pil Ekstasi Kuning

Polisi Irlandia Peringatkan Bahaya Pil Ekstasi Kuning

Coca-Cola Faktor Signifikan Kematian Seorang Wanita Selandia Baru

Coca-Cola Faktor Signifikan Kematian Seorang Wanita Selandia Baru

Baca Juga

Berita Lainnya