Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Kesehatan

Tes Darah Bantu Upaya Berhenti Merokok

Bagikan:

TES darah dapat membantu orang memilih strategi berhenti merokok yang paling efektif untuk mereka, seperti dilaporkan jurnal medis the Lancet.

Penelitian menunjukkan, sebanyak 60% orang yang mencoba untuk berhenti merokok mulai lagi pada pekan pertama. Pasalnya, nikotin merupakan salah satu zat yang paling adiktif dalam rokok dan perokok memerlukan nikotin yang lebih banyak ketika nikotin dalam tubuh mereka telah diproses.

Namun sekarang diketahui bahwa setiap tubuh memproses nikotin dengan kecepatan berbeda-beda.

Beberapa ilmuwan menyatakan, orang-orang yang memproses nikotin dengan cepat cenderung merokok lebih banyak dan oleh karena itu lebih sulit untuk berhenti merokok.

Dalam studi ini, seperti diberitakan BBC, Senin (12/1/2015), peneliti dari University of Pennsylvania di AS bekerja dengan 1.240 orang yang sedang dalam program penghentian merokok pada tahapan yang berbeda.

Mereka memeriksa darah setiap peserta penelitian untuk melihat apakah nikotin telah diproses pada kecepatan normal atau lambat. Peserta kemudian diberikan antara nicotine patch, obat varenicline, atau pil placebo.

Varenicline adalah obat berbasis non-nikotin. Obat yang harus diresepkan tersebut berpotensi mengakibatkan efek samping, seperti risiko depresi dan bunuh diri.

Semua orang yang ikut serta dalam penelitian ini mendapatkan akses untuk konseling perilaku. Para ilmuwan menemukan, orang-orang yang memproses nikotin pada kecepatan normal memiliki kemungkinan lebih besar untuk berhenti merokok ketika mereka diberi varenicline dibandingkan menggunakan nicotine patch.

Meskipun peserta yang memproses nikotin lebih lambat memiliki tingkat kesuksesan yang sama ketika menggunakan kedua metode tersebut, mereka yang menggunakan varenicline lebih banyak melaporkan efek samping.

Prof Caryn Lerman, salah seorang peneliti utama, mengatakan, “Jika tes ini digunakan, seseorang bisa memiliki kesempatan yang cukup besar untuk sukses berhenti merokok.

Penggunaan luas

“Untuk sebagian orang, dengan metabolisme nikotin yang normal, kemungkinan untuk berhenti merokok mungkin rendah ketika menggunakan nicotine patch. Namun mereka memiliki kesempatan berhenti lebih besar bila mengkonsumsi pil varenicline. Sementara untuk mereka yang memproses nikotin dengan pelan, mereka dapat menggunakan nicotine patch yang murah untuk hasil yang sama.”

Tes darah untuk memeriksa kecepatan pembakaran nikotin dalam tubuh memang sudah digunakan untuk sejumlah penelitian, namun para ilmuwan mengatakan, tes tersebut dikembangkan untuk penggunaan lebih luas.

Prof Neil Davies, dari Universitas Bristol, memberikan komentar pribadi, “Hasil ini menunjukkan kemajuan penting. Temuan ini bila dapat direplikasi dapat menyebabkan perubahan dalam praktek. Tapi terdapat juga pertanyaan yang masih harus dijawab. Efektivitas biaya tes ini perlu diperhitungkan.”

Prof Robert West, dari University College London, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan, “Kami tahu bahwa jika orang mencoba berhenti merokok tanpa bantuan eksternal, peluang sukses mereka selama satu tahun adalah sekitar 4%.”

“Cara untuk sukses adalah untuk terus mencoba. Hal ini sama dengan melempar dadu. Jika Anda terus mencoba, Anda dapat berhasil. Namun Anda langsung gagal bila berhenti mencoba.”*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

BNN: Pengguna Ganja berpotensi Jadi Bodoh

BNN: Pengguna Ganja berpotensi Jadi Bodoh

Kepikunan Dapat Dicegah dengan Melatih Otak

Kepikunan Dapat Dicegah dengan Melatih Otak

Terkena Serangan Jantung? Ini Penanganan Awalnya

Terkena Serangan Jantung? Ini Penanganan Awalnya

Industri Dapat $7.000 Per Kematian Akibat Tembakau

Industri Dapat $7.000 Per Kematian Akibat Tembakau

Klaim Militer Mesir Soal Alat Penyembuh Hepatitis dan AIDS, Dianggap Skandal

Klaim Militer Mesir Soal Alat Penyembuh Hepatitis dan AIDS, Dianggap Skandal

Baca Juga

Berita Lainnya