Selasa, 26 Januari 2021 / 12 Jumadil Akhir 1442 H

Kesehatan

WHO: Tiap Tahun 2,2 Juta Orang di China Meninggal Akibat Kanker

Reuters
Meningkatkan pencegahan kanker di China - misalnya, dengan mengurangi tingkat merokok yang sangat tinggi terutama di kalangan pria China
Bagikan:

Hidayatullah.com–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, jumlah kasus kanker di China meningkat tajam. Menurut badan PBB itu, sekitar 2,2 juta pria dan perempuan di seluruh China meninggal dunia akibat kanker setiap tahunnya.

Kanker paru-paru, kini, adalah kanker paling umum yang menimpa  pria China, dan penyebab utama kematian akibat kanker di negeri ini.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Hari Kanker Dunia hari Rabu, (04/02/2015), WHO mengatakan, banyak dari kematian itu sebenarnya bisa dicegah.

“Pertumbuhan kanker di China begitu ganas,” ujar perwakilan WHO di China, Dr Bernhard Schwartlander dikutip ABC.

“Meningkatkan pencegahan kanker di China – misalnya, dengan mengurangi tingkat merokok yang sangat tinggi terutama di kalangan pria China – akan menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahunnya,” tambahnya.

“Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan Anda sendiri adalah untuk berhenti merokok sekarang,” ujarnya lagi.

Merokok masih diperbolehkan di banyak ruang publik tertutup di China, meskipun ada upaya yang dilakukan pemerintah China memberlakukan larangan nasional.

WHO mengatakan, polusi udara juga merupakan faktor yang berkontribusi pada timbulnya kanker, terutama di daerah perkotaan.

Bagi para perempuan China, kanker payudara adalah bentuk kanker yang paling sering terdiagnosa dan “salah satu yang paling mematikan”.

“Kesadaran adalah langkah pertama untuk deteksi dini dan meningkatkan pencegahan kanker,” kata Dr Bernhard.

Ia juga mengutarakan, “Dengan beberapa pengecualian, kanker tahap awal memang kurang mematikan dan lebih bisa diobati ketimbang kanker stadium akhir. Sayangnya, tak semua kanker bisa dicegah – dan karena itu, meningkatkan deteksi dan pengobatan dini harus terus menjadi fokus dari upaya pengendalian kanker.”*

 

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Anak Pengidap Kegemukan Meningkat

Anak Pengidap Kegemukan Meningkat

Angka Aborsi Selektif Meningkat di Inggris

Angka Aborsi Selektif Meningkat di Inggris

5 Cara Hindari Bau Mulut Saat Berpuasa

5 Cara Hindari Bau Mulut Saat Berpuasa

WHO Sebut Asap Diesel Sebabkan Kanker

WHO Sebut Asap Diesel Sebabkan Kanker

Awas, 22 Merek Kopi Tercemar Zat Kimia Berbahaya

Awas, 22 Merek Kopi Tercemar Zat Kimia Berbahaya

Baca Juga

Berita Lainnya